3 Cara Membuat Teh Daun Sirsak Untuk Kesehatan

Rasanya agak keliru dan kurang cocok jika ada jenis minuman yang bernama teh daun sirsak.

Karena yang disebut teh itu harusnya memiliki  daun yang berasal dari tanaman teh sebagai bahan utama. Tanaman teh dimaksud bisa teh hijau bisa juga teh hitam. Tapi tak mengapa kalau disebut juga sebagai teh, toh tak ada fihak yang dirugikan terkait penamaan yang salah itu.

Bukan begitu, pak ?

Lalu apakah yang disebut teh sirsak itu ?

Teh sirsak adalah teh herbal yang memakai daun sirsak sebagai bahan dasar, diseduh dengan air panas, bisa juga direbus dahulu. Biasa diminum sebagai cara untuk mendapatkan manfaatnya sebagai minuman kesehatan.

Meski belum ada bukti ilmiah tentang khasiatnya namun teh ini sangat dipercaya dan dianggap sebagai penyembuh kanker.

daun-sirsak 

Selain itu teh yang seratus persen tidak mengandung kafein ini juga diandalkan untuk mengatasi batuk, radang pada hidung dan tenggorokan.

Juga digunakan sebagai menu diet untuk menurunkan berat badan serta bermanfaat mengatasi stress.

Rasa teh herbal ini nikmat dan lebih lembut jika menggunakan daun yang lebih muda. 

1. Merebus empat lembar daun segarnya sampai mendidih hingga seperempat jam. Saat air rebusan telah berubah warna, maka Anda telah memiliki teh tradisionil daun sirsak, yang siap untuk diminum hangat hangat-

Minum teh daun sirsak akan membuat tubuh Anda jadi rileks dan mungkin berkhasiat sebagai pencegah insomnia karena dampaknya yang bisa membuat mengantuk. Membantu mengurangi rasa nyeri jika Anda mengidap radang sendi atau rematik.

Manfaat teh daun sirsak memang telah lama terkenal. Mungkin ini yang mendorong beberapa produsen untuk menjualnya dalam bentuk kantong teh. Di apotek atau toko obat telah banyak tersedia.

Selain beberapa manfaat yang sudah disebut di atas tadi, minuman dengan aroma segar ini juga terkenal sebagai penambah kekebalan tubuh.

2. Nyalakan api dan rebuslah segelas air. Sambil menunggu air mendidih cuci 2 atau tiga lembar daun sirsak segar. Boleh juga daun itu diremas remas dulu. Masukkan daun itu ke dalam gelas dan segera siram dengan air yang tadi telah Anda didihkan. Tutup dan biarkan sekitar setengah jam-

Saring dan selamat menikmati teh daun sirsak.

Diminum hangat atau diminum dingin, baik juga jika diberi sedikit air perasan jeruk nipis dan madu. Tubuh Anda akan terasa hangat. 

3. Gunakan 500 ml air untuk merebus 7-8 helai daun sirsak, tambahkan juga 1 tunas batang mudanya, hancurkan atau potong potong dahulu. Saat rebusan sudah mendidih kecilkan api, jangan ditutup dan selanjutnya teruskan perebusan, sekarang dengan api kecil. Biarkan terus begitu hingga air tinggal 250 ml-

Satu hal lagi yang membuat teh ini begitu terkenal dan dipercaya terutama sebagai obat herbal untuk mengatasi kanker adalah karena salah satu kandungannya yang bernama asetogenin. Sebuah senyawa yang bersifat sitotoksik, yang mampu memberantas racun. Adapun racun yang dibasmi adalah radikal bebas yang dapat memicu sel kanker dalam tubuh.

Teh daun sirsak juga dipercaya dapat mengobati infeksi. Terutama infeksi yang terjadi karena bakteri, juga mengobati batuk.

Daun sirsak itu sendiri memang penuh dengan kandungan yang berkhasiat untuk tubuh.

Rebusan daunnya jika dipakai mencuci rambut berkhasiat membasmi kutu dan ketombe.

Anti bakterinya bermanfaat untuk membantu mengatasi sakit paru paru.

Dapat meningkatkan produksi sperma.

Menguatkan rahim pada wanita.

Mengatasi diabetes karena mampu menormalkan kadar gula dalam darah.

Dan membantu mengurangi kadar kolesterol.

Namun hati hati dengan efek sampingnya

Tidak mengkonsumsi teh ini terlalu banyak adalah tindakan yang bijaksana. Juga tidak membuat teh hijau terlalu kental, karena benar benar akan membuat kantuk berat. 

Memang sih, belum ada petunjuk ilmiah yang tepat tentang dosis penggunaannya. 

Sekali lagi gunakan benar benar dengan penuh pertimbangan, tidak over dosis agar dapat membuat tubuh Anda aman dari efek samping annonacin.

Apa itu annonacin ?

Senyawa ini terdapat pada teh daun sirsak Anda. Sejenis racun syaraf, yang ahli medis mengatakan jika mengkonsumsi teh ini berlebihan dapat merusak sistem syaraf Anda. Merusak metabolisme tubuh dan bahkan bisa merenggut nyawa.

Ingin terus mengkonsumsinya ?

Lebih sedikit lebih baik.

Konsultasi dulu dengan dokter bahkan yang terbaik.

Salam sehat untuk Anda.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel