Mengenal Lebih Jauh Tentang Tanaman Pecut Kuda Dan Khasiatnya

Tanaman yang bunganya bisa berwarna campuran seperti biru, merah muda, ungu atau biru tua ini biasanya lebih dikenal sebagai tanaman hias. Selebihnya pecut kuda kurang dikenal, kecuali sebagai gulma pengganggu di kebun atau hanya si rumput liar di persawahan. 

Padahal khasiatnya sangat banyak.

Sifat tanaman ini yang anti mikroba dan anti jamur, sangat bermanfaat sebagai sumber alami untuk mengatasi beberapa penyakit. Sebagai anti oksidan pecut kuda memberi khasiat untuk mengatasi ketidak-seimbangan proses metabolisma dalam tubuh. Ketidak seimbangan yang terjadi karena radikal bebas yang dapat menyebabkan bermacam macam penyakit. 

Masih ditambah lagi dengan khasiatnya sebagai pereda rasa nyeri dan anti peradangan. Untuk masalah pencernaan pecut kuda adalah anti diare ditambah lagi dengan khasiatnya sebagai antasida, yaitu dapat meredakan sakit maag. 

Masih banyak khasiat lain yang dapat dimanfaatkan dari pecut kuda berkat sifatnya yang lain yaitu sebagai antioksidan juga anti hipertensi, dan oleh karena itu untuk mengenal lebih jauh tentang tanaman pecut kuda dan khasiatnya marilah kita simak uraian selanjutnya di bawah ini.

Khasiat tanaman pecut kuda :

tanaman-pecut-kuda

 1. Mengatasi diare

Aktifitas herba ini sebagai anti diare yang kuat bisa dimanfaatkan dengan mengolahnya dan membuatnya sebagai teh. Dengan bahan ekstrak daun dan batang pecut kuda, diseduh dengan air panas untuk diminum seperti minum teh. Teh ini memberi aktifitas antimikroba pada parasit penyebab diare seperti escherichia coli. Untuk memperoleh kadar yang lebih kuat daunnya dibuat jus, selain mengatasi disentri juga mengobati cacingan.

2. Menyehatkan sistem pencernaan

Pecut kuda kaya dengan serat yang salah satu khasiatnya adalah menjaga kerja sistem pencernaan. Juga mengontrol percepatan gula ke dalam aliran darah, itu berkhasiat mencegah diabetes.

3. Mencegah dan mengatasi masalah kardiovaskular

Pecut kuda adalah juga antidislipidemia, yaitu mampu mengatasi masalah masalah yang berhubungan dengan hipertensi, diabetes dan obesitas. Rutin minum teh yang terbuat dari herba ini berkhasiat besar untuk mencegah terjadinya masalah masalah tersebut

4. Mengatasi gangguan setelah melahirkan

Sama dengan penggunaan pada nomor 1 di atas, tapi yang digunakan sebagai bahannya hanya daunnya, tanpa batang pecut kuda. Direbus dahulu dan manfaatnya diyakini untuk mengembalikan rahim ke posisi semula

Baca juga : Untuk Ibu Yang Baru Melahirkan, Ini 12 Sayuran Untuk Pelancar ASI

5. Mengatasi keputihan

Khasiat tanaman pecut kuda sebagai anti mikroba dan anti jamur berkhasiat juga untuk mengatasi keputihan.

Setengah genggam akar segarnya dihaluskan dengan cara diiris iris atau dicincang. Direbus menggunakan 600 ml air, dibiarkan tetap mendidih sampai air sisa 200 ml. Dibagi dua untuk dua kali minum pagi sore.

6. Mengobati hepatitis A

Efek hepatoprotektif juga terdapat pada tanaman pecut kuda. Bagian tanaman yang digunakan adalah bunga beserta tangkainya. Sekitar 6 kuntum bunga lengkap dengan tangkainya diiris iris atau dicincang sampai halus, direbus dengan air 600 ml sampai airnya susut jadi 200 ml. Semua airnya diminum dan ramuan dibuat setiap hari.

7. Menyembuhkan luka di kulit

Menggunakan daunnya, dilumat dahulu dan ditempelkan pada luka. Luka akan cepat sembuh karena anti mikroba dan anti jamur termasuk dalam kandungan herba pecut kuda.

8. Mengatasi rematik

Berkat daun pecut kuda yang khasiatnya juga sebagai anti inflamasi, maka pemakaiannya juga ampuh untuk mengatasi masalah peradangan. Mulai dari masalah peradangan ringan seperti sakit kepala hingga yang berat, contohnya rematik.

Untuk mengobati rematik cukup dengan cara merebus sekitar 40 gram herba segar pecut kuda ini, yang sudah Anda potong potong hingga halus. Gunakan air 600 ml, biarkan mendidih sampai airnya susut tinggal 200 ml. Pemakaiannya dua kali sehari masing masing 100 ml.

Baca juga : Manfaat Rumput Teki, Termasuk Untuk Mengatasi Rematik Dan Cara Pengolahannya

Demikianlah lebih jauh tentang tanaman pecut kuda dan khasiatnya untuk kesehatan, semoga dapat berguna dan diambil manfaatnya.

Sekedar mengingatkan, pecut kuda tidak dianjurkan untuk wanita hamil, sangat beresiko karena sifat tanaman ini yang bisa menimbulkan keguguran. 

Juga untuk penderita tekanan darah rendah.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel