Manfaat Bawang Putih Dan Cara Mengolahnya

Penggunaan bawang putih telah dikenal hampir di seluruh dunia. Sebagai bahan masakan dan bahan obat. Itu karena manfaatnya yang mampu meningkatkan cita rasa dan keampuhannya mengatasi bermacam macam gangguan kesehatan. Termasuk beberapa gangguan kesehatan seperti yang akan kita simak di bawah ini. 

Berikut ini adalah beberapa macam gangguan kesehatan yang dapat diatasi berkaitan dengan manfaat bawang putih dan cara mengolahnya.

umbi-bawang-putih

1.Mengatasi gigi sensitif

Bawang putih adalah antibiotik yang mampu mengatasi infeksi yang disebabkan oleh bakteri atau juga oleh parasit lain seperti jamur.

Satu siung bawang putih dihancurkan dan setelah lumat tetesi dengan air sedikit demi sedikit sampai bawang putih itu berbentuk pasta. Tambahkan garam sedikit dan pasta bawang putih ini taruh atau tempelkan pada gigi yang sakit. Biarkan begitu beberapa menit, selanjutnya Anda berkumur menggunakan air hangat. Pemakaian bawang putih ini bisa Anda lakukan dua kali sehari sampai sembuh.

2. Mengusir nyamuk

Untuk mencegah gangguan kesehatan yang bisa diakibatkan oleh gigitan nyamuk.

Lumatkan bawang putih dan oleskan pada sekujur kulit Anda. Sangat beralasan jika Anda mungkin tidak ingin melumuri kulit dengan bawang putih. Cara lainnya adalah lumatan bawang putih itu ditaruh di beberapa tempat di sekeliling tempat tidur Anda. Selain mengusir nyamuk cara ini juga sekaligus bermanfaat mengusir serangga lain.

3. Mengatasi kaki bau

Siapkan sebuah wadah untuk merendam kaki Anda, isi dengan air hangat secukupnya. Masukkan bawang putih yang sudah Anda lumatkan ke dalam air itu, aduk dulu biar rata. Rendamlah kaki Anda dan aroma tak sedap yang berasal dari kaki akan reda setelah Anda melakukannya beberapa kali.

4. Meredakan nyeri

Menghaluskan bawang putih dan mencampurnya dengan gel lidah buaya, kemudian Anda oleskan pada area sendi yang nyeri. Itu adalah salah satu manfaat bawang putih.

5. Mencegah gejala flu

Cincang dahulu satu siung bawang putih dan rendam menggunakan satu gelas air yang baru mendidih. Setelah panasnya reda kemudian diminum dan minuman itu akan membantu Anda untuk mengatasi masalah flu.

6. Mengatasi rambut rontok

Buatlah ramuan menggunakan lumatan bawang putih dicampurkan pada minyak kelapa. Perlahan lahan pijatlah kulit kepala dengan menggunakan ramuan ini.

Baca juga : Manfaat Penggunaan Minyak Kelapa Untuk Mengatasi Rambut Rontok

7. Mengatasi jerawat

Belahlah bawang putih dan gosok dengan lembut pada jerawat. Amti oksidan yang ada pada bawang putih itu akan membasmi bakteri yang bersarang pada akar jerawat Anda. Bakteri ini yang membuat peredaran darah di kulit terganggu dan khusus di wajah ini akan menimbulkan jerawat.

Baca juga : Tips Cara Menghilangkan Jerawat dengan Menggunakan Madu

8. Melancarkan peredaran darah

Sebagai lanjutan dari uraian tentang mengatasi jerawat tadi, meminum air hangat yang telah digunakan untuk merendam irisan bawang putih sangat bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah.

9. Menurunkan kadar kolesterol

Mengkonsumsi bawang putih segar, yang masih mentah, berkhasiat besar untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Dalam hal ini bawang putih yang digunakan harus dalam keadaan mentah. Jika mengkonsumsi yang sudah dimasak maka fungsi senyawa pentingnya yang bernama allicin akan kehilangan khasiat untuk menurunkan kadar kolesterol tersebut.

Baca juga : Cara Efektif Mengobati Kolesterol Dengan Daun Salam

Itulah beberapa manfaat bawang putih beserta cara pengolahannya yang sangat sederhana dan mudah untuk diterapkan.

Namun perlu juga diketahui bahwa menggunakan bawang putih secara berlebihan tetap akan mengakibatkan efek negatif. Para ahli herbal mengingatkan bahwa mengkonsumsi bawang putih jangan lebih dari tiga siung sehari. Juga pengidap asma sangat riskan mendapat dampak negatif jika mengkonsumsi bawang putih.

Semoga ulasan di atas dapat memberi faedah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel