8 Manfaat Garam Untuk Mengobati Penyakit Dan Cara Menggunakannya

Para ahli medis telah menyatakan bahwa garam itu dapat mengobati penyakit. Meski tidak semua jenis penyakit. Karena ada beberapa dari makhluk mikroba penyebab penyakit itu yang masih mampu bertahan hidup meski telah diobati dengan garam. 

Nah, di sini kita khusus mengulas manfaat garam serta penggunaannya untuk membantu mengatasi gangguan kesehatan terkait dengan bakteri pengganggu di tubuh manusia yang bisa diatasi berkat penggunaan garam.

Baiklah kita simak saja langsung tentang 8 manfaat garam untuk mengobati penyakit dan cara menggunakannya, berikut di bawah ini.

garam-mengobati-penyakit

1. Mengatasi kelelahan

Gunakan air hangat yang telah dicampur dengan garam, tuang ke dalam bak mandi. Mandilah dengan cara berendam dalam air hangat yang bercampur garam tersebut untuk memulihkan tenaga yang telah letih lesu dan membuat otot Anda lebih relaks.

Baca juga : 10 Obat Alami Mengatasi Letih Lesu Yang Mudah Diolah

2. Mengatasi hidung tersumbat 

Aduk hingga larut 1/2 sdt garam dengan 200 ml air. Ketika sudah larut hirup larutan itu dengan hidung Anda. Caranya, gunakan sebatang sedotan plastik yang menghubungkan larutan ke dalam lobang hidung. Usahakan masuk sekitar 3 tetes dan tunggu beberapa saat, kemudian hembuskan agar air itu keluar. Lakukan dan ulangi cara ini untuk setiap lobang hidung Anda sampai Anda metasa lega.

3. Melegakan tenggorokan

Siram 1 sdt garam dengan 200 ml air, aduk dan gunakan sebagai obat kumur. Lakukan hingga tiga kali sehari sampai rasa nyeri hilang dan tenggorokan terasa lega. Perlu juga Anda mengunjungi dokter, apabila rasa sakitnya tidak berkurang dalam tiga hari, apalagi sakit tenggorokan itu diiringi dengan demam.

4. Mengeluarkan lendir di saluran pernafasan

Gunakan air hangat 50 ml, masukkan 2 sdt garam dan sedikit kunyit yang sudah dihaluskan. Sebagian air itu Anda gunakan untuk berkumur, 1 sampai 2 menit. Sisanya diminum. Cara ini bisa dilakukan 4 sampai 5 kali sehari untuk melegakan dada dan mengeluarkan lendir di saluran nafas Anda.

5. Meredakan sakit gigi

Siapkan 1/2 gelas air hangat dan masukkan 1 sdm cuka dan 1/2 sdm garam. Gunakan dengan cara berkumur untuk membasmi penumpukan bakteri. Meski tidak semua bakteri dapat diatasi oleh air garam itu, namun bakteri itu akan terbawa oleh air asin yang sedang Anda kumur itu. Dan keluar saat Anda menyemburkannya ke luar dari mulut. Itu meredakan sakit gigi Anda yang sedang kumat.

6. Meredakan sakit perut

Minumlah 1/2 gelas air hangat yang telah diberi garam 1 sdt. Air garam itu dapat mengurangi sakit perut dan jika dirasa masih kurang buatlah beberapa kali lagi.

7. Mengatasi nyeri karena sengatan lebah

Campurkan garam dengan sedikit air sampai menjadi pasta. Oleskan pasta ini ke kulit yang disengat lebah. Perlahan rasa nyeri akan berkurang dan akhirnya reda. Ramuan ini juga ampuh untuk menghilangkan gatal akibat gigitan nyamuk. 

8. Menghilangkan bau mulut

Larutkan 1 sdt garam pada 100 ml air dan berkumurlah dengan air garam tersebut untuk menghilangkan bau mulut dan menyegarkan nafas Anda.

Baca juga : 10 Cara Mengkonsumsi Biji Adas Termasuk Mencegah Bau Mulut

Cara berkumur yang terbaik adalah menempatkan air pada bagian paling belakang mulut. Diusahakan berkumur selama mungkin dengan jumlah air yang tetap membuat mulut nyaman dan tidak sesak.

Berkumurlah selama mungkin sebatas kesanggupan.

Demikian ulasan tentang 8 manfaat garam untuk mengobati penyakit dan cara menggunakannya ini, semoga ada manfaat yang dapat diperoleh.

Salam sehat untuk kita semua.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel