10 Obat Alami Ampuh Untuk Kulit Terbakar Sinar Matahari

Kita hidup di wilayah tropis, dekat khatulistiwa. Selalu disinari matahari karena sepanjang tahun sang surya itu memang tepat berada di atas negeri kita. Itu membuat kulit kita rentan terkena luka bakar karena teriknya cahaya matahari. Apalagi karena sesuatu hal kita harus beraktifitas di luar hingga langsung kena terpaan sinarnya. Perlu tindakan terbaik untuk pencegahan, dan perlu obat ampuh untuk mengatasinya jika kulit terlanjur kena luka bakar. Seperti 10 obat alami ampuh untuk kulit terbakar sinar matahari yang akan kita uraikan di bawah ini, yang semoga ada faedahnya untuk kita semua.

10 obat alami ampuh untuk kulit terbakar sinar matahari :

sinar-matahari

1.Teh hitam

Siapkan 2 gelas air dan rebuslah. Setelah mendidih matikan api dan masukkan 3 atau 4 kantong teh hitam. Tunggu hingga suhu air tadi reda hingga dingin. Celupkan kain lembut ke dalam air itu, angkat dan oleskan perlahan pada kulit yang terbakar matahari itu. Niscaya suhu kulit itu akan  menurun dan efek panas akibat sengatan matahari akan reda.

2. Soda kue

Larutkan soda kue secukupnya ke dalam bak mandi dan mandilah dengan cara berendam dalam bak itu. Soda kue yang dilarutkan tentu saja dalam jumlah yang banyak, bisa 1/2 kg lebih, tergantung volume air dalam bak mandi. Rasa sakit akibat tersengat sinar matahari akan reda.

Sebagai perawatan tambahan bisa dengan membuat pasta yang terdiri dari soda kue ditambah cuka. Campuran ini digunakan dan dioles pada kulit yang sakit. Dilakukan menjelang tidur. Harap diingat, cuka yang dimaksud adalah cuka putih biasa. Bukan cuka sari apel pada urutan no 3 berikut ini.

3. Cuka sari apel

Anda perlu sebuah botol semprot. Isi dengan cuka sari apel.Tambahkan air sejumlah volume yang sama dengan cuka sari apel tadi. Isi botol tadi disemprotkan pada luka kulit terbakar. Luka kulit akan lebih cepat sembuh karena sifat cuka sari apel yang anti septik. Juga berkhasiat meredakan rada panas pada kulit.

4. Kentang mentah

Kentang diiris melebar, setipis mungkin dan masukkan ke dalam air dingin (bukan air es) dan biarkan terendam selama lima menit. Irisan kentang tipis tadi diangkat dan dioleskan pada kulit yang luka terbakar. Zat pati kentang akan memulihkan kulit yang sakit sekaligus mengurangi nyeri pada kulit yang terbakar. Sedang air dingin pada kentang akan meredakan suhu kulit.

5. Mentimun

Selembar irisan melebar buah mentimun digunakan untuk menggosok kulit yang terbakar karena sinar matahari. Biarkan air mentimun itu mengendap pada kulit selama 30 menit. Itu berkhasiat meredakan nyeri.

 Cairan mentimun mengandung banyak alkali, vitamin dan mineral yang semuanya bersifat analgesik dan antioksidan.

6. Jus tomat

Menggunakan ramuan berbahan satu sdt jus tomat yang diaduk dengan 2 sdm buttermlik. Ramuan itu Anda gunakan untuk wajah dan biarkan sekitar 30 menit, baru dibilas. Manfaatnya akan terasa karena kandungan tomat yang penuh denga likopen dan antioksidan. Selain menyejukkan kulit tomat juga memperbaiki kulit Anda karena kandungan vitamin A dan vitamin C-nya.

Untuk obat balur biasa menggunakan daun muda tanaman tomat, yang digiling hingga lumat dan ditempelkan pada kulit yang sakit.

7. Susu

Celupkan ujung kain yang lembut ke dalam susu dan tekan atau oleskan pada area kulit yang dituju. Susu itu adalah pendingin yang bagus untuk luka bakar pada  kulit. Untuk lebih efektif susu itu bisa Anda campur es batu terlebih dahulu.

8. Minyak kelapa

Minyak kelapa punya kandungan bernama asam laurat lemak. Berkhasiat untuk mengurangi rasa gatal. Juga bisa mengatasi bengkak dan kemerahan kulit, menjaga kelembaban atau mencegah kulit menjadi kering dan mengelupas.

Untuk pencegahan ketika suatu saat Anda harus berada di bawah terik matahari karena suatu hal, sesudahnya Anda bisa mengoleskan minyak kelapa ini ke sekujur kulit yang tadi tertimpa sinar matahari.

9. Selada

Rebus daun selada hingga mendidih, kemudian dinginkan. Air rebusannya digunakan untuk dioleskan pada kulit yang sakit itu. Dilakukan berkali kali agar memperoleh khasiat maksimal. Selada bersifat antiinflamasi  dan analgesik.

10. Minum banyak air

Sebenarnya ini syarat utama untuk pencegahan, tetapi tidak apa apa kalau kita sebut terakhir. Minum banyak air akan membantu mengatasi hilangnya kelembaban kulit. Serta mencegah dehidrasi pada tubuh. Sertai juga dengan banyak makan buah dan sayur yang banyak kandungan airnya.

Sebenarnya ada satu lagi obat alami yang terkenal ampuh mengatasi kulit terbakar akibat panas matahari. Yaitu aloe vera atau lidah buaya. Aloe vera tak diulas di sini karena hampir semua orang sudah tahu khasiatnya untuk mengatasi kulit terbakar. Dan semua yang diulas di atas tadi hanya sebagai altenatif seandainya Anda tidak punya lidah buaya.

Bagi Anda yang sering beraktivitas di bawah terik matahari, alangkah baik jika selalu membawa aloe vera bersama Anda. Bisa dikemas dalam botol kecil, isi dengan gel lidah buaya. Praktis dan efektif, bisa Anda gunakan saat bekerja sebagai pencegahan.

Demikian ulasan tentang 10 obat alami ampuh untuk kulit terbakar sinar matahari ini, semoga dapat diambil faedahnya.

Sebagai tambahan, suatu saat Anda mungkin sedang beraktivitas di luaran sehingga terjemur sinar matahari. Sebaiknya tidak segera mandi menggunakan air hangat. Sebab dampak terjemur tadi dapat membuat kulit lebih cepat mengelupas dan saat begitu biasanya rasa sakit akan menyertai.

Jangan sekali kali mencoba untuk mengupas kulit yang terbakar sinar matahari, karena itu akan memperburuk kondisi kulit. Oleskan sari cuka apel pada kulit yang memerah itu.

Kulit yang sering terkena sinar matahari terik dapat membuat efek penuaan dini dan meningkatkan resiko kanker kulit.

Terimakasih sudah membaca dan salam sehat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel