Manfaat Minyak Kelapa Untuk Mengatasi Rambut Rontok

Entah kenapa rambut begitu penting bagi manusia. Padahal itu hanya sekedar bulu yang tumbuh lebih tebal dan lebat yang terletak di kepala. Tetapi begitu banyak perhatian yang harus tercurah untuk sang rambut. Untuk membuatnya sehat, indah berkilau. Untuk menata dan mengaturnya sedemikian rupa agar orang lain terpesona memandangnya. Ganti perhatian jadi galau gelisah jika suatu pagi pas bangun tidur terdapat beberapa helai rambutnya tergeletak di kasur karena copot dari kepala. Jika ini terjadi berulang kali yang terjadi adalah perhatian baru, yaitu bagaimana caranya untuk mengatasi rambut rontok. 

Dan salah satu caranya itu adalah dengan mencari tahu lebih jauh tentang manfaat minyak kelapa untuk mengatasi rambut rontok yang akan kita jadi kupasan kita di bawah ini.

Apa saja manfaatnya, baiklah kita lanjut saja mengikuti uraian berikut ini.

Manfaat minyak kelapa untuk mengatasi rambut rontok :

minyak-kelapa 

1. Membuat akar rambut lebih kokoh 

Rambut rontok bisa terjadi karena berbagai sebab. Bisa karena kondisi kulit kepala yang mengalami peradangan. Atau karena memang disebabkan oleh kulit yang tidak sehat.

Kulit kepala yang tidak sehat karena kurang nutrisi umpamanya bisa membuat dampak negatif pada akar rambut menjadi tidak kokoh. Salah satu cara tepat untuk mengatasi itu adalah menggunakan minyak kelapa. 

Itu berkat manfaat minyak yang kaya lemak sehat ini untuk menyehatkan kulit. Minyak kelapa akan mengobati infeksi sekaligus mengatasi dan mengurangi peradangan pada kulit kepala. Buatlah ramuan dengan memanaskan 1,5 sdm minyak kelapa ditambah 1 sdm minyak sage. Dinginkan setelah kedua minyak itu tercampur melalui pemanasan tadi, dan nanti menjelang tidur gunakan ramuan itu dengan cara mengoleskannya ke kepala. Bungkus rambut di kepala pakai topi yang biasa Anda gunakan saat mandi dan biarkan begitu sampai pagi, baru Anda bersihkan.

2. Mengatasi rambut rontok akibat kekeringan

Tak ubahnya tanaman yang layu, rambut yang keringpun lama kelamaan akan rontok jua. 

Minyak kelapa alami yang terdapat pada santannya efektif digunakan untuk mengatasi rambut Anda yang kekeringan. Lumuri kepala dengan santan dan lakukan pemijatan pada sekujur kulit kepala. Kemudian biarkan paling lama sekitar 10 menit, baru Anda bilas. 

Perlakuan ini akan mencegah rambut rontok akibat kekeringan karena fungsi minyak pada santan itu akan melembabkan rambut yang merana karena kekeringan.

3. Meningkatkan kesuburan rambut

Minyak kelapa itu sebenarnya adalah kondisioner alami. Mengapa disebut begitu, alasannya adalah sebagai anti oksidan yang mampu meresap ke dalam batang rambut, minyak ini membantu meningkatkan pertumbuhan alias meningkatkan kesuburan. 

Juga minyak ini adalah anti jamur yang sangat bermanfaat untuk menjaga rambut agar tetap subur dan tidak rontok.

4. Melembabkan kulit kepala

Kulit kepala yang lembab sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan rambut menjadi gemuk dan sehat. Menggunakan campuran gel lidah buaya dengan minyak kelapa adalah salah satu cara membuat kulit kepala menjadi lembab sehingga rambut rontok dapat dihindari. 

Gunakan ramuan ini dalam jumlah sedikit persis seperti ketika Anda menggunakan minyak rambut kesayangan Anda. Satu jam kemudian rambut dibersihkan.

Demikianlah uraian tentang manfaat minyak kelapa untuk mengatasi masalah rambut rontok, masalah rambut yang paling ditakuti baik oleh wanita maupun pria, dengan pengecualian pada orang yang senang dengan tampilan rambut dibotakin.

Minyak ini sangat bermanfaat untuk rambut, itu sebabnya minyak kelapa telah digunakan orang sejak ribuan tahun lalu. Mampu mengatasi kekurangan nutrisi, antara lain dengan memberinya protein alami.

Minyak kelapa bermanfaat untuk rambut rontok, itu pasti. Tapi tidak untuk semua jenis dan tidak untuk semua orang. Contohnya orang yang alergi tak perlu menggunakannya.

Manfaat nomor 2 di atas tadi, yaitu 'mengatasi rambut rontok akibat kekeringan,' ada tercantum 'biarkan paling lama sekitar 10 menit.' Kenapa 10 menit ? Karena jika lebih lama minyak ini justru akan membuat dampak negatif. Bisa mengakibatkan penyumbatan pada pori pori kulit kepala Anda, itu sangat merugikan. Belum lagi kemungkinan iritasi.

Manfaatnya untuk mengatasi rambut rontok kemungkinan hanya efektif terutama untuk rambut tipis dan halus, dengan khasiat tambahan rambut lebih lebat, lebih kuat dan berkilau.

Namun satu hal, minyak ini takkan bermanfaat jika dengan penggunaan yang berlebihan. 


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel