7 Manfaat Belimbing Wuluh Untuk Kesehatan Dan Cara Pengolahannya

Jika orang mendengar kata belimbing wuluh maka yang terbersit di fikiran adalah rasanya. Sangat dan teramat asam. Saking asamnya hampir tak ada orang yang sengaja bulat bulat makan buah ini.

Ada memang belimbing wuluh yang tidak asam, rasanya segar bercampur manis, tapi itu adanya di negeri orang, jadi sebaiknya kita lupakan saja. Lagipula kita tidak sedang fokus tentang rasa buah ini. 

Yang jadi perhatian kita adalah khasiatnya untuk kesehatan dan bagaimana cara pengolahannya.

Belimbing wuluh telah lama digunakan sebagai salah satu obat tradisional. Bagian tanaman yang biasa dipakai umumnya bunga, buah dan daunnya. Digunakan untuk mengobati batuk, sariawan, maag, mengobati diabetes dan masih ada beberapa lagi, yang selanjutnya akan dijelaskan satu per satu berikut di bawah ini.

Manfaat belimbing wuluh untuk kesehatan dan cara pengolahannya

belimbing-wuluh

1. Mencegah diabetes

Belimbing wuluh bisa menekan kadar gula dara, dengan kata lain berkhasiat mencegah diabetes. 

Meminum buahnya yang telah dibuat menjadi jus sudah cukup sebagai minuman andalan Anda untuk mengurangi gula darah. Tentu saja perlu hati yang tabah dan tawakkal agar Anda berhasil meminumnya. Karena rasanya yang asam itu.

2. Mencegah obesitas

Buah belimbing wuluh memiliki zat tertentu yang khasiatnya sangat bagus untuk mencegah kenaikan bobot tubuh.

3. Mengobati wasir

Kemampuannya sebagai anti inflamasi memberi keuntungan untuk mencegah peradangan pada pembuluh darah di area anus. Bahkan mengoleskan pasta buah belimbing wuluh ini langsung ke daerah anus itu sangat berhasil mengurangi rasa nyeri.

Untuk keseharian Anda buatlah minuman teh yang terbuat dari daun tanaman ini.

4. Menyehatkan tulang

Sertakan saja buah yang sudah dikeringkan dalam makanan sehari hari Anda. Itu sangat memberi manfaat untuk membuat tulang menjadi kuat. Buah ini penuh dengan fosfor dan kalsium, bahan penting untuk pembentukan tulang yang kuat. Juga gigi yang kuat.

5. Menurunkan tekanan darah

Bagi para penderita hipertensi cobalah merebus buah belimbing wuluh ini dan minum airnya. Pembuluh darah arteri, vena dan pembuluh darah kapiler akan melebar. Berikutnya tekanan darah akan berkurang dan otot jantung menjadi rileks. Itu semua karena kerja senyawa anti oksidan yang terdapat buah super asam ini untuk menurunkan tekanan darah.

Rebuslah buahnya secukupnya dan sudahi saat airnya tinggal setengah. Bulatkan tekad untuk meminum cairan rasa asam ini saat hangat. Jangan khawatir rasa asamya sudah jauh berkurang.

6. Mengobati batuk dan pilek

Jangan juga dikesampingkan fungsi buah ini sebagai sumber Vitamin C. Salah satu perannya sebagai penjaga kekebalan tubuh. Menghadapi cuaca ektrim, mengkonsumsinya akan menjaga tubuh tetap kuat. Terhindar dari batuk dan pilek. 

Minum seduhan bunganya sudah cukup menjaga Anda dari batuk dan pilek.

7. Meredakan nyeri otot

Daunnya yang digunakan. Ditumbuk sampai halus, buat menjadi pasta dan oleskan pada otot yang sakit. Pasta itu adalah analgesik. Dan anti inflamasi ampuh yang aman.

Ramuan lain, yaitu menghaluskan daun belimbing wuluh ditambah kapur sirih juga biasa dipakai orang. Keduanya dihaluskan dan diborehkan pada otot yang nyeri.

Ini hanya sebagian kecil dari sekian banyak manfaat dan cara pengolahan buah belimbing wuluh. Namun seperti apapun cara penggunaan dan pemakaiannya harap diingat bahwa buah ini mengandung asam oksalat yang sangat tinggi. Terlalu sering mengkonsumsinya sangat merugikan buat ginjal.

Jadi penderita gangguan ginjal sebaiknya jangan mengunakan buah belimbing ini.

Semoga ulasan ini dapat memberi faedah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel