3 Manfaat Penting Putri Malu Untuk Asam Urat

Tengah malam, tiba tiba jempol kaki kiri terasa sakit bukan main. Nyeri sekali. Kelihatan jempol itu kini berubah bengkak, warnanyapun kini berubah merah. Hangat bila disentuh. 

Nyeri yang datang tiba tiba itu bukan nyeri biasa. Ini sakitnya bukan main dan maunya harus diobati segera. Derita yang dibuatnya tak tertahankan bila berlama lama. Apalagi kini jempol kaki kanan mengalami hal serupa. Nyerinya sudah berlipat ganda sekarang.

Ilustrasi di atas adalah sekedar gambaran betapa tersiksanya seorang pengidap asam urat jika penyakitnya sedang kambuh. Bahkan jika sudah makin parah rasa nyeri akan menjalar ke persendian lain seperti lutut dan lengan.

Asam urat itu memang harus segera diobati karena rasa sakitnya yang bukan main itu.

Bisa menggunakan obat medis yang diberi dokter. Biasanya obatnya adalah anti inflamasi dan serangan asam urat akan reda dalam beberapa hari.

Penderita asam urat ada juga yang menggunakan obat herbal alami. Ada memang beberapa tanaman obat yang dipercaya dapat menanggulangi atau membantu meringankan atau bahkan menyembuhkan penyakit ini.

Contohnya herba daun salam, daun suruhan, daun sirsak, herba meniran, tanaman putri malu dan masih ada lagi beberapa lainnya.

Fokus pada tanaman putri malu, herba ini mengandung senyawa yang bersifat antihiperurisemia, sifat yang sama juga dimiliki oleh beberapa tanaman lain yang tadi disebut, yang antihiperurisemia itu sendiri, kita sebagai orang non ahli medis cukuplah memahaminya sebagai senyawa yang mampu membendung adanya peningkatan kadar asam urat dalam darah.

Selain senyawa yang namanya susah untuk disebut tadi tanaman putri malu yang berduri ini juga memiliki beberapa kandungan lainnya yang semuanya bermanfaat untuk mengatasi asan urat.

Manfaat putri malu untuk asam urat

putri-malu

1. Mencegah timbulnya penyakit baru

Putri malu itu salah satu penangkal radikal bebas yang ampuh. Juga putri malu ini adalah salah satu tanaman yang mengandung flovonoid dalam jumlah yang cukup. 

Ini salah satu alasan untuk sebaiknya segera menggunakan putri malu untuk meredakan asam urat. 

Bukan berarti penyakit Anda langsung sembuh, namanya juga obat herbal.

Tetapi flavonoid yang bersifat antioksidan ini akan menjaga penyakit Anda, mampu melindungi syaraf Anda dengan meringankan efek nyeri yang sakitnya sungguh mengganggu itu.  

Makin berarti tanaman ini dengan sifatnya yang  mencegah setiap sel Anda dari kerusakan. Maksudnya kerusakan baru akibat si asam urat Anda. 

Ini sangat berguna besar. Kenapa ? Kerusakan baru identik dengan penyakit baru. Nah, putri malu mencegah peluang timbulnya penyakit baru akibat komplikasi asam urat yang Anda derita itu.

2. Mencegah peradangan

Herba ini juga adalah anti radang alami. Asam fenolat yang ada padanya, jika dikonsumsi dengan cara aman akan mengamankan Anda dari gangguan nyeri sendi karena asam urat.

Untuk obat luar cobalah setiap hari gunakan pasta dari herba ini. Haluskan daun beserta bunga dan akar tanaman ini untuk membuatnya menjadi pasta.

Oleskan pada persendian yang sakit. Biarkan pasta itu meresap di situ sampai esok. 

Pasta ini sangat membantu Anda dengan manfaatnya mencegah peradangan serta meredakan rasa nyeri. Lakukan setiap hari dan jangan lupa juga untuk membersihkan pasta itu setelah Anda bangun pagi sambil bersabar karena hasil positif dari pasta ini baru Anda rasakan setelah beberapa hari.

3. Meningkatkan kualitas tidur

Begitu nyerinya jempol kaki atau persendian lain saat asam urat sedang menyerang. Sering menganggu suasana tidur kita, apalagi asam urat justru sering kambuh di malam hari, saat suhu udara sedang dingin dinginnya.

Gunakanlah putri malu untuk membuat Anda yang hidup bersama asam urat itu memiliki suasana tidur yang lebih lelap. Itu salah satu upaya mencegah serangan kejam dari asam urat ini.

Daunnya yang Anda gunakan, hancurkan hingga halus, campur air sedikit hingga menjadi pasta. Tuangi dengan air panas. 

Minumlah setiap malam menjelang tidur. Setelah dua minggu akan tiba saatnya buat Anda untuk memiliki tidur yang indah.

Demikianlah uraian tentang tiga manfaat penting putri malu untuk asam urat yang diharapkan dapat memberi faedah dan meringankan penyakit Anda. Perlu memang kesabaran dan ketabahan untuk mengatasi asam urat yang kapan kumatnya tidak bisa kita duga ini.

Bisa saja penyakit ini kambuh suatu saat dan saat kita terlena karena sekian lama tidak kumat, malah saat tidur asam urat tiba tiba berulah dan membuat kita kelabakan menahan sakit.

Namun sekali lagi, sabar dan tabahlah. 

Semoga tulisan ini dapat membantu.

Terimakasih dan salam sehat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel