10 Khasiat Mengkudu Dan Cara Pengolahannya

Aroma buahnya sangat tidak mengundang selera. Tampilannya apalagi. Ditambah lagi dengan rasanya yang tidak enak. 

Tapi jika Anda mampu untuk membiasakan minum segelas saja jus yang terbuat dari buah ini maka khasiatnya sungguh besar sekali. Itu khasiat buah mengkudu sebagai stimulan alami. Itu baru salah satu saja dari segudang manfaat buah mengkudu untuk kesehatan. 

Mampu memberi tenaga yang luar biasa, mendongkrak stamina Anda setiap hari. 

Khasiat tambahan dari jus tadi bahkan akan membuat kulit Anda tetap kencang dan terhindar dari gejala penuaan.

Tentang betapa banyak khasiat buah mengkudu, rasanya sudah diketahui oleh hampir setiap orang. Namun untuk detailnya, di bawah ini ada beberapa yang akan kita ulas, hanya sebagian kecil, dengan harapan semoga bisa bermanfaat untuk meningkatkan kualitas kesehatan kita. 

Baiklah kita mulai saja satu per satu.

10 khasiat mengkudu dan cara pengolahannya

buah-mengkudu

1. Mengobati sakit perut

Serat pada mengkudu sangat berguna untuk menyehatkan dan melancarkan sistem pencernaan.

Saat mengalami gangguan dalam perut segera gunakan saja daunnya. 

Petik 2 atau 3 lembar saja dan lumatkan. Selanjutnya direbus dengan memberinya sedikit garam. Minumlah saat rebusan itu telah dingin.

2. Mengobati disentri

Menggunakan kulit batang mengkudu, ambil juga kulit akarnya, keduanya ambil masing masing 5 gram. Keringkan dahulu baru kemudian dipotong potong kecil. 

Rebuslah bahan tadi. Gunakan air 600 ml dan hentikan perebusan saat air sisa 200 ml. Dinginkan dahulu dan disaring. Rebusan itu digunakan untuk sekali minum.

3. Mengobati batuk

Setelah dicuci parutlah daging buah mengkudu sebanyak dua atau tiga buah. 

Peras dan ambil airnya. Gunakan gula batu secukupnya untuk pemanis dan minumlah sampai habis. 

Setiap hari Anda perlu dua kali menggunakan ramuan ini. 

Khasiat mengkudu yang mampu meredakan gatal sekaligus membasmi kuman pada tenggorokan ini akan membebaskan Anda dari gangguan batuk.

4. Menyehatkan kulit

Kaum wanita sebaiknya perlu untuk lebih menghargai khasiat buah mengkudu yang memiliki kemampuan mencegah keriput ini. 

Juga kemampuan anti bakterinya. Yang berkhasiat membendung kerusakan kulit yang disebabkan parasit.

 Ditambah lagi perannya yang bisa mempercepat proses penyembuhan pada luka bakar. 

Gangguan kulit lainnya seperti gatal gatal dan alergi juga bisa. Itu karena salah satu kandungannya, namanya proxeronine, yang berjasa besar dalam menormalkan sel sel kulit yang sedang terganggu kesehatan dan pertumbuhannya. 

Untuk mengatasi jerawatpun Anda bisa mengandalkan buah mengkudu ini. Juga untuk kulit bersisik. 

Yang terakhir ini penggunaannya bahkan sangat mudah, cukup dengan menggosok atau mengoleskan kulit yang bersisik itu dengan daging buahnya, biarkan selama 5 sampai 10 menit dan kemudian dibilas. Tak lama lagi kulit itu kembali normal. 

Buah mengkudu yang mampu mengatasi masalah pada kulit dan membuatnya kembali normal.

5. Menyembuhkan luka

Untuk luka tergores atau bisul cukup dengan membuat buah matangnya menjadi pasta dan ditempelkan pada yang kulit yang sakit. 

Ramuan ini juga berkhasiat menyembuhkan kurap.

6. Mengatasi demam

Pada pagi hari siapkan satu buah mengkudu ditambah sedikit kencur dan masukkan ke dalam dua gelas air yang sedang direbus. Saat airnya tinggal satu gelas tunggu hingga dingin dan diminum. 

Sorenya lakukan perebusan yang sama sekali lagi karena Anda perlu dua kali penggunaan.

7. Mengatasi hipertensi

Mengkudu berkhasiat membuat proses pelebaran pembuluh darah melalui kerja scopoletin yang terdapat pada buahnya. Proses itu membuat kerja jantung menjadi lebih ringan saat memompa darah.

Menggunakan buah mengkudu dengan dosis yang tepat dan tidak berlebihan dapat membantu penderita darah tinggi menjadi normal. 

Peraslah dua buah mengkudu matang dan ke dalam air perasan itu tambahkan madu 1 sdm. Minumlah dua kali sehari untuk menormalkan tekanan darah tinggi Anda.

8. Mengobati diabetes

Caranya cukup dengan memakan daun mengkudu, dikukus dahulu hingga layu. Ditunggu sebentar sambil ditiriskan sebelum Anda gunakan sebagai pelengkap sayuran di piring nasi Anda.

9. Menyehatkan rambut

Membuat pasta yang terdiri dari 3 buah mengkudu matang. Gunakan dengan cara melumurkannya ke sekujur kulit kepala dan biarkan meresap selama 30 menit, baru dibilas. 

Menggunakan mengkudu dengan cara seperti ini rutin tiga kali seminggu sangat ampuh untuk memberantas ketombe yang bersarang di kulit kepala Anda.

10. Menyuburkan rambut

Masih berkaitan dengan di atas buah mengkudu juga bisa digunakan sebagai bahan alami penyubur rambut Anda.

Meminum air yang berasal dari perasan dua buah mengkudu matang yang dicampur dengan 15 ml madu dan dilakukan 2 kali sehari akan membuat rambut Anda sempurna pertumbuhannya.

Sangat banyak khasiat lain dari buah mengkudu ini, mungkin tak ada habisnya jika diulas semua.

Namun harap juga tidak melupakan takaran penggunaan yang sesuai karena efek negatif dari mengkudu juga banyak.

Juga perhatikan kondisi kesehatan Anda.

Seperti penderita penyakit ginjal sebaiknya melupakan mengkudu karena zat kaliumnya sangat merugikan ginjal  Anda. Buah mengkudu juga bisa membuat fungsi hati Anda terganggu. Ibu hamil juga sangat tidak perlu menggunakan setiap bagian dari tanaman ini karena bisa membuat janinnya tidak selamat.

Dan karena semua yang tertuang dalam tulisan ini hanya sekedar informasi, sungguh bijaksana sekali jika Anda minta saran dahulu pada ahli kesehatan.

Terimakasih dan salam sehat untuk kita semua.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel