6 Cara Ampuh Mengobati Gusi Bengkak Secara Herbal

Sariawan itu penyakit tidak menular yang bisa menimpa siapa saja. Meski belum diketahui penyebab pastinya, sariawan cepat sembuh meski suatu saat bisa terulang lagi.

Sariawan bisa membuat gusi menjadi sakit. Gusi yang sakit rentan menimbulkan luka. Menyusul bakteri atau virus akan membuat luka itu menjadi semakin parah. Sehingga gusi yang sakit tadi mendapat julukan baru, namanya gusi bengkak.

Sariawan hanya salah satu penyebab gusi bengkak.

Banyak faktor lain yang membuat orang mengidap gusi bengkak. Orang yang perokok apalagi giginya yang berlubang, wanita hamil, Anda yang sedang stress berat juga bisa, gizi rendah, dan mungkin Anda yang pernah mengalami lebih tahu lagi penyebab lainnya namun sekarang kita lanjut saja tentang cara mengobati gusi bengkak itu secara herbal.

6 Cara Mengobati Gusi Bengkak Secara Herbal

kembang-sore

1. Kembang sore

Ini adalah cara pertama, yaitu menggunakan tanaman yang bernama kembang sore. Kita pilih kembang sore karena selama ini telah dikenal sebagai obat alami tanpa efek samping. Daun dari pohon yang bisa 3 meter tingginya ini yang kita manfaatkan.

Kembang sore adalah tanaman anti radang, berkhasiat melancarkan peredaran darah. Tanaman ini berkhasiat mengatasi gangguan lain yang bersifat pembengkakan seperti bisul, radang paru paru, pembengkakan pada telinga bagian dalam dan peradangan pada saluran kencing.  Termasuk juga mengobati gusi bengkak yang bisa mengakibatkan gigi menjadi longgar ini. 

Daunnya yang anti inflamasi itu adalah faktor utama penyebab kenapa kembang sore bisa digunakan untuk meredakan pembengkakan.

Rebuslah daunnya secukupnya saja, setelah mendidih matikan api, tunggu biar panasnya turun menjadi hangat. Gunakan sebagai obat kumur.Hasilnya gusi bengkak Anda akan pulih seperti sediakala.

2. Kunyit

Cobalah sepotong rimpang kunyit segar. Mengunyahnya selama 5 menit lalu keluarkan dari mulut dan lanjutkan dengan berkumur untuk membersihkan sisa kunyit tadi. Berbagai vitamin dan mineral pada rimpang kunyit yang sudah Anda kunyah akan memberi nutrisi penting pada gusi dan gigi. Yang utama adalah kunyit itu sifatnya anti septik dan anti inflamasi. Jadi perlu juga memanfaatkan kunyit ini sebagai penjaga kesehatan pada gusi dan gigi Anda. Buatlah bubuk kunyit menjadi pasta dan bersihkan gigi Anda dengan pasta itu untuk mencegah bersarangnya bakteri di dalam mulut.  

3. Ruku ruku

Ini masih sejenis kemangi dan ruku ruku ini disebut juga kemangi hutan. Orang Sumatera bahkan menyebut inilah yang namanya kemangi. 

Suka tumbuh di lahan lahan kosong. Dengan kemampuan dan sifat anti bakterinya yang sangat kuat tanaman ini efektif mengatasi infeksi yang terjadi pada mulut termasuk gusi bengkak. Masih ada manfaat sampingannya. Menggunakan ruku ruku sebagai obat kumur untuk mengatasi gusi bengkak akan sekaligus juga mengatasi plak dan bau mulut Anda.

Cukup lakukan pengobatan dengan cara mengunyah daun segarnya, lalu masukkan sedikit air ke dalam mulut agar Anda nyaman berkumur. Selanjutnya, ya berkumurlah.

4. Daun mimba

Sudah kita ketahui bersama bahwa daun mimba, tanaman asli dari tanah Hindustan ini adalah daun yang penuh manfaat. Khusus untuk gusi bengkak daun mimba punya khasiat yang persis sama dengan ruku ruku. Lakukanlah pengobatan dengan cara penggunaan yang sama pula. Maka Anda tidak lagi merasa sakit saat mengunyah makanan karena gusi yang bengkak telah sembuh.

5. Urang aring

Mari kita mulai mengenal urang aring yang hampir terdapat di seluruh negeri kita ini tidak hanya sebagai bahan alami untuk pewarna rambut saja. Satu hal yang kita perhatikan dari herba ini adalah manfaatnya sebagai anti bakteri.

Sangrai atau jemur dulu daunnya. Kemudian ditumbuk hingga halus seperti tepung. Tepung ini Anda taruh pada gusi yang bengkak.

Cara penggunaannya memang agak bikin repot. Namun khasiatnya sangat ampuh karena urang aring adalah antitoksik yang kuat.

6. Sisik naga

Ini salah satu lagi tanaman anti radang yang bisa mengatasi gusi bengkak. Juga sariawan yang bisa saja terjadi bersamaan. Kunyah saja daun sisik naga ini dan arahkan air kunyahan ini ke area gusi Anda yang sakit. Setelah Anda tempatkan di sana selama mungkin, baru kunyahan tadi dibuang dari mulut. Anda perlu tiga kali sehari melakukan cara ini. Bila perlu bisa empat kali, jika dampaknya terasa kurang maksimal.

Gusi bengkak memang penyakit yang  lumrah terjadi. Saking lumrahnya sering kita biarkan saja jika gejalanya mulai terasa. Nanti juga hilang sendiri, begitu dalam hati kita. Padahal ini bisa menjadi serius. Gigi jadi goyah dan mudah goyang karena jaringan lunak penahannya kurang berfungsi. Bahkan gusi bisa bisa lepas dan tidak lagi menahan gigi.

Para ahli menyarankan untuk menghindari minuman yang mengandung kafein jika Anda sedang mengalami gusi bengkak. Juga minuman bersoda. Sebaliknya konsumsi dulu minuman dan makanan dingin. Juga perhatikan obat kumur yang selama itu Anda pakai. Atau yang baru saja Anda ganti. Siapa tahu cairan itu yang membuat iritasi pada gusi. Apalagi jika mengandung alkohol.

Satu lagi, jaga tubuh Anda, jangan sampai mengalami kekurangan vitamin C.

Salam sehat.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel