Manfaat Rumput Teki Untuk Kesehatan Dan Cara Pengolahannya

Kalau pada seorang petani ditanyakan tumbuhan gulma apa yang paling agresif  mengganggu tanamannya, maka jawabnya tentulah rumput teki. Contohnya saja pada petani sayuran, bisa saja nanti gulma ini malah tumbuh lebih tinggi daripada tanaman sayurnya. Dan itu bisa terjadi jika pembersihan lahan menjelang tanam kurang bersih. Sedikit saja akar atau rimpang gulma rumput teki ini tertinggal maka dia akan segera tumbuh lagi, lebih subur lagi malah, karena dia ikut menikmati pupuk yang disebar oleh si petani untuk tanaman sayurannya.

Namun dibalik keganasannya sebagai gulma, sebenarnya banyak khasiat yang dapat kita peroleh dari rumput teki. Terutama untuk kesehatan. Jika diolah dengan benar gulma ini bisa diandalkan untuk meringankan gangguan pada mereka yang menderita masalah nyeri sendi serta rematik. Itu karena tanaman ini bersifat anslgesik dan anti radang.

Mencakup seluruh bagian tanaman ini, jika direbus keampuhannya untuk mengatasi malaria tak perlu diragukan lagi. Termasuk juga untuk meredakan demam dan pilek.

Sifat analgesik dan anti radang pada rumput teki jugalah yang berfungsi untuk meredakan keluhan akibat adanya bengkak pada tenggorokan.

Untuk uraian tentang manfaat dan cara pengolahan rumput teki selanjutnya, baiklah kita ikuti saja penjelasannya di bawah ini.

rumput-teki

1. Mengobati hepatitis

Caranya, didihkan 10 -- 20 gram herba segar tanaman ini dengan air 200 ml, setelah airnya tinggal 100 ml perebusan dihentikan. Ini untuk sekali minum dan kebutuhannya adalah tiga kali per hari.

2. Mengatasi radang atau pembengkakan pada rongga mulut

Rumput teki mengandung anti inflamasi yang sangat kuat,ini ampuh untuk meredakan radang, contohnya radang pada rongga mulut. Di sini yang digunakan adalah seluruh tanaman beserta akarnya sejumlah 30 gram. direbus dengan 400 ml air sampai mendidih dan menguap hingga sisa 300 ml. Sebelum ramuan diminum sekaligus, agar lebih efektif bisa ditambahkan madu 5 ml.

3. Mengobati rematik

Aktivitas anti inflamasi pada rumput teki juga menjadi bahan penting dalam hal mengobati rematik. Juga sifat analgesik yang dikandung oleh gulma in. Menghaluskan 40 gram herba ini, kemudian ditambah air matang secukupnya, disaring dan airnya diminum maka perlahan rematik yang kumat akan reda.

4. Mengobati asma

Rumput teki segar sejumlah 60 gram  direbus pakai air 600 ml sampai mendidih. Ketika air tinggal setengahnya perebusan selesai dan semua air rebusan ini dibagi untuk tiga kali minum.

5. Meredakan nyeri karena bisul

Daun segar rumput teki ditumbuk dan dibalurkan pada area bisul. Ramuan ini juga biasa digunakan untuk mengobati gigitan ular berbisa.

6. Mengatasi diare

Bahan bahan kimia, beberapa enzim didukung dengan sejumlah senyawa aktif yang terdapat pada rumput teki adalah obat andal untuk mengatasi beberapa masalah pencernaan. Contohnya gangguan parasit pada usus yang mengakibatkan diare atau disentri.

Dengan mengambil umbi rumput teki yang sudah dibersihkan sebanyak 10 buah, dimakan sebagai lauk dan dimakan bersama nasi sekali sehari. Dalam tiga hari biasanya gangguan pencernaan berupa diare akan hilang. Untuk mengatasi diare pada bayi gunakan umbi rumput teki yang sudah dihaluskan dan dioleskan pada puting payudara si ibu. Bisa juga ibunya menelan 2 gram bubuk herba ini, ditambah madu.

Baca juga : Mengenal 12 Sayuran Untuk Pelancar ASI

7.Mengatasi masalah buang air besar

Salah satu dampak lain gangguan pencernaan selain diare adalah susah bab, cara mengatasinya dengan memasukkan bubuk herba ini 1 sdt pada air 2 gelas yang sedang mendidih. Tunggu hingga air susut jadi 1 gelas. Air ramuan diminum saat panasnya berubah menjadi hangat.

Baca juga : Begini Dampak Akibat Makan Berlebihan Setiap Hari

8. Mengobati luka di kulit

Khasiat lain yang dapat diperoleh dari gulma rumput ini antara lain dengan menghaluskan umbi atau rimpang rumput teki. Dicampur air sedikit hingga menjadi bubur untuk ditempelkan pada kulit yang luka karena tergores. Khasiatnya darah yang keluar karena iritasi akan berhenti.

9. Mengobati malaria, demam dan pilek

Gunakan 600 ml air untuk merebus 30 gram herba kering rumput teki. Biarkan mendidih dan airnya susut hingga menjadi 200 ml. Diminum sekaligus, ramuan ini selain mencegah kumatnya malaria juga mengobati demam dan pilek.

Demikianlah tentang 9 manfaat rumput teki untuk kesehatan dan cara pengolahannya, semoga dapat diambil faedahnya pada saat saat yang diperlukan.

Adapun manfaat lain tanaman ini adalah membantu mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh apabila rutin meminum rebusan rumput teki. 

Dan sebagai tambahan, para herbalis sependapat bahwa obat herbal terbaik untuk mengatasi demam dan sejenisnya adalah ramuan yang menggunakan rumput teki sebagai bahan utama.

Terimakasih dan salam sehat !


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel