8 Manfaat Daun Dewa Dan Cara Pengolahannya

Kandungan terbanyak pada hampir semua jenis bayam adalah air. Lebih sembilan puluh persen. Kecuali bayam yang satu ini. Kandungan airnya lebih sedikit dan daunnya lebih kering.

Tidak biasa bayam ini dibuat sayuran. Tak pernah seorang ibu rumah tangga membuat menu dari bayam ini. Dan menghidangkannya untuk suami tercinta. Bukan berarti tak enak. 

Orang ahli tanaman herbal yang paling menghargai bayam ini. Karena nilai obat dan khasiatnya. Berlimpah dan segunung manfaat yang diperoleh darinya. Semuanya untuk peningkatan kesehatan manusia. Kesehatan yang memang mutlak perlu dan dibutuhkan orang, yang memang vital untuk menunjang kehidupan. Untuk memperpanjang umur.

Bukan suatu kebetulan jika bayam ini dijuluki sebagai bayam-umur-panjang. Bahkan kita orang Indonesia menyebutnya dengan nama tanaman sambung nyawa. Atau daun dewa, nama yang selanjutnya kita pakai pada tulisan ini. 

Satu lagi, karena khasiatnya yang ampuh mengatasi kolesterol, bayam ini juga mendapat julukan sebagai bayam kolesterol. 

Baca juga : 5 Cara Mengobati Kolesterol Dengan Daun Salam

Kalangan orang tua mungkin sudah banyak yang tahu tentang kehebatan tanaman liar yang kadang tumbuh sendiri di semak semak ini. Namun karena  masih ada saja yang belum tahu tentang kehebatan daun dewa yang juga bisa merambat ini, maka baiklah kita teruskan saja tulisan ini untuk mengulas tentang : 

8 manfaat daun dewa dan cara pengolahannya

manfaat-dan-mengolah-daun-dewa

1. Mengobati luka bakar

Andil pertama daun dewa untuk manusia adalah khasiatnya untuk mengobati luka bakar. Umbi akarnya yang digunakan, Dihaluskan dahulu kemudian dicampur dengan gula aren yang juga sudah ditumbuk halus. Ramuan ini ditempelkan pada bagian yang sakit, agar ramuan tidak copot dan lepas sebaiknya luka itu dibalut. 

Ramuan dari tanaman daun dewa juga bisa diolah untuk mengobati luka lebam karena benturan. Kalau untuk keperluan itu yang dihaluskan adalah daunnya. Dihaluskan bersama sama dengan daun jarak. Ditempelkan pada kulit yang lebam tadi.

2. Mengobati kutil

Selain luka bakar, masalah gangguan lain yang dialami kulit manusia yaitu   kutil, juga bisa diobati dengan daun dewa. Untuk mendapat khasiatnya remas remaslah selembar daun bandotan ini menjadi kepingan kepingan kecil dan susunlah beberapa kepingan kecil itu sampai menempel menutupi kutil. Agar tidak copot gunakan saja plester kecil seperti hansaplast atau sejenisnya.

3. Meredakan sakit karena gigitan hewan

Ini juga tentang masalah yang terjadi pada kulit, yaitu mungkin Anda pernah secara sengaja atau tidak digigit oleh hewan peliharaan Anda. Untuk meredam rada sakit pada kulit Anda gunakan saja daun herba ini, lumarkan dulu dan borehkan pada kulit yang luka.

4. Mengatasi rematik

Penyakit yang biasanya menyerang orang yang sudah berusia lanjut ini sangat mengganggu aktifitas. Namun lagi lagi tanaman bandotan ini bisa dimanfaatkan untuk meredam nyeri sendi yang Anda alami jika penyakit ini sedang kumat. Daun dewa juga bersifat anti inflamasi dan sudah sejak dahulu digunakan untuk meredakan sakit rematik.

Baca juga : 10 Cara Mengobati Rematik Dengan Minuman Teh

Jadi meminum rebusan daun dewa ini dapat membantu Anda. Gunakan air tiga gelas untuk merebus sekitar 10 gram daun segarnya. Setelah air rebusan sisa satu gelas maka gunakan ramuan itu untuk sekali minum. Bisa juga Anda tambahkan sedikit rimpang jahe segar dalam perebusan.

5. Mengatasi darah tinggi

Rutin minum rebusan daun dewa yang hipotensi atau penurun tekanan darah ini, memberi manfaat besar untuk mencegah serangan darah tinggi. Minumlah setiap usai makan pagi dan makan sore. Dimakan seperti Anda sedang makan lalapan juga bisa. Rasa daun mudanya segar dan renyah. Bukan berarti daun yang lebih tua itu keras, tapi lebih keras sedikit. Karena kandungan daun yang lebih tua khasiatnya lebih tinggi dari daun mudanya maka Anda bisa pilih memakan daun muda atau yang tua. Harap diingat juga, cara mengkonsumsi daun dewa untuk mendapatkan khasiat paling tinggi adalah dimakan mentah.

6. Mencegah diabetes

Pencegahan yang dapat Anda lakukan adalah minum rebusan daunnya. Rebusan daun dewa ini sangat terkenal dengan anti diabetiknya. Peningkatan gula darah Anda dapat ditekan dan kadarnya tetap berada dalam keadaan terkontrol. Hebatnya lagi, orang normal yang tidak mengidap diabetes, jika mengkonsumsi rebusan yang sama, kadar gula darahnya tetap normal, tidak turun.

7. Mencegah stroke

Herba daun dewa itu adalah anti koagulan, artinya mampu mengencerkan gumpalan yang terjadi pada darah. Dapat mencegah kemungkinan terjadinya kerusakan jaringan pada pembuluh darah. Sehingga kerusakan lanjutan dan akibat buruk yang bisa terjadi pada otak dapat dicegah. Intinya daun dewa sangat berkhasiat, khusus untuk mengalirkan darah ke otak. Mampu mencegah stroke. 

Buatlah ramuan berupa rebusan yang terdiri dari umbi tanaman ini, masukkan beberapa butir biji ginkgo, berikutnya juga madu. Sekedar info, ginkgo itu adalah tanaman yang berasal dari manca negara. Namanya sudah  tidak asing lagi karena khasiatnya yang tinggi sebagai tanaman obat. Sangat ampuh meningkatkan sirkulasi darah dan mengatasi gangguan pada otak. Menambahkan biji ginkgo pada ramuan ini berkhasiat menambah pencegahan mencegah serangan stroke.

Tapi jika sulit mendapatkan biji ginkgo rutin saja minum rebusan daun dewa, cukup dua kali sehari.

8. Membantu menurunkan berat badan

Ini salah satu lagi khasiat daun dewa. Belum ada memang bukti ilmiah tentang hal ini, yang ada hanya pengalaman beberapa ahli herbal yang menanam sendiri tumbuhan ini. Dan sepertinya pengalaman mereka itu terbukti benar. Mereka membiasakan diri memakan enam sampai tujuh lembar daun segar tumbuhan ini. Bukan untuk tujuan diet, hanya sebagai sayuran segar pelengkap makanan siap saji seperti produk McDonald's. Sekitar enam bulan kemudian ternyata ukuran pinggang jadi berkurang nyata, celana menjadi longgar. Dan hal ini bukan cuma dialami oleh satu orang saja.

Baca juga : 7 Manfaat Air Tebu Untuk Diet Yang Sayang Jika Disepelekan

Demikianlah sedikit uraian tentang manfaat daun dewa dan cara pengolahannya, semoga dapat memberi faedah.

Meski khasiatnya sangat banyak, jauh lebih banyak dari apa yang sudah dipaparkan di atas, perlu juga untuk memperhatikan efek samping pemakaiannya. Biasanya dampak negatifnya ada jika dikonsumsi  dengan dosis yang berlebihan. Selain ibu hamil yang harus menjauhi pemakaian daun dewa, mereka pengidap darah rendah juga tidak usah.

Efek lain yaitu kadang bisa membuat pusing, juga badan terasa panas, tapi itu terjadi saat baru pertama kali dikonsumsi.

Terimakasih dan salam sehat.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel