5 Cara Mengobati Biduran Dengan Kunyit

Salah satu alasan untuk menggunakan kunyit untuk mengatasi gatal karena biduran adalah kandungan anti histamin-nya. Histamin itu sendiri terdapat dalam tubuh setiap orang. Fungsinya memberantas mikroba yang masuk dan mengganggu tubuh.

Namun saat bereaksi histamin itu sering tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Itu membuat beberapa efek yang salah satu akibatnya timbul peradangan pada kulit. Radang itu menimbulkan dan mengundang rasa gatal yang hebat. Radang dengan rasa gatal yang sangat hebat itu disebut biduran.

Meskipun biduran itu tidak mengancam jiwa kondisi yang dialami  penderitanya sangat benar benar mengganggu. Mengganggu kenyamanan dan tentu saja mengganggu aktivitas. Dan untuk menghindari kedua gangguan tadi maka marilah kita simak bagaimana cara mengobati biduran dengan kunyit dalam ulasan berikut di bawah ini.

kunyit

1. Air kunyit

Masukkan 1/2 sdt bubuk kunyit ke dalam 200 ml air matang. Diminum sekali sehari atau diulang lagi jika perlu.

2. Kunyit dengan susu

Pada 1 gelas susu hangat, masukkan 1sdt bubuk kunyit kering, aduk hingga rata, diminum setiap pagi dan sore.

3. Kunyit dengan susu tambah lada hitam

Pada ramuan yang kedua tadi tambahkan lada hitam, sejumput atau lebih. Ramuan ini diminum menjelang tidur. Untuk mengurangi rasa pedas lada hitam Anda bisa menambahkan madu 2 sdt ke dalam gelas susu Anda.

Baca juga : Manfaat Lada Hitam Untuk Kesehatan Rambut Dan Kulit Anda

4. Kunyit dengan madu ditambah cuka sari apel

Rimpang kunyit segar secukupnya bersama 1 sdt kulit lemon. Rimpang dan kulit lemon itu digiling halus kemudian dicampur dengan 30 ml cuka sari apel. Terakhir masukkan 25 ml madu. Semuanya diaduk hingga rata. Dikonsumsi hanya 1 sdm setiap pagi sebelum sarapan dan sisanya disimpan untuk keperluan hari berikutnya.

5. Pasta bubuk kunyit

Melarutkan bubuk kunyit secukupnya dengan air. Mengoleskan pasta ini pada area kulit yang sedang gatal hebat saat biduran sedang menyerang Anda.

Selain beberapa cara penggunaan di atas adalah baik sekali jika kita mengkonsumsi bubuk kunyit sebagai anti ininflamasi alami untuk menangkal biduran. Ini terutama bagi yang sudah pernah mengidapnya.  

Sebagai pengontrol pelepasan histamin, sekaligus untuk meningkatkan kekebalan tubuh terhadap biduran. 

Sebab sulit untuk mendeteksi kapan kita terserang. Dan sebagai tambahan, biduran adalah jenis  penyakit yang suatu saat bisa kambuh lagi.

Mendadak. 

Dalam segala cuaca seseorang bisa terkena. Dan benda apa penyebabnya juga masih belum dapat diketahui pasti. Pemicunya memang alergi, tapi alergi karena apa, itu belum jelas sama sekali. Semuanya hanya kemungkinan, mungkin karena serangga dan bulunya, karena kulit tersenggol tanaman tertentu, bisa juga disebabkan oleh makanan yang belum diketahui makanan apa, atau karena stress.

Menggunakan kunyit sebagai obat herbal biasanya tidak membuat efek samping yang serius. Namun janganlah juga digunakan secara berlebihan. Sebab over dosis pemakaiannya bisa membuat gangguan pada pencernaan dan Anda akan mengalami diare. Ada juga yang bilang bisa membuat pusing. 

Kondisi seperti ini pasti sangat beresiko jika kasusnya terjadi pada ibu hamil. Jadi sebaiknya gunakanlah kunyit secukupnya saja.

Orang yang punya masalah dengan kandung empedu juga sangat beresiko.

Satu lagi, mereka yang menderita gangguan yang berkaitan dengan pembekuan darah sebaiknya tidak usah menggunakan kunyit untuk mengatasi biduran.

Semoga uraian ini dapat membantu dan salam sehat untuk Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel