10 Manfaat Daun Asam Jawa Dan Cara Pengolahannya

Asam jawa itu pohonnya tinggi, bisa mencapai 30 meter. Cabangnya banyak sehingga membuat dedaunannya lebat dan rindang. Pohon asam jawa yang tumbuhnya relatif lamban ini telah lama dikenal orang, selain karena sering dimanfaatkan untuk tujuan kuliner juga sebagai bahan pengobatan berbagai penyakit.

Untuk pengobatan berbagai penyakit bisa menggunakan buahnya, bijinya,kulit batang dan juga daunnya. Buahnya untuk penyubur rambut dan sakit pada tenggorokan. Kulit batangnya sebagai obat untuk sariawan. Daun asam jawa ampuh mengatasi gusi berdarah, karena kandungan vitamin C yang berlimpah. 

Dengan mengkonsumsi daun asam jawa ini maka gangguan kesehatan lain yang terjadi akibat kekurangan vitamin C seperti lesu dan kelelahan tentu dapat teratasi. Belum lagi manfaat daun ini yang anti inflamasi, sehingga dapat membantu meringankan gangguan rasa nyeri sendi serta peradangan. Masih banyak manfaat lain daun asam jawa untuk kesehatan. 

Dan karena topik kita adalah tentang manfaat daun asam jawa dan cara pengolahannya maka di bawah ini akan disajikan uraian lebih lengkapnya dengan harapan dapat kita gunakan sesuai kebutuhan.

manfaat-dan-mengolah-daun-asam-jawa

1. Menyembuhkan luka

Daun asam jawa adalah anti septik yang handal untuk mengatasi dan mengobati luka di kulit. Tempelkan daun asam jawa yang sudah direndam pada luka, itu berkhasiat untuk membasmi bakteri atau parasit lain yang bersarang pada luka tersebut. Kadang kulit kita tak sengaja tergores sehingga berdarah, langsung saja daun segarnya Anda kunyah dan tempelkan pada luka itu.

4. Mengobati pilek dan batuk

Haluskan daun asam jawa menjadi kepingan kepingan kecil dan kemudian direbus. Setelah Anda saring dan panasnya reda,menjadi hangat, masukkan madu dan sedikit air jeruk nipis. Ramuan ini diminum untuk melegakan tenggorokan sekaligus meredakan pilek dan batuk yang mengganggu Anda itu. 

5. Meredakan demam

Merebus 80 gram daun segar herba ini, ditambah adas pulowaras sedikit. Gunakan 500 ml air. Minumlah air rebusan itu setiap pagi dan setiap sore sampai demam Anda sembuh.

6. Mengatasi kram 

Daun asam jawa adalah juga analgesik sehingga masalah kram yang terjadi pada wanita saat menstruasi akan tertolong dengan meminum perasan daun asam jawa. Cukup satu sendok teh, kram Anda tidak akan terulang lagi.

7. Mengobati malaria

Meskipun penderita malaria sudah berkurang sehubungan dengan kemajuan zaman namun pengidapnya masih tetap ada. Untuk meredakan malaria Anda hanya perlu untuk rutin menggunakan daun asam jawa sebagai teh herbal.

8. Mengatasi nyeri akibat rematik

Seperti kita sebut di awal tadi, anti inflamasi pada daun asam jawa ampuh meredakan rasa nyeri. Siapkan 80 gram daun asam jawa segar, sertakan juga dua buah biji asamnya. Lumatkan kedua bahan tersebut dan gunakan sebagai obat tempel pada area sendi Anda.

Baca juga : 10 Cara Mengobati Rematik Dengan Minuman Teh

Sebagai obat kompres Anda bisa dengan cara merebus daun segarnya sampai mendidih. Setelah mendidih kecilkan api dan usahakan agar rebusan itu tetap hangat. Celupkan kain lembut ke dalam rebusan tersebut dan gunakan kain yang telah hangat itu untuk mengkompres bagian sendi Anda yang nyeri. Lakukan berulang kali, cara ini ampuh untuk meringankan rasa nyeri akibat rematik.

9. Mengobati sariawan

Hanya dengan menggunakan air rebusannya sebagai obat kumur.

10. Penyubur tumbuhnya rambut

Tadi di awal tulisan ini disebut salah satu manfaat buah asam jawa adalah untuk penyubur rambut. Untuk tujuan yang sama menggunakan daun tumbuhan ini juga bisa dilakukan. Haluskan daun asam jawa dan tambahkan air secukupnya sehingga cukup untuk melumuri kulit kepala Anda. Tunggu beberapa saat sebagaimana seperti sedang menggunakan shampo kemudian dibilas.

Baca juga : Manfaat Menggunakan Minyak Kelapa Untuk Mengatasi Rambut Rontok

Demikianlah sekilas tentang manfaat daun asam jawa dan cara pengolahannya, semoga uraian singkat ini dapat memberi manfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel