7 Cara Mengolah Jeruk Purut Untuk Kesehatan

Tampilan jeruk ini tidaklah sebagus jeruk yang lain. Kulitnya yang berbintil kasar, menonjol dan bertaburan dalam formasi yang tidak beraturan ini juga jarang berwarna kuning meski sudah matang.

Memang sih, orang kurang begitu perlu dengan  daging buahnya. Andai pun juru masak memerlukan buah ini yang diambil cuma kulit buah itu. Selain kulit buahnya satu lagi yang diinginkan adalah daunnya.

Seorang ahli herbal sangat menghargai jeruk purut yang tergolong sebagai rempah ini.

Khasiatnya sangat banyak dan itu sudah diketahui sejak dahulu. 

Di bawah ini ada beberapa khasiat jeruk purut, yang disertai dengan cara pengolahannya yang bisa Anda simak, mungkin ada yang dirasa perlu untuk diketahui dan digunakan.

7 cara mengolah jeruk purut untuk kesehatan

jeruk-purut

1. Ini khasiat utama jeruk purut. 

Ada senyawa volatil namanya yang ada pada jeruk purut ini, yang punya kemampuan mendetoksifikasi darah. Yang punya kemampuan mengatasi zat berbahaya penyebab penyakit yang terjadi melalui darah. Ini sekaligus menjadikan jeruk purut sebagai penjaga imunitas. 

2. Mencegah gusi bengkak 

Kesehatan mulut, termasuk gusi serta gigi dapat dipertahankan bahkan ditingkatkan dengan mengambil manfaat dari jeruk purut ini.

Bisa dengan cara memberi sedikit minyak jeruk purut pada pasta gigi untuk digunakan meenggosok gigi. Atau dengan cara berkumur dengan minyak tersebut.

Untuk cara yang lebih sederhana cukup menggunakan daun segarnya. Dioleskan pada gusi yang bermasalah dengan khasiat yang sama dengan minyaknya tadi. Yaitu menjaga kesehatan mulut dari gangguan bakteri berbahaya. Bau mulut Anda akan hilang dibuatnya. Bahkan jika daun jeruk purut ini Anda kunyah, campur dengan daun jambu biji, bau bawang putih yang sukar dilenyapkan itu akan sirna dari nafas Anda.

-Untuk diminum buatlah teh dengan bahan 3 atau 4 lembar daun jeruk purut, jahe yang dimemarkan, serta batang serai yang juga sudah dimemarkan. Masak dengan 4 gelas air dan biarkan mendidih selama 10 menit-

Khasiat ramuan ini ampuh untuk menyehatkan mulut termasuk mencegah gusi bengkak, meredakan batuk dan mengatasi sakit kepala Anda

3. Mengatasi sembelit

Sembelit dan penyakit lain yang diakibatkan oleh sistem pencernaan yang bermasalah seperti wasir dan tukak lambung dapat diatasi dengan minum air rebusan jeruk purut.

4. Mencegah gigitan serangga

Serangga itu makhluk kecil yang bisa membuat masalah besar. Banyak orang yang kesehatan kulitnya bermasalah, yang awal masalah itu dimulai dengan gigitan serangga.

Ada satu jenis senyawa pada jeruk purut, senyawa itu paling tidak disuka oleh serangga. Jadi jika Anda mengolesi kulit dengan lotion yang mengandung ekstrak jeruk purut maka kulit Anda aman dari gigitan serangga. 

-Cara paling simpelnya cukup dengan mengoleskan pasta yang Anda buat sendiri dari daun jeruk purut itu-

5. Menyehatkan kulit

Mencegah gigitan serangga hanya salah satu manfaat jeruk purut untuk kulit. Selain wangi, antioksidannya bermanfaat melawan radikal bebas. Pada wajah, jerawat dan bekas jerawat bisa diatasi. Jika bakteri bersentuhan dengan kandungan jeruk nipis maka bakteri itu akan segera rusak. 

Penuaan pada kulit Anda bisa dicegah karenanya, sehingga jika Anda menggunakan jeruk purut untuk membuat kulit tetap sehat, maka itu adalah keputusan yang tepat.

Cobalah untuk menggunakan air hangat, campur dengan remasan daun jeruk purut untuk mendapatkan manfaatnya.

-Caranya remas atau hancurkan daunnya dalam jumlah yang cukup banyak, masukkan ke dalam wadah yang cukup besar, beri garam secukupnya. Siram dengan air hangat-

Rendamlah setiap bagian tubuh Anda, terutama yang memiliki kulit kasar dan kulit mati, seperti telapak tangan, siku atau lutut. Biarkan terendam paling tidak selama 10 menit

Rendaman air jeruk purut ini berkhasiat untuk melembabkan dan menghaluskan kulit mati.

-Ada juga yang menambahkan jeruk purut ini ke dalam bak mandi yang berisi air hangat dan berendam di dalamnya-

6. Mengatasi peradangan

Satu lagi manfaatnya adalah sebagai anti inflamasi. 

-Saat Anda mengkonsumsi buah atau jus daunnya, saat itu pula Anda sedang menjaga tubuh agar terhindar dari rematik. Asam urat dan penyakit akibat peradangan lainnya juga akan menjauh-

7. Mengatasi rambut rontok

Jeruk purut itu anti parasit alami, khususnya cacing yang bersarang dalam usus manusia. Parasit lain yaitu kutu rambut yang bersarang di kepala bisa lenyap akibat daya basmi jeruk purut pada parasit. Masih ditambah lagi dengan khasiatnya yang mampu mengatasi atau mencegah kerontokan rambut.

- Buatlah 3 buah jeruk purut menjadi layu, dengan cara memanggangnya di atas api. Peras dan ambil airnya. Saat mandi gunakan air jeruk purut ini sebagai pengganti shampoo. Tekan dan pijat kulit kepala Anda dan biarkan air jeruk nipis itu selama setengah jam di kepala. Kemudian dibilas-

Melakukan perawatan rambut seperti itu satu atau dua kali seminggu akan membuat rambut Anda sehat, terhindar dari parasit, dan yang utama kerontokan rambut dapat dicegah.

Demikian ulasan tentang 7 manfaat jeruk purut dan cara mengolahnya ini, semoga dapat memberi faedah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel