7 Cara Mengobati Keracunan Makanan Secara Alami

Tidak berapa lama setelah Anda selesai menghabiskan hidangan yang tersaji di meja makan, terasa ada gejolak di perut Anda. Sangat terasa tidak nyaman, bahkan tidak lama kemudian Anda telah muntah muntah. Menyusul Anda harus bergegas ke kamar mandi, melepas busana bawah Anda dan nongkrong beberapa saat di sudut kamar mandi itu, ada yang harus segera Anda buang di sana. Benar benar sebuah kenangan buruk, Anda keracunan makanan. Semoga tidak terulang lagi. Namun jika hal yang sama harus terjadi lagi, berikut ini ada uraian tentang 7 cara mengobati keracunan makanan secara alami, yang bisa Anda manfaatkan untuk mengatasinya. 

Silahkan Anda telusuri uraian ini, mudah mudahan ada manfaatnya.

7 cara mengobati keracunan makanan secara alami

madu

1.Madu

Madu itu nutrisi serba guna dan salah satu khasiatnya adalah mengatasi masalah keracunan makanan. Hanya dengan minum 1 sdt madu setiap  3 atau 4 jam sehari maka gangguan lambung Anda akan teratasi, berkat madu yang anti jamur dan anti bakteri ini. Cobalah Anda gunakan, sepele dan tidak rumit cara penggunaannya tapi besar khasiatnya.

2. Bidara upas

Tumbuhan yang bernama latin merremia mammosa ini selain pencahar juga punya khasiat sebagai penetral racun yang ampuh. Bidara upas akan mengurangi rasa sakit yang terjadi karena sifatnya juga yang menyejukkan. Peraslah air umbinya dengan cara diparut terlebih dahulu. Jumlah perasan yang Anda butuhkan untuk diminum adalah setengah gelas.

3. Jahe

Ada satu kandungan jahe yang bernama gingerol. Khasiatnya adalah membasmi bakteri patogen yang merugikan buat tubuh, yang terbawa dalam makanan. Jadi dampak negatif karena keracunan makanan, umpamanya mual bahkan muntah muntah, dapat ditanggulang dengan menggunakan jahe

Membuat jus jahe adalah salah satu cara penggunaannya. Menggunakan air hangat, diberi sedikit madu. Diminum 2 atau 3 kali sehari, dengan begitu gangguan yang dialami karena keracunan makanan akan reda.

Sebagai tambahan haluskan sedikit jahe, dicampur minyak kelapa dan digunakan sebagai obat gosok pada perut.

4. Lemon

Cara penggunaannya cukup sederhana. Masukkan air perasan dari 1/2 buah lemon ke dalam air hangat 200 ml. Aduk setelah ditambah gula sedikit dan minumlah sedikit demi sedikit sampai habis.

Menggunakan air perasan buah lemon juga efektif meredakan sakit perut akibat keracunan makanan. Lemon yang anti virus sekaligus anti bakteri itu mampu menuntaskan mulas yang terjadi akibat bakteri pengganggu yang sudah terlanjur bersarang dalam perut Anda.

5.Biji jintan

Biji jintan terkenal dengan sifat antimikrobanya dan telah lama dimanfaatkan untuk pengobatan gangguan karena bakteri yang terbawa ke dalam perut bersama makanan. 

Menggunakan air 200 ml rebuslah dahulu biji jintan 1 sdt. Sementara Anda merebus haluskan secukupnya daun ketumbar, tambahkan air dan peras. Ambil 1 sdt perasan daun ketumbar itu dan masukkan ke dalam rebusan Anda tadi. Masukkan juga garam sedikit. Setelah dingin ramuan in diminum 2 sampai tiga kali sehari dan berkat khasiat biji jintan ini maka lambung Anda yang menderita karena keracunan makanan akan pulih.

6. Adas 

Dalam hal ini kandungan adas yang dimanfaatkan adalah anisaheldehid, yang berkhasiat meningkatkan kerja pada saluran cerna Anda. Hancurkan  buah adas hingga menjadi serbuk dan ambil sebanyak 5 gram. Masukkan ke dalam 50 arak. Kemudian disiram dengan air hangat. Ramuan ini diminum saat masih hangat dan khasiatnya sangat ampuh untuk gangguan perut akibat keracunan makanan yang berasal dari tumbuhan mentah, seperti lalapan atau buah segar. Juga karena keracunan akibat makan jamur.

Baca juga : Uraian Lengkap Tentang Manfaat Daun Adas Dan Cara Mengolahnya

7. Cincau rambat

Cincau rambat juga adalah tumbuhan anti-racun yang berkhasiat untuk mengatasi keracunan makanan. Cukup dengan menghancurkan daunnya dengan cara diremas remas dalam air. Setelah air berubah warna jadi hijau, kemudian diendapkan atau didiamkan saja beberapa saat. Nanti airnya akan terbagi dua, bagian bawah teksturnya akan berubah kental menjadi seperti cincau yang biasa dijual orang. Cincau yang kental ini dicampur dengan gula jawa dan diminum untuk mengurangi gangguan akibat keracunan makanan. Pengobatan ini biasa dilakukan untuk mengatasi keracunan setelah makan udang.

Demikian sekedar ulasan tentang 7 cara mengobati keracunan makanan secara alami ini, semoga dapat memberi faedah. Walau sebagian besar kasus keracunan makanan biasanya pulih sendiri, harapannya hanyalah satu, semoga jangan terulang lagi. Sangat tak nyaman.

Terimakasih dan salam sehat untuk Anda.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel