Khasiat Daun Encok Untuk Mengatasi Rematik

Daun encok yang bunganya mirip dengan bunga melati ini mungkin kurang begitu dikenal. Tanaman ini sering dibiarkan tumbuh liar begitu saja. Tetapi bagi mereka yang sudah faham, daun encok sebenarnya adalah tanaman yang sangat berguna buat kesehatan. Pemakaiannya sebagai tanaman obat bahkan telah digunakan sejak dahulu. 

Tak banyak yang tahu bahwa umbinya jika diolah bisa menjadi obat untuk meningkatkan vitalitas pria. Kulit kayunya jika dibuat bubuk dapat digunakan untuk menyembuhkan tbc. Belum lagi pengolahan kulit akarnya yang bisa diandalkan untuk mencegah obesitas. Masih banyak lagi khasiat akar tanaman ini.

Mengobati penyakit seperti kudis, mengatasi anemia, ampuh mengobati wasir atau ambeien, mengatasi kulit yang kehilangan pugmen, dan lain lain.   

daun-encok

Dari deretan nama penyakit yang bisa diatasi dengan daun encok ini, dapat diambil kesimpulan bahwa tanaman ini sangat berguna. Tidak kalah dengan herba lainnya yang sudah terkenal berkaitan dengan pemanfaatannya. Tapi satu hal yang membuat daun encok ini menjadi istimewa adalah potensinya yang mampu mencegah peradangan dalam tubuh. Potensi daunnya tanaman daun encok itu maksudnya. 

Daun encok itu anti inflamasi alami yang aman, tanpa perlu khawatir akan efek samping seperti kita biasa mengkonsumsi obat kimia. Seperti kita ketahui tentang peradangan, jika sudah kronis maka peradangan akan menimbulkan gangguan kesehatan lain. Umumnya berawal dari gangguan kesehatan berupa nyeri sendi,yang jika berkelanjutan bisa menimbulkan gangguan pada jantung.

Daun encok berkhasiat meredakan atau mengurangi peradangan itu Mengatasi aliran darah yang tidak lancar akibat gumpalan pada pembuluh darah.

Salah satu gangguan kesehatan yang terjadi akibat peradangan adalah rematik. Dan dengan menggunakan daun encok sebagai anti inflamasi yang aman untuk mengatasinya adalah salah satu cara efektif. Karena selain anti peradangan daun encok juga bersifat analgesik yaitu meredakan rasa sakit atau nyeri. Lengkap sudah kandungan tanaman ini untuk mengatasi rematik.

Kini tentang cara penggunaannya.

Ada beberapa cara untuk mendapatkan khasiatnya dalam hal mengobati rematik, yaitu :

Cara pertama

Dengan menumbuk sampai halus sekitar 80 gram daun encok segar, diberi sedikit kapur sirih, sekitar 1/4 sdm, kemudian diaduk hingga tercampur dengan rata. Ramuan ini digunakan dengan cara ditempelkan pada area sendi yang sedang kumat dan nyeri. Diusahakan agar ramuan tetap menempel selama 30 menit.

Cara kedua

Dengan menghaluskan 30 gram herba daun encok segar, campur rata dengan 2 sdm kapur sirih. Ramuan ini digunakan untuk memijat bagian tubuh yang sedang menderita gangguan rematik.

Cara ketiga

Daun sencok segar dihaluskan secukupnya, campur dengan air panas suam suam kuku, ramuan ini dipakai dengan cara menggosok gosokkannya pada area yang sakit.

Cara keempat

Dengan merebus sekitar 10-15 gram daun encok, ditunggu atau dibiarkan mendidih 8dulu selama 3 sampai 4 jam. Diminum hanya sekali sehari.

Demikianlah uraian tentang khasiat daun encok untuk rematik ini, semoga dapat menambah pengetahuan kita dan memberi manfaat.

Sebagai tambahan, perlu perhatian serius tentang pengunaannya, bahwa selain anak anak, seorang wanita yang sedang hamil juga sebaiknya tidak mengkonsumsi daun encok. Karena daun encok dapat membuat menstruasi yang berlebihan

Jika digunakan dengan dosis lebih dari yang dianjurkan, apalagi jika untuk diminum, dapat membuat gangguan serius pada lambung seperti sakit maag. Efek lain jika menggunakannya secara berlebihan bisa menimbulkan akibat seperti kulit terbakar dan efek selanjutnya adalah mati rasa pada jari.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel