Manfaat Kulit Kentang Yang Selama Ini Anda Buang Bagi Kesehatan

Hampir semua orang pernah makan kentang. Walau kentang bukan makanan pokok di negeri kita tapi rasanya yang enak dan gurih sangat disukai hingga olahan umbi kentang sering hadir di meja makan untuk disantap. Sebaliknya hampir semua orang tidak pernah makan kulit kentang. Sebab, apa dan bagaimana mau dimakan, lha wong kulit kentang biasanya selalu hadir di keranjang sampah untuk selanjutnya dibuang. Padahal begitu banyak manfaat kulit kentang bagi kesehatan. 

Manfaatnya bahkan disebut melebihi manfaat umbi kentangnya sendiri. Kandungan serat jauh lebih banyak, juga protein dan mineralnya, Kandungan vitamin pada kulit kentang dan fitokimianya pun melampaui jumlah kandungan yang terdapat pada umbi kentangnya. 

Mengenai kandungan gizinya, kulit kentang  adalah sumbernya potasium yang salah satu fungsinya meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Zat besi yang membantu meningkatkan kerja sel darah merah.Serat, yang sangat berguna mencegah gangguan pada usus juga terdapat pada kulit kentang.

Kandungan lain juga semuanya sangat dibutuhkan oleh tubuh. Seperti vitamin B3, flavonoid. Kulit kentang juga bersifat anti radang dan antinoksidan yang bertugas menjaga tubuh dari infeksi.

Masih banyak kandungan lainnya dan untuk meringkas waktu kita langsung saja mengulas tentang manfaat kulit kentang bagi kesehatan yang bisa kita terapkan penggunaannya dalam kesehari-harian kita.

1Mengontrol tekanan darah

Tekanan darah lebih terkontrol dalam kondisi aman jika kita makan kulit kentang. Ada kalium, unsur kimia magnesium dan kalsium pada kulit kentang yang membuat jantung kita tetap sehat.

2. Menyehatkan kulit

 Masalah yang sering dialami kulit seperti kulit berminyak, jerawat atau komedo, lingkaran hitam dan bengkak pada mata, semua gangguan itu bisa diatasi dengan memanfaatkan kulit kentang. Pada masalah lingkaran hitam pada mata, cara mengatasinya dengan meletakkan bagian dalam kulit kentang dingin yang diambil dari lemari es pada pelupuk mata dan dibiarkan sampai dinginnya hilang. Kulit itu sebelumnya sudah disimpan dalam kulkas sekitar 20 menit.

3. Mengkilaukan rambut

Buatlah jus kulit kentang dan oleskan ke sekujur rambut di kepala Anda. Tekan cairan jus itu agar mencapai kulit kepala dan tunggu sampai 15 'menit. Saat selesai membilas rambut, dan kemudian melakukan cara perawatan yang sama di lain hari, maka hasilnya rambut Anda menjadi semakin berkilau.

4.Menghitamkan Uban

Caranya dengan merebus 4 atau 5 buah kulit kentang dengan air 200 ml.

Kemudian kulit beserta air rebusan disaring dan tambahkan 1 sdt air mawar. Masukkan ramuan ke dalam botol semprot dan gunakan membasahi rambut Anda. Ditunggu hingga rambut kering kemudian rambut dibilas. Untuk mendapatkan hasil memuaskan, dalam seminggu perawatan ini Anda lakukan satu atau dua kali. Untuk rambut yang ubannya lebih banyak mungkin memerlukan waktu yang lebih lama dan selama Anda  menggunakan ramuan ini sebaiknya tidak memakai produk lain yang berkaitan dengan rambut.

Baca juga : Cara Lain Mencegah Tumbuhnya Uban Di Usia Dini

5. Menyehatkan tulang

Jika tulang terjaga kepadatannya maka semakin kecil resiko kita untuk menderita osteoporosis. Hanya dengan cara sering makan kulit kentang yang mengandung mineral yang memelihara kesehatan tulang, maka tulang kita tetap dalam kondisi padat. Apalagi juga kulit ini banyak mengandung zat besi, kalium, magnesium. Serta fosfor,kalsium tembaga juga zincum atau seng. Apalagi yang diragukan jika semua kandungan pembentuk tulang yang kuat sudah terdapat pada kulit kentang ini ?

6. Menyembuhkan luka bakar

Kulit kentang dengan khasiatnya yang mampu melembabkan kulit bisa dipakai sebagai obat luka bakar ringan. Haluskan kulit kentang yang anti bakteri ini dan tempelkan pada luka.

7. Mencegah diabetes dan kolesterol

Mengapa kulit kentang bisa mencegah diabetes ? Jawabannya kulit kentang adalah sumbernya serat. Salah satu manfaatnya adalah mengontrol kadar gula dalam darah agar tetap berada dalam kadar yang aman. Jadi sertakanlah kulit kentang dalam menu makanan, karena rutinitas penggunaannya berkhasiat besar membendung kemungkinan Anda mengidap diabetes tipe-2.  Sekaligus mencegah sumbatan sumbatan pada pembuluh darah. Artinya kulit kentang juga bermanfaat mencegah kolesterol.

Baca juga : Cara Mengobati Kolesterol Dengan Menggunakan Daun Salam

Demikian sekedar ulasan dan berbagi informasi tentang manfaat kulit kentang bagi kesehatan ini, semoga Anda dapat memperoleh manfaatnya. Jangan lupa untuk minta saran dari ahli medis apalagi bagi Anda yang alergi pada kentang.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel