10 Manfaat Daun Sukun Dan Cara Pengolahannya

Sukun itu makanan orang di kampung, dulu tapi. Makan buah sukun tidak tidak akan menaikkan prestise karena dia bukan buah favorit. Tidak bisa menghilangkan dahaga karena karakternya dagingnya memang bukan seperti buah segar lain yang biasa kita kenal. Isi dan kandungan buahnya mirip seperti isi buah padi, bertepung dan banyak karbohidrat. Mirip juga jadinya seperti buah jagung atau umbi kentang.

Jadi terbayang rasanya bahwa tak elit kalau buah favorit Anda adalah buah sukun si kaya karbohidrat itu, bukan ?

Tapi khasiatnya, pak !

Anda makan tiga buah pisang itu nilai kaliumnya sama dengan sedang menyantap hanya secangkir sukun. Seperti kita tahu kalium kan sangat vital  perannya menjaga dan mengontrol detak jantung dan tekanan darah. Bukan itu saja, kandungan seratnya lebih banyak dari nangka. 

Vitamin C buah matang sukun lebih tinggi dari nangka. Juga mengungguli jumlah vitamin yang sama pada buah pisang.

Meski kandungan proteinnya tidak tinggi tapi sukun adalah sumbernya beberapa mineral penting seperti kalium tadi. Juga mineral lain seperti kalsium, zat besi dan lain lain.

Namun berhubung sukun adalah buah kampungan yang tidak mewah, maka tak ada salahnya kita beralih ke bagian lain dari tanaman ini. 

Kita coba simak khasiat daunnya saja. 

Daunnya telah lama dimanfaatkan sebagai bahan alami mengobati asma. Obat diabetes, rematik dan sakit punggung, demam dan diare dan masih ada lagi beberapa khasiat penting daun sukun yang selanjutnya bisa Anda simak berikut dengan cara pengolahannya di bawah ini.

Manfaat daun sukun dan cara pengolahannya

daun-sukun

Pertama tama kita buat saja daun sukun sebagai teh. 

Cara mengolahnya tidak susah, dan agar hasilnya maksimal maka lakukan saja pengolahannya seperti berikut :

- petik daun sukun 2 lembar langsung dari pohonnya, agar terjamin kesegarannya. Memetik daun sukun langsung dari pohonnya mungkin agak susah, karena di perkotaan jarang ditemukan pohon sukun. Mungkin perlu sedikit upaya, tapi pasti bisa -

- potong potong hingga halus -

- jemur di bawah panas matahari hingga kandungan airnya habis -

- rebus dengan 2 liter air, gunakan panci non aluminium -

- ketika air rebusan tinggal setengahnya tambahkan lagi seliter air hingga volume air kembali dua liter -

- teruskan perebusan lagi hingga mendidih sebentar dan matikan api -

Khasiat teh daun sukun ini sangat banyak. Beberapa khasiat penting minum teh daun suku itu antara lain :

1. Menyehatkan jantung

Kerja jantung menjadi sehat maksimal, sehingga aman dari ancaman penyakit yang berkaitan dengan jantung. Itu karena manfaat teh daun ini yang berperan sebagai sumber potasium. Potasium sangat berguna untuk pengontrol detak jantung.

2. Menurunkan tekanan darah. 

Cara lain penggunaannya juga ada, yaitu mengambil langsung dari pohonnya selembar daun yang telah tua dan kuning tapi belum kering, direbus dengan air 400 ml. Sebentar saja mendidihnya, langsung matikan api. Diminum saat sudah dingin.

3. Mencegah peradangan

Daun sukun adalah anti peradangan juga, jadi baik sekali diminum oleh pengidap rematik. Teh daun sukun juga berkhasiat melawan peradangan pada kulit.

4. Mencegah kanker

Tingginya kandungan vitamin C-nya akan menjaga setiap sel di tubuh Anda. Mencegahnya dari kerusakan, asal muasal dan pemicu kanker itu.

5. Meredakan kolesterol. 

Serat pada sukun dapat membantu meningkatnya jumlah kolesterol jahat.

6. Menyehatkan fungsi hati

Membuat organ hati Anda aman dari peradangan adalah salah satu khasiat teh tadi. 

Untuk ramuan sekali minum Anda bisa menggunakan daun tua tanaman sukun ini. Direbus hingga airnya berubah warna merah tua dan diminum setengahnya pagi dan sisanya nanti siang atau sore.

7. Mengatasi diabetes

Banyak serat pada teh daun sukun ini, serat ini memberi keuntungan lain yaitu keberhasilannya mengurangi dampak diabetes. Serat mampu menjaga tubuh untuk mengurangi penyerapan gula.

Senyawa flavonoid pada ekstrak daun sukun yang telah menjadi teh ini bersifat sebagai pengontrol kadar gula darah.

8. Mengobati asam urat

Teh daun sukun adalah diuretik yang mampu mengeluarkan asam urat dari tubuh.

9. Mengobati ginjal

Khasiat daun teh itu juga akan berhasil melarutkan batu ginjal di tubuh Anda, melarutkannya dan mengeluarkan dari tubuh lewat urine.

10. Mengatasi penyakit gatal

Pokoknya biasakanlah sajalah minum segelas teh sukun yang penuh anti oksidan ini. Diminum tiap hari dan sisanya bisa Anda simpan di lemari pendingin untuk dikonsumsi esoknya lagi. 

Karena selain untuk mendapatkan beberapa manfaat sebelumnya tadi, gatal gatal di kulit juga akan lenyap.

Rasanya daunnya memang pahit. Tak apa, namun kalau mau tambahkan saja madu sebagai pemanis.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel