Khasiat Buah Salak Untuk Diet

Buat kita orang Indonesia buah salak itu buah yang tak ada anehnya. Tapi bagi mereka  yang berdiam di benua Eropa sana salak itu adalah buah langka. Bahkan mungkin dianggap sebagai buah misterius. Betepa tidak, kesan pertama begitu mereka melihatnya adalah tampilan buahnya begitu luar biasa. 

Kulitnya bagai kulit ular, bersisik. 

Kasar dan setiap sisik itu tajam serta runcing. Kalau tak hati hati mengupasnya kulit jari bisa luka tertusuk. Nyeri dan berdarah kalau luka itu dipencet.

Kesan kedua adalah rasanya yang tak bisa dispesifikasi, pokoknya tidak bisa dibayangkan secara khusus. Memang ada yang bilang rasanya manis, tapi bercampur asam. Ada yang rasanya total asam dan kecut dan ada lagi yang manis tapi sepat, tapi enak, seperti salak asal Sibakkua, disebut juga salak Padangsidempuan, yang daging buahnya bahkan ada yang berwarna merah itu.

Mengenai kandungannya yang mengandung  manfaat buat kesehatan, sama seperti buah lain, salak juga punya.

Buah yang pohonnya penuh duri ini adalah salah satu pilihan terbaik selain wortel. Yaitu untuk pemanfaatannya sebagai penunjang kesehatan mata. Dengan kandungan betakaroten yang tinggi, buah salak bahkan sama ampuhnya dengan wortel yang selama ini dikenal sebagai primadona tumbuhan penyehat mata. Sudah banyak para ahli kesehatan yang menganjurkan salak untuk menggantikan wortel, terutama bagi mereka yang telah bosan dengan rasa tumbuhan umbi untuk menurunkan berat itu. 

Setidaknya mencampur salak bersama wortel.  

Masih terkait dengan kesehatan mata, buah salak ini adalah salah satu sumber vitamin A dan rutin mengkonsumsinya juga berkhasiat mengatasi  mata yang menderita rabun jauh.

Juga bagi wanita yang sedang mengandung, ibu yang sedang hamil muda sangat bagus jika mengandalkan buah salak sebagai salah satu pilihan untuk menjaga kesehatannya. 

Telah diyakini bahwa buah ini bisa mencegah gangguan morning sickness, yaitu sering mual dan muntah saar masa hamil muda.

Bagi perokok berat atau perokok tidak berat sebaiknya rutinlah makan buah ini.

Karena salak bermanfaat menjaga kesehatan jantung. Menjaga sistem kerja pembuluh darah. Pecandu kopi juga sebaiknya juga memanfaatkan buah ini untuk mendapatkan khasiat yang sama.

Khasiat buah salak untuk diet :

buah-salak-untuk-diet

Selain dari berbagai kandungan dan manfaat di atas, buah tumbuhan jenis palem ini sangat kaya dengan serat. Dibanding buah mangga, selain beta karoten, serat pada salak juga lebih banyak.

Seperti kita ketahui bahwa serat sangat dibutuhkan untuk melancarkan kerja sistem pencernaan. Juga serat memberi efek kenyang sehingga porsi makan jadi tidak berlebihan. Dan itu sangat bermanfaat untuk menurunkan berat badan.

Cukup dengan rutin mengkonsumsi buah salak.

Tidak perlu banyak, hanya 3 buah saja setiap hari. 

Masing masing 1 buah setiap pagi, siang dan malam. Bisa juga Anda tambah menjadi 2 buah pada pagi hari. Sehingga jumlahnya menjadi paling sedikit 3 buah dan paling banyak 4 buah setiap hari.

Manfaatkah buah salak karena selain khasiatnya untuk menurunkan berat badan sebenarnya buah ini kaya nutrisi. Vitamin dan mineral, serta antioksidannya berkhasiat membendung kemungkinan Anda terserang penyakit. Buah salak membantu agar stamina tetap terjaga.

Jumlah betakaroten-nya yang berfungsi sebagai antioksidan itu tiga kali lebih banyak dari jambu biji. Lima kali lebih banyak dari semangka. Lima kali lebih banyak dari mangga.

Selain manfaatnya untuk menurunkan berat badan, buah salak dapat mengontrol kadar gula darah.

Sehingga baik untuk penderita diabetes.Membantu pencegahan terjadinya wasir dan satu lagi, untuk kesehatan otak. 

Buah salak memiliki kalium dan pektin. Keduanya tersedia dalam jumlah tinggi yang khasiatnya sangat diperlukan untuk meningkatkan daya ingat seseorang.

Manfaatkanlah buah murah, buah asli negeri kita ini. 

Tentu saja tidak melebihi dosis, karena berlebihan makan salak justru membuat pencernaan Anda terganggu, terutama buang air besar menjadi susah dan terhalang. 

Ini sekaligus jadi perhatian buat yang rentan dengan gangguan sembelit agar sebaiknya tidak makan salak. Juga penderita sakit maag.

Terakhir, sebelum Anda mengkonsumsi buah ini untuk keperluan diet, juga untuk keperluan lain seperti umpamanya untuk meningkatkan daya ingat, ingat dulu satu hal penting, yaitu jangan makan buah ini jika Anda belum sarapan. Atau perut Anda masih kosong.

Terimakasih, semoga bermanfaat dan salam sehat.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel