4 Khasiat Lain Gulma Bandotan Termasuk Mengatasi Rambut Beruban

Meskipun mungkin kita sudah tahu bahwa daun bandotan itu sangat berkhasiat untuk mengobati berbagai penyakit, namun kita sering membasminya kala tanaman bandotan tumbuh sendiri di lahan kita. Karena tanaman bandotan itu kita anggap gulma. Khasiatnya yang banyak itu sering kita abaikan, karena toh sudah banyak obat paten yang bisa kita beli di apotik. Siap pakai. 

Tak perlu repot seperti mengolah daun bandotan. Yang harus direbus dulu baru bisa diminum untuk mendapatkan khasiatnya. Atau daunnya harus dijemur dulu, selanjutnya masih ditumbuk baru diseduh supaya airnya bisa diminum.

Pasti ada yang berpendapat bahwa itu merepotkan dan buang waktu, bukan ? 

Tapi marilah kita camkan bahwa menggunakan daun bandotan sebagai bahan pengobatan tak perlu biaya banyak. Tanaman ini mudah didapat, di lahan lahan kosong sering tumbuh sendiri. Atau kalaupun harus beli harganya tidak mahal.

Mengenai khasiatnya jangan ditanya lagi. Gulma yang juga punya nama asing hony goat weed ini sudah terkenal pemanfaatannya sebagai obat herbal. Sejak dulu. Sejak zaman nenek moyang kita.

Nenek moyang kita biasa menggunakan tanaman bandotan sebagai bahan untuk mengobati kulit yang luka berdarah, kulit yang bisulan atau borok. Mengobati sakit telinga. Meredakan sariawan juga. Ataupun untuk mengatasi radang tenggorokan.

Masih banyak lagi manfaat lain tanaman ini. Olahannya bisa dipakai untuk meredakan malaria atau flu biasa, atau untuk mengatasi perut yang kembung. Juga perut yang mulas.

Masih adakah khasiat lain ? 

Masih dan sekarang marilah kita simak beberapa khasiat lain dari tanaman bandotan yang mudah mudahan dapat menambah wawasan kita, dan bagus sekali kalau dapat diambil faedahnya.

5 khasiat lain dari gulma bandotan termasuk mengatasi rambut beruban

bandotan-mengatasi-uban

1. Mengatasi rambut beruban

Rambut ubanan sangat membuat risau setiap orang. Apalagi bagi yang kepalanya sudah ubanan sebelum waktunya. Nah, berhubung daun bandotan bisa dimanfaatkan untuk mengatasinya maka pergunakanlah tanaman ini. Caranya dengan membuat teh dari daun bandotan ini. Ditambah dengan menghaluskan daunnya dan memerasnya untuk diambil sarinya. Itu digunakan saat mandi, persis seperti Anda sedang menggunakan shampoo. Jangan lupa untuk memijat mijat rambut di kepala sebelum dibilas, pokoknya persis seperti sedang menggunakan shampoo. Lakukan saja dengan rutin dan sabar saja menunggu, hasilnya akan terbukti nanti.

Baca juga : Begini Cara Efektif Mencegah Tumbuhnya Uban Di Usia Dini

2. Meredakan mimisan

Ini mungkin belum diketahui secara umum. Tapi hidung mimisan bisa diatasi dengan cara melumat daun bandotan, bisa juga dengan meremas remas pakai jari tangan, kemudian Anda berbaring atau telentang. Teteskan airnya ke dalam lobang hidung dan tunggu beberapa saat bar Anda bangun. Mimisan Anda akan reda.

3. Membantu kesuburan wanita

Masaah kesuburan adalah satu kondusi yang dapat mengancam keharmonisan dalam sebuah keluarga. Biasanya wanita berada dalam pihak yang menjadi penyebab masalah. Menyedihkan sekali, dan agar kondisi ini tidak sampai terjadi maka untuk membantu kesuburan ambillah salah satu manfaat paling berharga dari tanaman bandotan ini. Minum air perasan daun bandotan adalah jalan keluar bagi seorang calon ibu untuk mengatasi dan membantu kesuburan.

4. Membantu menurunkan berat badan

Terkadang program menurunkan berat badan bisa kurang efektif jika masalah buang air kecil tidak lancar. Sambil melancarkan air seni Anda memakan bunga tanaman bandotan bisa membantu keberhasilan bagi Anda yang sedang ingin menurunkan berat badan. Kunyah dan makanlah bunga segar tanaman bandotan, itu akan melancarkan buang air kecil. Lebih efektif lagi jika bunga bandotan itu dimakan bersama 10 butir biji merica buaya. Sayang sekali merica asli asal Afrika ini belum ada terdengar yang membudi-dayakannya di negeri kita. Tapi masalah itu bisa Anda atasi dengan cara membelinya di pasar online. Biasanya ada.

Baca juga : 7 Rempah Rempah Ini Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan Anda

5. Meningkatkan libido pada wanita

Sesungguhnya bukan hanya libido rendah dan kekurangperkasaan pria saja yang perlu jadi perhatian. Apa artinya seorang pria, seorang suami punya stamina luar biasa jika sang istri ternyata selalu tidak mood karena libidonya rendah ? 

Herba bandotan itu selalu dikait-kaitkan sebagai aprodisiak, terutama untuk pria. Padahal buat wanita khasiat yang sama juga berlaku. Jelasnya tanaman bandotan juga bisa mengatasi masalah libido pada wanita.

Ada satu kandungan pada gulma bandotan ini yang dapat memberi khasiat khusus untuk seorang istri. Para ahli medis menyebut senyawa ini dengan nama prenylflavonoid. Senyawa ini pada wanita bersifat sebagai pencegah menopause. Artinya apa ? Artinya libido rendah libido yang rendah karena menop..ause bisa dihindari. Artinya lagi, hasrat sexual untuk mengimbangi keinginan suami tetap terjaga. Tegasnya gulma bandotan bisa meningkatkan libido rendah seorang istri, yang ujung ujungnya keharmonisan dalam rumah tangga tetap terjaga.

Jadi buat para suami istri, konsumsilah herba bandotan ini bersama sama, untuk kepentingan bersama. Demi keharmonisan.

Demikianlah sekedar berbagi informasi dan uraian singkat tentang 5 khasiat lain dari gulma bandotan ini. Jangan lupa untuk untuk tidak mengkonsumsi gulma berfaedah ini dengan dosis yang berlebihan, karena bisa membuat pernafasan Anda terganggu, perut menjadi mual hingga muntah muntah.

Semoga ada faedahnya dan salam sehat untuk kita semua.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel