9 Khasiat Ubi Jalar Untuk Ibu Hamil

Wajar jika seorang ibu hamil harus selektif memilih nutrisinya. Karena harus selektif itu, maka wajar juga kalau ada rasa waswas dan cemas akibat susahnya menentukan makanan yang benar benar sesuai. Dan memberi manfaat untuk meningkatkan kondisi ibu hamil serta janinnya. 

Ubi jalar yang selama ini kita anggap hanya sebagai makanan selingan mungkin dapat menjadi salah satu pilihan. Ubi jalar makanan penuh nutrisi. Juga punya khasiat sebagai obat karena dia adalah anti inflasi, anti diabetes juga anti kanker. 

Bagi ibu hamil manfaatnya sungguhlah banyak dan untuk itu, di bawah ini marilah kita telusuri lebih dalam apa saja berbagai manfaat ubi jalar itu untuk ibu hamil.

Khasiat ubi jalar untuk ibu hamil :

ubi-jalar

1. Mencegah cacat pada bayi

Ini dambaan utama seorang ibu hamil. Agar calon bayinya nanti terlahir normal, sehat dan utuh jasmaninya. 

Ini ada hubungannya dengan asam folat. Itu nutrisi paling menentukan, tentang baik tidaknya pertumbuhan janin dalam kandungan. Asam folat, sangat penting untuk diperhatikan, karena seorang ibu hamil harus memiliki itu dalam tubuhnya. 

Bahkan sudah harus tersedia sebulan sebelum masa kehamilan. Dan sepanjang masa kehamilan. Agar kelahiran dengan bayi cacat dapat dapat dicegah.

Nah, untuk mencegah cacat bayi atau yang biasa disebut Spina Bifida itu, seorang ibu hamil layak mengandalkan makanan yang mengandung folat. Ubi jalar salah satunya. 

2. Membantu pertumbuhan janin 

Ketika usia janin semakin bertambah maka semakin perlu lagi calon ibu memberi nutrisi nutrisi penting. Untuk pencapaian bayinya pada pertumbuhan yang sehat. Ubi jalar mendukung  dan membuat tumbuh-kembang janin menjadi lebih terjamin. 

Vitamin A, ubi jalar adalah salah satu sumber terbaik vitamin A, yang untuk perkembangan bayi berfungsi dengan perannya membantu pertumbuhan organ bayi.

Vitamin B yang salah satu fungsinya mencegah kram kaki pada wanita hamil.

Vitamin C dengan manfaatnya yang positif dalam pembentukan sel sel darah merah.

Vitamin E yang salah satu manfaatnya menjaga janin dari gangguan sistem pernafasan dan agar tidak mengidap asma kelak setelah lahir.

Semua vitamin itu sebenarnya ada dalam bentuk suplemen. Namun yang terbaik adalah memperolehnya dari bahan alami, bukan produk olahan. Untungnya semua vitamin tadi ada tersedia pada ubi jalar. Mineral seperti zat besi, tembaga, mangan, seng, magnesium, kalium, natrium, itu juga semuanya tersedia. Dan itu baru sebagian dari kandungan penting ubi jalar untuk ibu hamil.

3. Mencegah stress ibu hamil

Menjalani hidup yang berbeda dengan rutinitas sehari hari, yang penuh dengan perubahan dan batasan batasan dapat membuat stress seorang ibu hamil. Ditambah lagi dengan perubahan hormon yang mengubah mood atau suasana hati. 

Stress itu biasa namun dampaknya serius. Salah satunya yang paling buruk adalah stress dapat menyebabkan bayi lahir lebih cepat atau kelahiran prematur. 

Ubi jalar diharapkan dapat menanggulangi itu karena kandungan magnesiumnya. Ibu hamil yang cukup dengan nutrisi magnesium akan aman dari stress. Magnesium, manfaat pentingnya untuk ibu hamil adalah mencegah kecemasan. Artinya membantu mengurangi stress.

4. Membantu perkembangan otak

Ada juga Vitamin B6 pada ubi jalar. Berkhasiat membantu perkembangan otak dengan sistem syaraf yang sehat. Memang bukan Vitamin B6 ini saja yang diperlukan untuk perkembangan otak si janin dan sistem syarafnya. Sebenarnya ada lagi satu senyawa, namanya kolin. Fungsinya sama. Dan senyawa itu sudah tersedia dalam ubi jalar.

5. Mendukung perkembangan tulang

Ubi jalar mengandung mineral yang bermanfaat untuk mendukung perkembangan janin yang seiring dalam perkembangannya akan memiliki tulang dan tulang rawan yang sehat dan prima.

6. Mencegah sembelit

Serat yang tinggi pada ubi jalar itu mampu membuat peristiwa sembelit pada ibu hamil berkurang.

7. Mengatasi anemia

Ibu hamil sangat rentan kekurangan zat besi. Imbas dari kekurangan zat besi adalah kurang darah. Disebut juga anemia. Namun kemungkinan mengidap anemia bisa dicegah, lagi lagi karena ubi jalar yang penuh khasiat ini. Ini berkat keberadaan Vitamin C pada ubi jalar. Yang membantu proses penyerapan zat besi, sebuah proses yang vital perlu untuk pembentukan sel sel darah merah.

8. Mencegah mual 

Salah memilih makanan saat masa kehamilan bisa menyebabkan mual di pagi hari. Mual pada ibu hamil, yang sering disebut sebagai morning sickness itu dapat ditanggulangi oleh ibu hamil dengan memilih ubi jalar sebagai salah satu menu makanannya.

9. Meningkatkan kekebalan tubuh

Ini mutlak perlu bagi ibu hamil. Mutlak perlu juga bagi janin. Dan ubi jalar menyediakan berbagai mineral dan vitamin sebagai anti oksidan peningkat kekebalan tubuh.

Demikian ulasan tentang betapa pentingnya khasiat ubi jalar untuk wanita hamil ini. Semoga dapat menjadi bahan pertimbangan untuk ditambahkan pada menu pelengkap ibu hamil.

Jangan lupa untuk tidak mengkonsumsi ubi jalar dalam keadaan mentah.

Semoga dapat memberi manfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel