Manfaat Jambu Mete Bagi Ibu Hamil

Kehamilan itu suatu kondisi yang sangat didambakan seorang ibu atau calon ibu. Walau kehamilan itu sekaligus juga sebagai suatu masa yang sulit.

Disebut sulit karena pola hidup yang harus berubah. Terutama pola makan. Setiap jenis makanan akan dipertimbangkan apakah layak dikonsumsi atau tidak. Pertimbangan yang mutlak demi kesehatan si janin dalam kandungan. Bermanfaatkah atau berbahaya.

Itu sebabnya ibu hamil butuh banyak informasi. Segala petunjuk, nasehat, anjuran dan larangan akan dipertimbangkan. Tak seorangpun ibu hamil dapat memakan setiap apa yang sedang dia ingini. Selain ada yang sangat dianjurkan untuk dimakan ada juga yang harus dihindari.

Nah, salah satu makanan untuk pertimbangan kita kali ini adalah tentang manfaat jambu mete bagi ibu hamil.

Kenapa harus jambu mete?

Apa saja khasiat jambu mete bagi ibu hamil ?

Baiklah kita jawab saja pertanyaan itu mulai dari perkenalan kita tentang apa itu kelebihan jambu mete.

 Secara garis besarnya khasiat jambu mete itu adalah meningkatkan kekebalan tubuh. Mulai dari kemampuannya dalam hal yang berkaitan dengan penyakit jantung, menjaga kesehatan otot, memaksimalkan fungsi syaraf. Juga ampuh mencegah diabetes tipe 2, membantu menyebarkan oksigen ke segala penjuru tubuh. Satu lagi keistimewaan jambu mete ialah fungsinya dalam pencegahan adanya batu empedu.

Salah satu cara pengolahannya untuk bahan makanan adalah dengan disangrai atau dipanggang. Di pasaran banyak tersedia produk olahan jambu mete dan harganya tidak mahal. Jadi tidak sulit didapat.

Manfaat jambu mete bagi ibu hamil

jambu-mete

1.Untuk pertumbuhan janin yang sehat

Satu hal yang membuat seorang ibu hamil harus melirik jambu mete adalah karena kandungan gizinya. Buah ini mengandung berbagai vitamin yang semuanya dibutuhkan untuk pertumbuhan janin yang sehat. Itu salah satu keunggulannya. 

2. Mencegah infeksi

Jambu mete berkhasiat mencegah infeksi dengan kandungan antibakterinya. 

3. Mencegah kelelahan

Resiko ibu hamil yang rentan kekurangan zat besi dan anemia dapat ditanggulangi dengan mengkonsumsi buah yang juga kaya zat besi ini.

Zat besi sangat berguna untuk memicu produksi sel darah merah, itu berarti anemia pada ibu hamil dapat dicegah.

4. Mencegah kejang dan migran

 Kebutuhan untuk magnesium dan kalsium tersedia cukup pada jambu mete. Yang khasiat keduanya selain meningkatkan kesehatan tulang dan gigi juga mencegah kejang otot dan migrain.

5. Menyehatkan janin

Tentang kandungan unsur tembaga untuk perkembangan sel darah pada janin, jambu metepun mampu memenuhi kebutuhan itu jika dikonsumsi seorang ibu saat hamil. Apalagi bahwa jambu mete adalah sumber protein yang punya peran membantu produksi asam amino untuk perbaikan sel.

6. Mengontrol tekanan darah

Potasium berkhasiat untuk mengontrol tekanan darah dengan cara meminimasi dampak buruk yang diakibatkanboleh garam

Dari sekilas kandungan di atas saja kita dapat menyimpulkan  bahwa jambu mete ini baik untuk ibu hamil. Baik untuk calon bayi yang butuh banyak protein seperti yang terdapat pada jambu mete. Lemak sehat juga tersedia cukup, ditambah lagi dengan karbohidrat dan serat. Itu semua perlu untuk membasmi kolesterol jahat dan mencegah penyakit jantung.

Walau memiliki nutrisi yang sangat bermanfaat untuk ibu hamil tetap juga harus diingat bahwa dalam jumlah banyak jambu mete bisa membuat peningkatan bobot tubuh. Jadi makan secukupnya adalah cara aman. Apalagi mengingat terdapatnya oksalat yang cenderung dapat membuat gangguan pada jantung dan kantong empedu.

Sekali lagi, makanlah jambu mete dengan cara yang aman. Konsumsilah  selama Anda tidak alergi pada jambu mete.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel