7 Manfaat Kacang Panjang Bagi Ibu Hamil

Saat test kehamilan atau pakar persalinan memberi tahu bahwa Anda hamil, maka itu adalah awal dari hidup baru Anda yang membahagiakan sekaligus mendebarkan. Anda akan memasuki 40 minggu yang penuh harap, diselingi rasa khawatir dan cemas dan hidup Anda penuh doa semoga ini adalah perjalanan hidup yang indah.

Sebagian perilaku hidup akan berubah. Contohnya tentang makanan Anda.  Makanan favorit yang selama ini Anda makan bisa jadi sekarang dihindarkan. Kini makanan lain yang belum tentu Anda suka malah mungkin saja diprioritaskan. Suka atau tidak suka dengan rasanya. Jika itu memberi manfaat buat calon bayi dan tidak berbahaya buat sang ibu.

Karena Anda ingin masa yang 9 bulan itu adalah masa yang penuh manfaat. Karena Anda ingin mendapatkan proses kelahiran yang indah. Jadi harus selektif memilih makan penuh nutrisi agar nanti si bayi lahir sehat sempurna tanpa kekurangan.

Nah, di bawah ini ada satu jenis makanan yang mungkin bisa jadi pertimbangan buat ibu hamil. Untuk kesehatan ibu dan janin. Mudah didapat namun penuh manfaat. Berasal dari tumbuhan kacang kacangan. Namanya kacang panjang.

 Mengenai apa saja faedah kacang panjang sehingga perlu Ibu jadikan sebagai pertimbangan untuk menambah kesehatan ibu hamil, marilah kita simak berikut tentang :

7 Manfaat Kacang Panjang Bagi Ibu Hamil

kacang-panjang-bagi-ibu-hamil

1. Mencegah anemia

Apa yang terjadi jika seorang ibu hamil mengalami anemia atau kurang darah ? Pertumbuhan janin rendah. Juga beratnya. Tingkat kecerdasan juga akan terpengaruh pada calon anak. Seorang ibu hamil sebaiknya mencegah semua ini jangan sampai terjadi. Memanfaatkan kacang panjang dengan kandungan zat besinya adalah salah satu jalan keluarnya. Agar dampak negatif pada bayi seperti disebut tadi bisa dicegah. Selain juga kondisi buruk yang terjadi pada si ibu hamil. Sering merasa kelelahan, itu dapat teratasi. Sesak nafas juga reda. Atau sering marah marah seperti yang umum terjadi pada sebagian ibu yang sedang mengandung. 

2. Mencegah resiko cacat lahir

Ini satu manfaat folat yang ada pada kacang panjang, mencegah resiko cacat lahir. Perkembangan atau pertumbuhan janin yang sehat akan lebih mungkin terjadi berkat kacang panjang dengan kandungan folatnya. Asam folat itu yang berkhasiat mencegah cacat lahir yang biasa terjadi pada otak bayi dan tulang punggungnya. Nah, setelah kita faham manfaat folat yang terdapat pada kacang panjang maka sebaiknya ibu hamil tidak menyepelekan nilai nutrisi pada kacang panjang yang murah meriah itu tapi berperan banyak untuk masa depan si calon bayi kelak.

3. Mencegah resiko lahir prematur

Selain resiko cacat lahir, kacang panjang juga memberi manfaat dalam pencegahan bayi lahir prematur. Ibu yang sedang mengandung perlu kadar magnesium dalam jumlah yang cukup. Magnesium yang dikandung oleh setiap jenis kacang-kacangan termasuk kacang panjang berkhasiat mencegah kelelahan pada si ibu, dan membantu ibu hamil mengatasi susah tidur. Kelelahan pada seorang ibu hamil disertai dengan susah tidur adalah pertanda kekurangan magnesium yang beresiko besar pada ibu hamil dan bayinya, resiko terjadinya pertumbuhan janin yang buruk bahkan bayi lahir prematur.

4. Meningkatkan kekebalan tubuh

Vitamin C pada kacang panjang bermanfaat untuk melawan bibit bibit penyakit. Contoh paling sederhana saja, ibu hamil lebih tahan terhadap penyakit ringan selama masa kehamilan, seperti pilek dan flu.

5. Mencegah sembelit

Memaksimalkan sistem kerja pencernaan. Itu manfaat serat yang terdapat pada kacang panjang. Sekaligus serat ini bermanfaat mengurangi kolesterol jahat yang sangat berbahaya itu.

Baca juga : Cara Mudah Mengobati Kolesterol Dengan Daun Salam

6. Menyehatkan mata 

Salah satu manfaat vitamin A yang penting untuk ibu dan janinnya adalah menyehatkan mata dan juga kulit.

7. Menyehatkan tulang dan gigi

Kalsium ada pada kacang panjang dan untuk ibu hamil ini berkhasiat mencegah osteoporosis. Dambaan seorang ibu hamil untuk melahirkan dengan selamat apalagi dengan kehadiran bayi yang lucu dan sehat akan terbantu oleh kacang panjang ini. Dalam pertumbuhannya nanti dia akan punya tulang yang sehat, gigi yang kuat.

Begitu banyak manfaat kacang panjang bagi ibu hamil. Sayang sekali kalau seorang ibu hamil melewatkan kacang panjang ini sebagai salah satu pelengkap nutrisinya. Di negeri kita banyak tersedia kacang panjang. Mudah didapat, murah dan walau murah sangat membantu perbaikan kondisi seorang ibu hamil menjadi lebih sehat. 

Semakin sehat seorang calon ibu, semakin sehat pula bayi Anda kelak.

Mengkonsumsi kacang panjang ini bahkan lebih baik lagi jika dilakukan jauh hari sebelum masa hamil. Mungkin frekwensinya cukup beberapa hari dalam seminggu  Rutin.

Tentu saja semakin intens lagi saat masa hamil yang Anda dambakan itu tiba. Jika sebelum hamil cukup beberapa kali seminggu kini dua kali sehari. Dengan catatan, bagi Anda yang sebelumnya punya kebiasaan memakannya mentah atau dilalap begitu saja, maka sekarang tidak begitu lagi. Kini harus sudah dimasak. Dua kali sehari mengkonsumsinya ? Begitu para ahli menyarankan. Agar setiap sel yang ada dalam tubuh Anda dipenuhi oleh folat beserta kandungan kandungan lainnya yang tersebut di atas, yang mutlak penting bagi ibu hamil.

Baca juga : Mengenal 12 Sayuran Penting Untuk Pelancar ASI

Sekedar tambahan, salah satu manfaat lain kacang kacangan termasuk kacang panjang adalah bisa mencegah mual.

Terimakasih dan salam sehat untuk Anda dan si calon bayi.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel