Khasiat Buah Nanas Untuk Kesehatan Tubuh Dan Efek Sampingnya

Buah nanas itu tampilannya tidak menarik. Kulitnya tebal dan pebuh tonjolan. Perlu sedikit upaya ekstra untuk mengupasnya jika kita ingin memakan buah yang rasanya segar dan asam manis ini.

Seperti kebanyakan buah lain, buah nanas ini juga penuh khasiat. Jika dikonsumsi dengan cara dan porsi yang benar, buah nanas sangat bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan. 

Namun bisa juga memberi efek samping negatif, umumnya ini terjadi jika kita memakannya secara berlebihan. 

Di bawah ini kita akan ulas tentang khasiat buah nanas untuk kesehatan dan efek sampingnya, yang tujuannya semoga dapat menambah pengetahuan kita tentang pemanfaatan buah ini.

Khasiat buah nanas untuk kesehatan

buah-nanas-untuk-kesehatan

1.Mengatasi rematik

Ada satu kandungan khas dari buah nanas yang fungsinya sangat penting untuk kesehatan, namanya bromelain. Enzim bromelain ini sangat berkhasiat untuk mencegah terjadinya peradangan dalam tubuh. 

Membuat jus nanas dan diminum sebelum sarapan setiap pagi hari sangat berguna untuk menjaga Anda dari gangguan nyeri sendi.

2. Meningkatkan kekebalan tubuh

Selain bromelain buah ini memiliki  bermacam macam nutrisi penting lain yaitu vitamin A, vitamin C. Ditambah lagi dengan vitamin B1, vitamin B2, B3, B5, B6, B9. Semua yang disebut tadi bersama kandungan unsur mangan, magnesium dan kalium yang juga terdapat  pada nenas,  memberi khasiat penting untuk meningkatkan kerja pada sistem kekebalan tubuh. Termasuk mengurangi dampak negatif akibat virus dan bakteri, seperti mencegah flu dan pilek saat cuaca sedang tidak bersahabat.

3. Mencegah kram

Pekerja keras, termasuk para atlet, dalam aktivitasnya sering mengalami gangguan pada jaringan otot. Vitamin B bersama magnesium yang terdapat pada buah ini membuatnya menjadi nutrisi penting untuk mencegah terjadinya kram otot setelah bekerja keras.

4. Gangguan pencernaan

Bromelain si enzim kaya khasiat itu juga berkhasiat mencegah kemungkinan perut kembung atau gangguan pencernaan lainnya. Buah nanas yang penuh dengan vitamin C ditambah lagi dengan kecukupannya dengan serat akan menjaga sistem kerja usus untuk melancarkan pencernaan. Konsumsilah buah nanas segar setiap hari sebagai nutrisi tambahan Anda.

5. Cacingan

Masih terkait dengan gangguan pencernaan tadi, buah nanas juga mampu membasmi cacing yang bersarang dalam usus. Untuk keperluan ini yang digunakan adalah kulit buahnya. Kulit dari sebuah nanas utuh dipotong potong dan direbus menggunakam air 1000 ml. Dibiarkan mendidih sampai 20 menit dan kemudian disaring. Minumlah secukupnya untuk keamanan perut Anda dari gangguan cacing dalam usus.

6. Batuk

Cukup dengan menyiapkan satu gelas irisan daging buah nanas. Buatlah  ramuan yang terdiri dari 200 ml jus daging buah nanas tadi. Tambahkan dengan 15 ml madu, 1 sdm jahe parut serta 1 sdm jus lemon. Ramuan itu adalah sirup alami buatan Anda sendiri yang bisa Anda simpan dan sewaktu waktu dapat dipergunakan untuk mengobati batuk. Penggunaannya tiga kali setiap hari dan bila perlu tambah menjadi empat kali.

7. Darah tinggi

Daging buah nanas dapat menurunkan tekanan darah. Kandungannya yang tinggi dengan kadar kalium membuat nanas sebagai buah yang mampu mempertahankan tekanan darah tetap dalam keadaan normal.

Walaupun mengandung banyak nutrisi yang berguna buat tubuh, harap diingat juga bahwa buah nanas dapat memberi efek samping yang merugikan jika dikonsumsi tidak sesuai anjuran.

Meski buah ini mampu mengatasi gangguan pencernaan karena jumlah vitamin C dan seratnya yang tinggi, namun berlebihan makan nanas bisa membuat terjadinya gangguan pada saluran kemih. Serta mengganggu sistem  pencernaan Anda sendiri, seperti diare dan sakit perut.

Berlebihan mengkonsumsi nanas cenderung juga mengganggu kerja ginjal.

Untuk mengatasi rematik, konsumsilah buah ini secukupnya saja. Atau stop jika gangguan sudah berakhir. Nanas memang berkhasiat mengatasi rematik, tapi jika penggunaannya berlebihan justru akan mengakibatkan penyakit gangguan tulang itu menjadi lebih parah. 

Makan buah nanas yang mengandung banyak bromelain ini memang dapat membuat kadar anti biotik dalam tubuh menjadi lebih banyak.

Namun hati hati tetap sangat perlu, sebab bromelain bersifat mengencerkan darah. 

Efek samping lain, mereka yang memiliki gigi sensitif sebaiknya juga menjauhi nanas. Bisa bisa bibir Anda teriritasi sehingga terasa perih. 

Ada baiknya stop makan buah nanas jika sedang mengkonsumsi obat medis apalagi obat anti-kram atau obat mengatasi insomnia. Kerja obat tersebut akan berlipat ganda dan itu dampaknya buruk buat kesehatan.

Terakhir untuk penderita diabetes, ingat ingatlah untuk tidak berlebihan makan buah ini agar tidak menambah masalah Anda, sebab fruktosa dalam buah ini dapat meningkatkan kadar gula darah.

Jadi untuk lebih aman konsultasilah dahulu dengan ahli kesehatan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel