Manfaat Lada Hitam Untuk Kesehatan Rambut Dan Kulit

Biarpun berbeda warna buah lada putih dan lada hitam itu berasal dari tanaman yang sama, tanaman lada. Jika lada putih dipanen saat usia matang maka lada hitam dipetik ketika masih setengah tua dan warna kulitnyapun masih hijau. Kemudian dijemur memanfaatkan sinar matahari hingga kering. Akibatnya kulit lada ini menjadi keriput dan warna hijaunya berubah menjadi hitam.

Tentang khasiatnya sebagai bumbu masakan yang mampu meningkatkan rasa makanan menjadi lebih sedap, itu sudah tidak diragukan lagi. Itu sudah diketahui sejak zaman dahulu. 

Persis  dengan pemanfaatannya sebagai tanaman obat, yang sejak dahulu pula telah diketahui. Ini berkat salah satu kandungannya yang bernama piperine.Kandungan ini berkhasiat meredam beberapa gangguan dalam tubuh manusia. Seperti gangguan yang mengakibatkan  nyeri otot dan gangguan pada sistem pencernaan. 

Lada hitam juga terkenal dengan sifatnya yang anti inflamasi. Bersama dengan kandungan anti oksidan lada hitam sangat manjur khasiatnya sebagai bahan untuk meningkatkan kekebalan. Apalagi lada hitam juga memiliki sifat anti bakteri yang sangat membantu mencegah infeksi.

Topik kita kali ini adalah tentang manfaat lada hitam untuk kulit dan rambut, maka kita akan mulai saja mengulas satu per satu, yang dimulai dengan manfaatnya untuk rambut.

lada-hitam

Manfaat lada hitam untuk rambut.

1. Membuat tampilan rambut lebih indah

Peras sebuah lemon dan tambahkan 1sdt bubuk lada hitam ke dalamnya. Ramuan ini dioleskan ke seluruh rambut di kepala, biarkan meresap hingga menyentuh kulit kepala. Tunggu ramuan itu mengendap selama seperempat jam, kemudian basuh dan bilas kepala Anda menggunakan air bersih. Selain berkhasiat membuat rambut menjadi lembut, tampilan rambut juga lebih berkilau.

2. Mencegah kebotakan

Pada 5 ml madu masukkan 1 sdt bubuk lada hitam, aduk dan oleskan pada rambut. Tunggu ramuan itu selama 20 menit agar mengendap hingga menyentuh kulit di kepala, selanjutnya dibilas menggunakan air bersih. Ramuan ini berkhasiat menguatkan akar rambut dan dengan begitu salah satu gunanya adalah mencegah kebotakan.

Baca juga : Cara Efektif Dan Praktis Mencegah Tumbuhnya Uban Di Usia Dini

3. Mencegah ketombe

Penggunaan dadih, salah satu hasil olahan berbahan dasar susu kerbau, sangat manjur untuk mengatasi masalah pada rambut. Dan lebih efektif lagi saat digunakan bersama dengan lada hitam. Caranya dengan memasukkan 1 sdt bubuk lada hitam pada secangkir dadih dan diaduk untuk kemudiaan didiamkan selama setengah jam. Bilas dengan hanya menggunakan air bersih dan kalau mau berkeramas lakukan esok hari.

Baca juga : 18 Cara Mengolah Kembang Sepatu Menjadi Obat Dan Teh, Termasuk Menyuburkan Rambut

Manfaat lada hitam untuk kulit

1. Meningkatkan kesehatan kulit

Berkat sifatnya yang anti oksidan lada hitam juga sangat ampuh meningkatkan kesehatan kulit. Dan salah satu gangguan yang bisa diatasinya adalah kerusakan kulit yang terjadi akibat radikal bebas. Tampilan kulit yang lebih dini berkerut sebagai tanda tanda penuaan dapat dicegah. Juga noda noda hitam yang muncul pada kulit. Salah satu  penggunaannya adalah lada hitam dicampurkan pada madu, dioleskan pada kulit, maka ramuan itu akan berfungsi sebagai perangsang untuk meningkatkan aliran darah ke pembuluh kulit. Dan membersihkan kulit dari noda noda hitam tadi.

2. Mengeluarkan racun dari kulit

Lada hitam dengan kandungan anti bakterinya adalah obat ampuh untuk mengeluarkan racun menganggu yang ada pada kulit. Gunakan 1/2 sdt bubuk lada hitam dan dicampur 5 ml teh yogurt untuk dibalurkan pada sekujur wajah. Biarkan selama 20 menit dan kemudian wajah dibilas. Khasiatnya kulit wajah menjadi lebih lembut, lebih becahaya karena racun yang mengganggu aliran darah menuju kulit telah lenyap oleh ramuan tadi. 

3. Menyehatkan pigmen pada kulit

Piperin yang terdapat pada lada hitam punya manfaat dalam hal mencegah penyakit pada kulit. Penyakit dimaksud adalah yang diakibatkan oleh hilang atau berkurangnya pigmen alami pada kulit.

Demikianlah tentang berbagi informasi dan ulasan tentang manfaat lada hitam untuk rambut dan kulit. 

Tetap juga untuk diingat bahwa lada hitam juga memiliki beberapa efek samping. Jadi selalu gunakan dengan dosis yang tidak berlebihan. Karena salah satu efek negatifnya adalah sensasi rasa terbakar. Tidak disarankan penggunaannya bagi penderita gangguan pencernaan serta masalah  pencernaan lainnya karena bisa mengakibatkan iritasi pada usus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel