10 Manfaat Pohon Tanjung Bagi Kesehatan

Setiap bagian dari pohon yang tingginya bisa mencapai 16 meter ini memiliki manfaat yang berguna untuk kesehatan. Mulai dari kulit batangnya yang tebal itu, daunnya yang hijau tua dan mengkilap, bunganya yang berbulu tapi harum hingga buahnya yang bisa dimakan . Tak ketinggalan pula biji buahnya yang juga memiliki khasiat, yang semua ini akan diulas satu per satu, seperti berikut di bawah ini.

Manfaat pohon tanjung bagi kesehatan

manfaat-pohon-tanjung

1. Mencegah sakit jantung

Ada sifat antioksidan pada buah tanjung sangat bermanfaat untuk mencegah stroke. Antioksidan pada buah tanjung yang bernama antosianin ini mampu mengurangi kadar kolesterol jahat pada darah. Juga berfungsi untuk mencegah radikal bebas yang sekaligus mengontrol tingkat tekanan darah. Satu lagi, buah tanjung adalah salah satu sumbernya potasium. Seperti diketahui potasium selain berguna untuk mengatasi kelebihan natrium, juga bermanfaat menyeimbangkan kadar kalium, yang dampak positifnya yaitu membuat tingkat tekanan darah berada dalam kondisi sehat. Mengkonsumsi buah tanjung sangat bermanfaat mencegah masalah jantung.

2. Mengobati diabetes

Mungkin karena luput dari perhatian tak banyak yang tahu bahwa begitu besar manfaat pohon tanjung ini bagi kita. Contohnya manfaat bijinya. Biji buah tanjung itu punya arti penting yaitu keampuhannya sebagai anti diabetes. Pengidap diabetes harap maklum bahwa bijinya benar benar ampuh untuk mengontrol kadar gula darah agar tetap berada dalam jumlah pas dan tepat, berkat manfaat biji buah tanjung ini yang mampu merangsang insulin.

3. Membantu diet

Buah tanjung penuh dengan vitamin dan yang terpenting buah ini rendah kalori. Ini bermanfaat besar, bisa membantu orang yang sedang diet. Lebih lebih lagi kandungan airnya yang punya manfaat untuk mengeluarkan racun dari tubuh.

4. Mencegah asam urat

Orang yang biasa makan buah tanjung memiliki perbedaan dengan orang lain dalam hal kemungkinan terserang asam urat. Perbedaannya benar benar sangat menyolok. Yaitu jika dalam kondisi yang sama seseorang akan 100% terserang asam urat, pengkonsumsi buah ini hanya punya kemungkinan 35 %.

5. Mencegah gangguan pencernaan

Saat Anda sedang merasa terganggu  karena kadar asam sedang meninggi maka segeralah makan buah tanjung. Buah tanjung adalah basa alami dan buah tanjung mampu menyeimbangkan pH asam, membuatnya menjadi netral.

6. Mencegah penuaan

Buatlah pasta dari bubuk bijinya, lalu tambahkan kunyit. Masukkan juga 1 sdt madu. Oleskan pada wajah dan biarkan selama seperempat jam kemudian dibilas.

Pasta tadi sangat berkhasiat mencegah penuaan. Mencegah kulit agar tidak kusam. Kulit akan bersih dari bintik bintik hitam. Juga noda noda atau apapun itu bentuk gangguan yang ada pada kulit yang terjadi karena sinar matahari akan hilang. Semua ini berkat antioksidan yang ada pada biji buah tanjung yang tadi telah Anda olah menjadi ramuan pasta.

7. Kualitas tidur lebih sehat

Jika tubuhmemilimi jandungan hormon melatonin yang cukup maka tidurpun akan lebih nyenyak.Badan yang segar setelah bangun karena kualitas tidur yang sehat akan terjamin jika Anda mengkonsumsi rebusan biji tanjung sebelum tidur. Buatlah rebusan biji tanjung yang mengandung melatonin ini, diminum setengah jam setelah makan malam dan Anda akan beranjak menuju pembaringan untuk menikmati kualitas  tidur yang sehat. Sehingga semangat untuk melanjutkan aktifitas di esok hari tetap terjaga.

8. Menyembuhkan nyeri otot

Meminum satu cangkir rebusan buah tanjung, itu berkhaduat meredajan gangguan karena peradangan sendi atau otot. Dilakukan dua kali sehari, selama seminggu.

9. Meredakan sakit karena gigitan serangga

Kulit kayu pohon tanjung dan beberapa buah mentahnya dihaluskan sehingga menjadi pasta. Pasta itu digunakan sebagai obat oles pada bekas gigitan untuk meredakan nyeri.

10. Mengobati gusi berdarah

Cara penggunaannya dengan cukup dengan mengunyah daunnya. Selain mengobati gusi berdarah cara ini juga mengobati gusi bengkak.

Demikianlah uraian tentang 10 manfaat pohon tanjung bagi kesehatan ini semoga dapat memberi manfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel