6 Cara Mengolah Biji Alpukat Untuk Obat

Rasa biji alpukat pahit dan sepat. Jadi dia tidak populer seperti daging buahnya yang hampir setiap orang suka. Namun penelitian telah membuktikan bahwa khasiat biji alpukat jauh lebih tinggi dari buahnya sendiri. Tentu saja setelah diolah dahulu agar bisa dikonsumsi.

Namun berhubung orang tidak biasa mengolah biji alpukat untuk dikonsumsi, maka terkait dengan khasiatnya yang lebih tinggi tadi, di bawah ini kita akan khusus mengulas tentang penggunaan dan cara mengolah biji alpukat untuk keperluan yang lain, yaitu untuk obat. 

Semoga ulasan berikut ini dapat memberi tambahan pengetahuan, terutama untuk meningkatkan kesehatan kita.

Cara mengolah biji alpukat untuk obat 

biji-alpukat-untuk-obat


1. Mengobati kolesterol

Buah alpukat bergizi tinggi. Setiap orang sadar akan manfaat dan khasiatnya. Makan hanya satu  sajab alpukat setiap hari mampu menjaga badan agar tidak mengidap kolesterol. Tapi mungkin belum banyak yang menyadari bahwa bagian dari tumbuhan ini yang paling banyak mengandung khasiat ada pada bijinya. Termasuk khasiatnya untuk menurunkan kolesterol. 

Tentang cara mengolah biji alpukat untuk obat kolesterol, bisa dilakukan dengan memotong motong biji alpukat untuk kemudian dikeringkan. Sampai kering betul. Jika benar benar sudah kering potongan potongan ini ditumbuk hingga halus.

Yang Anda butuhkan hanya satu sendok teh, sisanya Anda simpan untuk pemakaian berikut. Yang satu sendok tadi masukkan ke dalam 100 ml air hangat, aduk dan diminum ketika Anda belum sarapan atau perut masih kosong. Satu kali sehari dan bisa lebih hingga tiga kali menurut beratnya sakit Anda.

2. Meredakan tekanan darah dan sakit jantung

Manfaat biji alpukat juga mampu mengendorkan pembuluh darah dan mencegah serangan jantung.

Kandungan kaliumnya sangat tinggi itu yang membuat biji alpukat sangat bermanfaat. Anda dapat mengolah biji alpukat ini seperti pada cara nomor 1 di atas. Cara mengkonsumsinya juga sama.

3. Mengobati disentri atau diare

Biji alpukat memiliki serat dan anti oksidan yang jauh lebih tinggi dari bagian lain tumbuhan alpukat. Suatu hal yang membuat biji alpukat ampuh mengatasi gangguan pencernaan termasuk mengatasi sembelit.Gangguan percernaan lain berupa disentri atau diare juga dapat diredakan berkat biji alpukat ini.

Bijinya mampu mengatasi peradangan pada usus, penyebab nyeri di perut yang biasanya berdampak pada terjadinya diare itu. Biji alpukat bisa digunakan untuk mengatasi ini semua dan cara awalnya tetap dengan mengeringkan 1 buah biji alpukat dahulu. Keringkan juga daun pisang. Tak perlu banyak karena yang dibutuhkan hanya 1 sdt bubuk halusnya.  Satu buah biji halus alpukat bersama 1 sdt daun pisang itu direbus dengan 1 gelas air sampai mendidih. Minumlah rebusan ini, setelah disaring, dengan cara seperti Anda sedang minum teh.

4. Mengobati batuk

Olah satu buah biji alpukat seperti cara di atas tadi. Masukkan bubuknya ke dalam 150 ml air panas lalu aduk dan tunggu hingga hangat. Masukkan juga madu 1 sdt dan beri sedikit jus lemon.

5. Meredakan nyeri sendi atau otot

Bagi Anda pengidap gangguan rematik yang biasa menahan sakit karena nyeri sendi atau nyeri otot manfaatkanlah biji alpukat ini untuk membantu meredakan penyakit yang Anda derita itu. Dengan cara membuatnya menjadi obat gosok atau urut berbahan biji alpukat. 

Tumbuklah biji alpukat hingga hancur menjadi butiran butiran kecil, kemudian rendam menggunakan cairan berbahan alkohol. Simpan dahulu selama satu minggu. Setelah seminggu cairan alkohol itu sudah bisa dimanfaatkan untuk minyak urut, untuk Anda gunakan dengan cara memijat atau menggosok, pada area sendi atau otot yang sedang terasa nyeri. Rasa nyeri yang Anda derita akan reda.

Untuk konsumsi sehari hari Anda bisa membuat biji alpukat menjadi bubuk, makan 1 sampai 2 sdm setiap hari dan untuk menghindari rasanya pahit bubuk itu bisa dicampurkan dengan makanan lain.

6. Mengobati diabetes

Biji alpukat dipanggang dulu di atas api. Tujuannya hanya untuk mengeringkan. Jadi usahakan tidak sampai gosong. Cincang atau potong potong biji yang sudah kering itu lalu Anda rebus menggunakan air 600 ml atau 800 ml. Biarkan sampai air rebusan berubah warna menjadi kecoklatan. Diminum hangat hangat.

Sebagai tambahan, ada satu kandungan yang berbahaya dalam biji alpukat, tapi berbahaya buat hewan seperti anjing, kucing. Jadi jaga peliharaan Anda agar aman. Tapi kandungan berbahaya itu sama sekali aman buat manusia. Dan keberbahayaan biji alpukat itu dapat Anda manfaatkan dengan cara menghancurkan bijinya, diaduk dengan terigu dan tambahkan makanan sedikit. Itu bisa digunakan untuk racun tikus.

Demikian uraian tentang 6 cara mengolah biji alpukat untuk obat ini, semoga dapat memberi manfaat dan dipergunakan bilamana perlu. Jangan lupa, setiap Anda akan mengolah biji alpukat, untuk tidak menyertakan kulit biji yang menutupi sekujur biji alpukat itu, kulit tipis yang berwarna coklat itu. Kulit itu tidak dipakai.

Salam sehat.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel