Manfaat Buah Okra Dan Bagaimana Cara Konsumsinya

Buah okra itu tidak disukai. Rasanya aneh dan tidak enak. Tidak seperti buah mentimun yang masih bisa dimakan mentah atau dilalap, buah okra itu mengeluarkan cairan seperti lendir yang lengket. Kental dan licin. 

Okra mungkin layak dimasukkan ke dalam daftar buah yang tak menggugah selera. Hanya seorang koki unggulan saja yang mungkin dapat mengolahnya menjadi makanan yang enak.

Padahal khasiatnya sangat banyak untuk kesehatan.

Buah okra adalah sumbernya vitamin B dan C. Daging buahnya kaya akan serat. Okra dapat mengatasi kadar gula darah yang berlebihan. Juga kolesterol. 

Kandungannya yang lain juga sangat bermanfaat.  Menambah daya tahan seorang ibu yang sedang hamil, itu baru salah satu khasiatnya. Masih ada lagi beberapa khasiat okra yang lain, seperti yang akan  diulas sebagai topik kita di tulisan ini.

Untuk menghindarkan keengganan kita mengkonsumsi buah okra yang mengandung lendir itu sebaiknya kita tidak langsung menggunakan buahnya. Yang dikonsumsi adalah air rendamannya. Untuk mendapatkan air rendaman okra bisa dengan cara menyiapkan 4 sampai 6 buah okra berukuran sedang. Setelah dibersihkan, bagian ujung buah dibuang dan masing masing buah diiris memanjang.

manfaat-dan-cara-konsumsi-okra

Semua irisan buah okra itu dimasukkan ke dalam sebuah wadah dan diberi air matang satu gelas. Dibiarkan semalaman dan besok harinya kita saring untuk diminum. 

Begitu cara kita mengkonsumsi buah okra, tanpa terusik dengan lendirnya atau rasanya yang tidak enak. Khasiatnya tetap dapat diperoleh, karena semua atau sebagian besar nutrisi yang ada pada buah okra telah terserap ke dalam air rendaman itu.

Manfaat Minum Air Okra Untuk Kesehatan

1. Mencegah dehidrasi

Mencegah dehidrasi adalah khasiat istimewa air buah okra. Satu gelas air okra sudah cukup untuk menghindarkan seseorang yang sedang menderita karena kehilangan banyak cairan dan mineral dalam tubuhnya.

2. Meredakan batuk

Salah satu gangguan yang sering membuat ketidaknyamanan pada tenggorokan adalah batuk. Air okra yang mengandung anti bakteri mempu meredakan batuk.

3. Menjaga kekebalan tubuh

Air okra itu penuh dengan vitamin C yang berkhasiat menjaga tubuh dari resiko kena penyakit. Ditambah lagi dengan kandungan anti oksidan dalam kadar yang banyak maka air okra semakin ampuh untuk melindungi tubuh. Anda akan terhindar dari flu dan pilek jika rutin minum air okra.

Baca juga : Termasuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh Ini 8 Manfaat Brotowali Berikut Cara Pengolahannya

4. Mengatasi diabetes

Salah satu manfaat minum air okra secara rutin adalah mrmbuat tubuh terhindar dari kemungkinan mengidap penyakit diabetes. Satu sifat khas dari okra adalah sifatnya yang mampu menekan jumlah kadar gula dalam darah.

5. Mencegah gangguan pencernaan

Serat pada okra adalah pencahar alami paling ampuh untuk mencegah sembelit. Di dalam usus besar air okra menyedot racun racun yang berbahaya bagi pencernaan. Ada lagi satu kandungan dalam buah okra, namanya polisakarida.  Polisakandria ini bertugas mencegah penyebaran bakteri penyebab terjadinya tukak lambung dan gastritis.

6.Mencegah anemia

Air okra yang penuh dengan vitamin dan mineral adalah juga perangsang yang baik dalam hal pembentukan sel darah merah. Minum air okra secara teratur bisa menjamin tubuh untuk terhindar dari anemia.

7. Meningkatkan kesehatan kulit dan rambut

Vitamin C bersama vitamin K dalam kandungan air okra bermanfaat untuk perbaikan jaringan jaringan tubuh, termasuk meremajakan kulit dan rambut. Vitamin K juga ampuh mencegah pembekuan darah, jadi selain melancarkan darah ke kulit dan akar rambut air okra juga berkhasiat mencegah mimisan atau menstruasi yang berlebihan.

Baca juga : 10 Obat Herbal Ampuh Untuk Mengatasi Nyeri Saat Menstruasi

8. Meningkatkan kesehatan ibu hamil

Mencegah osteoporosis salah satunya. Ada kandungan folat dalam air okra yang membantu terbentuknya tulang yang lebih padat. Folat berperan besar mencegah gangguan pada tulang. Vitamin B yang terdapat pada air okra akan merangsang terjadinya sel sel baru, didukung pula oleh vitamin C yang membantu perkembangan janin dalam rahim. Memanfaatkan khasiat air okra yang mengandung fokat sangat dianjurkan pada ibu hamil demi perbaikan tulang terutama buat ibu dan calon bayinya.

Baca juga : 6 Manfaat Jambu Mete Bagi Ibu Hamil

9. Mencegah diabetes

Kadar serat yang tinggi pada okra akan mengontrol dan meminimalkan penyerapan gula dalam usus. Gangguan diabetes dapat diatasi dengan rutin minum air okra dengan menjaga sistem kerja usus tetap maksimal. Dan dampak positif lanjutannya adalah organ ginjalpun tetap terjaga dalam keadasn sehat.

10. Mencegah kolesterol

Minum air okra adalah salah satu pilihan terbaik untuk mencegah kolesterol sekaligus menjaga kesehatan jantung. Serat pada okra adalah serat larut dan dibantu dengan ketersediaan  pektin, membuat okra dapat mencegah atau mengurangi penimbunan kolesterol.

Demikianlah uraian tentang manfaat minum air rendaman buah okra. 

Semoga ada manfaatnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel