7 Buah Untuk Obat Diare Alami

Diare itu penyakit gangguan pencernaan yang bisa menimpa siapa saja. Meski belum diketahui apa penyebab pastinya yang jelas hampir setiap orang pernah merasakan gangguan ini. Lebih rutin ke toilet adalah salah satu aktifitas tambahan Anda. Harus dilakukan. Tidak bisa tidak, sebab kalau ditahan selangkangan Anda bisa basah, bukan oleh urine sebab memang urine hampir tidak ada yang keluar.

Yang keluar adalah tinja cair. Yaitu tinja yang bercampur dengan elektrolit natrium, kalium dan magnesium yang semuanya itu sangat penting berada dalam tubuh. Dan apa daya, berhubung elektrolit itu sudah keluar dari badan maka tak lama lagi Anda akan dehidrasi.

Dehidrasi itu bisa membuat masalah buruk yang serius jika Anda terus menerus harus ke toilet. Bahkan bagi anak kecil atau manula ini bisa mengancam jiwa.

Jadi meski diare itu adalah penyakit atau gangguan biasa, namun sedapat mungkin harus dihentikan.

Di bawah ini ada beberapa cara alami untuk menghentikan diare yang mungkin bisa menolong dan dapat memberi manfaat.

Buah untuk obat diare alami

buah-manggis-untuk-diare

1.Buah manggis

Selain memiliki antioksidan, buah manggis memiliki satu bioaktif yang khas dan luar biasa manfaatnya. Jika telah berada dalam tubuh bioaktif ini akan menjalar ke seluruh bagian tubuh untuk menetralisir radikal bebas. 

Nama bioaktif ini adalah xanthone, warnanya ungu, dan salah satu khasiat hebatnya adalah membereskan masalah diare. Karena xanthone itu hanya terdapat pada kulit buah manggis maka yang kita perlukan adalah kulitnya itu. Kulit manggis yang telah Anda ambil dari dua buah manggis Anda potong potong dulu. Kemudian rebus. Gunakan air 200 ml sampai 400 ml. Tambahkan sedikit garam. Minum airnya saja. 

Rasanya memang pahit tapi itu tak mengapa. Atau jika memang Anda tak suka dengan pahitnya tambahkan saja gula merah. Atau madu.

2. Delima

Sama seperti mengatasi diare dengan buah manggis, untuk buah delima yang dibutuhkan adalah juga kulit buahnya. 

Kulit buah delima dilepas dulu dari buahnya dan selanjutnya ambil sebanyak 15 gram dan semuanya dpotong potong hingga menjadi lembaran lembaran kecil. 

Kulit ini Anda campur dengan pala sebanyak 10 gram. 

Gunakan dua gelas air untuk merebus bahan tadi, setelah mendidih dan air susut menjadi satu gelas perebusan selesai. Bagi menjadi dua untuk dua kali minum setiap hari sampai sembuh.

3. Nangka

Mengambil akarnya, kemudian direbus.  Diminum 3 sampai 4 cangkir sehari.

Kalau memang harus menggunakan buahnya bisa diambil buah mudanya. Yang masih kecil. Kira kira yang sebesar jempol jari orang dewasa. 

Cara penggunaannya sangat mudah. Cukup dimakan begitu saja. 

Rasanya memang sepat, tidak manis seperti buah matangnya. 

Tapi itu bukan sebuah masalah. Karena setelah Anda sembuh dari diare maka Anda bisa berpuas diri menikmati manisnya buah nangka yang sudah ranum.Dan biasanya diare Anda akan segera sembuh.

4.Salak

Ini salah satu pilihan lain untuk menghentikan diare Anda. 

Namun dengan rasa yang juga sepat. Bahkan bercampur dengan rasa asam. 

Salak kan ada yang manis ? Betul, tapi yang Anda butuhkan adalah buahnya yang muda. Semakin muda semakin baik. Meski semakin sepat. Tapi cobalah Anda makan sebuah saja, tidak apa apa jika kening Anda berkerinyut menahan sepat dan rasa asamnya. Dan tunggu saja khasiatnya. Hari itu juga. Biasanya berhasil.

5. Apel

Yang diperlukan buahnya yang baru mulai matang, maksudnya jangan yang terlalu matang. 

Cara penggunaannya persis seperti Anda sedang menggunakan buah nangka muda alias dimakan begitu saja.

6. Jambu biji

Penggunaan daun jambu biji sebagai obat diare sudah umum diketahui. Termasuk juga cara penggunaannya. 

Namun adakalanya kita tidak bisa mendapatkan daun jambu biji sedangkan di pasar yang ada cuma buahnya. Beli saja buahnya yang muda. Potong potong dan rebus. Masukkan garam sedikit dan minum airnya untuk meredakan diare Anda. 

7. Sawo

Yang dibutuhkan adalah sebuah sawo yang masih mentah. Petik dan dalam keadaan masih segar segera dikupas dan kulitnya dibuang.

Buah sawo tanpa kulit ini diparut lalu diseduh selama 10 menit menggunakan 200 ml air hangat. Air seduhan kemudian diminum. Bila belum sembuh bisa diulang menjadi dua kali sehari.

Diare memang sangat menyusahkan. Walau begitu jika gangguan ini ditangani dengan tepat maka itu akan segera berakhir.

Dan agar diare tidak berlangsung lama Anda bisa memilih salah satu dari cara di atas.

Semoga tulisan ini ada faedahnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel