7 Rempah Rempah Yang Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan Anda

Pada umumnya makanan yang rasanya pedas dapat menurunkan berat badan. Itu bisa saja terjadi. Saat rasa pedas suatu makanan yang sedang kita santap menerpa lidah dan membuat membuat mulut kita panas, kita bisa kehilangan selera makan. Dan akhirnya makanan yang sudah terhidang tidak semuanya masuk ke dalam perut. Dalam kondisi begini bisa disebut bahwa sensasi pedas itu bisa mengurangi nafsu makan.

Tapi bukan hanya karena bisa mengurangi nafsu makan maka beberapa rempah rempah yang rasanya pedas itu dapat dianggap bisa menurunkan berat badan. 

Masih ada faktor atau khasiat lain yang membuat rempah rempah tertentu memang bisa membantu untuk menurunkan berat badan Anda. 

Untuk lebih jelasnya baiklah kita langsung simak saja uraian tentang 7 rempah rempah yang bisa membantu menurunkan berat badan Anda seperti berikut di bawah ini.

rempah-rempah-menurunkan-berat-badan

1. Lada hitam

Anda layak untuk mengandalkan rempah lada hitam sebagai pilihan utama untuk membantu menurunkan berat badan. Salah satu alasan, yaitu lada hitam berkhasiat mengatasi masalah pada pencernaan.

Juga rempah ini mengandung senyawa yang bersifat anti-obesitas. Yang mampu memberantas kolesterol jahat dan sebaliknya berkhasiat meningkatkan HDL atau kolesterol yang diperlukan oleh tubuh. Senyawa anti-obesitas ini pula-lah yang bertugas meningkatkan metabolisme. Sekaligus juga mengurai lemak yang berlebih dalam tubuh. Senyawa yang bernama piperine ini-lah yang membuat lada hitam dikenal sebagai anti-obesitas alami. Itu sebabnya Anda layak menggunakan rempah ini untuk menyukseskan program diet Anda.

Minumlah teh hijau Anda dua kali sehari. Sebelum sarapan dan menjelang tidur. Jangan lupa sertakan bubuk lada hitam ke dalamnya. Minuman itu yang membuat Anda terhindar dari penimbunan lemak yang berlebih. 

Baca juga : Ini Manfaat Lada Hitam Untuk Kesehatan Rambut Dan Kulit

Bisa juga jika bubuk ini Anda tambahkan pada makanan sehari hari, yang nantinya di dalam tubuh akan berperan sebagai pembakar kalori dan lemak. Hati hati juga dalam penggunaannya. 

Karena jumlah maksimal pemakaiannya hanya 1 sdm setiap hari. 

Itu untuk menghindarkan efek samping iritasi di saluran usus. Atau sakit perut.

2. Kunyit

Rempah si kuning oranye ini sangat efektif menjaga organ hati agar tetap maksimal. Karena kunyit dengan kandungan yang anti oksidannya itu ampuh melindungi hati dengan cara memberantas radikal bebas. Sehingga penyimpanan lemak dalam tubuh menjadi lebih sedikit. Artinya berat tubuh Anda tidak meningkat. Karena pertambahan penimbunan lemak dalam tubuh bisa ditekan.

Masukkan sedikit kunyit ke dalam segelas air yang sedang mendidih, kemudian tunggu atau biarkan sebentar agar panasnya berkurang. Minumlah selagi hangat.

Baca juga : Uraian Tentang Cara Mengobati Biduran Dengan Kunyit

Ada juga orang yang menambahkan bubuk kayu manis ke dalam gelas tersebut. Agar hasilnya lebih maksimal. Kayu manis itu sendiri memang juga ampuh membantu menurunkan berat badan dan itu akan kita ulas sendiri nanti di bagian akhir.

3. Cabe

Tidak semua orang suka dengan rasa cabe, tapi yang jelas penelitian telah mengatakan bahwa cabe berkhasiat meningkatkan metabolisme, termasuk peningkatan dalam pembakaran lemak tubuh.

Jadi cabe juga dapat membantu menurunkan berat badan

Menyantap nutrisi yang banyak mengandung  cabe memberi efek panas dalam tubuh. Panas menghasilkan keringat. Dan seperti kita tahu berkeringat itu adalah salah satu proses pengeluaran zat yang berlebih dari dalam tubuh. Artinya Anda sedang terbantu dalam hal mengurangi berat badan. 

Ada yang mengatakan bahwa mengkonsumsi cabe bisa menekan nafsu makan sehingga effektif membantu menurunkan berat badan. Itu benar.

Tapi patut juga untuk diperhatikan, itu hanya effektif buat mereka yang tidak suka cabe. 

Bagi seorang penyuka cabe, menggunakan cabe sebagai bahan untuk menurunkan berat badan justru memberi dampak bertolak belakang. Bisa bisa bahkan bobot tubuh makin meningkat. Karena cabe buatnya adalah penambah nafsu makan.

4. Cengkeh

Ketika Anda sedang mengkonsumsi cengkah, itu artinya Anda sedang berusaha untuk meningkatkan proses metabolisme dalam tubuh. Anda sedang terbantu untuk menurunkan kadar glukosa darah. Hasilnya sirkulasi darah akan maksimal. Sistem pergerakan usus jadi maksimal. Itu memberi efek positif untuk membantu menurunkan berat badan.  Gunakan cengkeh yang sudah dikeringkan, bisa disangrai dulu hingga mengeluarkan aroma wangi. Lalu cengkeh dihaluskan menjadi bubuk. Masukkan 1 sdm ke dalam 200 ml air yang sedang mendidih, dinginkan lalu disaring. Itu Anda minum rutin setiap pagi sebelum sarapan.

5. Jahe

Mengkonsumsi jahe sangat berkhasiat untuk menekan nafsu makan. Rempah ini punya kandungan yang sifatnya mengenyangkan. Selanjutnya  jahe juga berkhasiat meningkatkan kerja sistem pencernaan.

Baca juga : Manfaat Lengkap Teh Jahe Dan Cara Membuatnya

Cara penggunaannya sebaiknya menggunakan jahe segar, bisa diparut dulu dan airnya diminum. Sebaiknya ketika memerasnya tidak menggunakan air matang yang masih panas, karena sifat anti oksidan pada jahe bisa berkurang.

6. Kapulaga

Ini adalah rempah yang sangat besar khasiatnya untuk mengurangi penimbunan lemak dalam perut. Juga anti oksidan alami yang kuat.  Sangat besar pula manfaatnya dalam hal memberantas bakteri jahat yang mengganggu usus. Karena itu otomatis kapulaga juga meningkatkan metabolisme pencernaan. 

Biasanya penggunaannya dalan bentuk bubuk. Cukup 1 sdt dimasukkan ke dalam segelas air putih, atau susu rendah lemak.

7. Kayu manis

Sekaligus untuk mencegah diabetes, kayu manis sangat effektif digunakan untuk membantu menurunkan berat badan. Selain kandungan anti oksidannya yang tinggi, bahkan paling tinggi dari bahan lain di atas, kayu manis juga akan membuat suasana hati Anda menjadi lebih rileks dan tenang.

Biasa digunakan bersama madu. Caranya adalah, sebatang kayu manis disiram dengan 100 ml air mendidih kemudian ditunggu sampai 10 menit.

Baca juga : Cara Lain Mengkonsumsi Madu Untuk Menurunkan Berat Badan

Batang kayu manis dikeluarkan dan masukkan 1 sdm madu kemudian diminum.

Pada umumnya enam jenis rempah di atas adalah anti oksidan alami. 

Semuanya ampuh bekerja untuk membasmi radikal bebas. Seperti kita ketahui radikal bebas adalah penyebab kerusakan dan peradangan dalam tubuh. Akibatnya terjadi gangguan pada jantung, peningkatan gula dalam darah atau diabetes dan itu semua dapat memicu kenaikan berat badan. 

Rempah rempah yang kita ulas tadi berkhasiat untuk mengatasi itu semua.

Itu sebabnya enam rempah itu dapat kita gunakan untuk membantu menurunkan berat badan.

Baca juga : Manfaat Air Tebu Untuk Diet Yang Sayang Jika Khasiatnya Disepelekan

Sekian dan salam sehat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel