10 Cara Mengolah Daun Sendok Untuk Kesehatan

Suatu benda atau materi yang susah untuk didapatkan atau diperoleh biasanya harganya cenderung mahal. Susah didapatkan, mungkin karena langka atau berada di tempat yang jauh.

Atau mungkin juga karena benda itu adalah benda yang diidamkan banyak orang. Semakin diidamkan pasti semakin mahal.

Beda dengan sesuatu yang gampang untuk dimiliki, ini biasanya bernilai ekonomis rendah. Murah, bahkan mungkin disepelekan dan tak laku dijual.

Contohnya daun sendok, tanaman ini tumbuh dan terdapat dimana-mana, di segala benua, di hampir segenap penjuru bumi ini. Dia ada di setiap daerah dengan segala macam iklim. 

Di segala daerah dengan beraneka kesibukan, bahkan di jalan setapak yang setiap saat diinjak kaki manusia tanaman ini masih saja tetap hidup. Ini adalah tanaman mungil yang perkasa tapi tidak menarik, apalagi tingginya cuma 15 centi.

Hanya satu hal yang harus kita hargai pada tanaman ini.

Punya banyak khasiat.

Mengobati batuk, luka bakar, radang tenggorokan, sakit gigi, menyehatkan kulit dan masih banyak lagi. Cara mengolahnyapun tidak sulit, takkan menyita banyak waktu.

Selanjutnya inilah beberapa ulasannya. 

Cara mengolah daun sendok untuk kesehatan

 daun-sendok  

1. Menyembuhkan luka

Banyak tanaman herbal yang dapat digunakan untuk menyembuhkan luka. Termasuk daun sendok ini. Tapi khusus daun sendok, tanaman ini berhasil membuat luka sembuh lebih cepat.

Allantoin, itu adalah nama salah satu senyawa yang tersedia pada daun sendok. Khasiat utamanya mampu merangsang pertumbuhan sel sel baru pada area luka, ini yang membuat kenapa luka sembuh lebih cepat.

Masih dibantu lagi oleh satu kandungan lain pada daun ini, yaitu tanin, ini adalah anti inflamasi yang berkhasiat membuat jaringan kulit di sekitar luka menyusut lebih cepat sehingga luka menjadi menutup dan jaringan di sekitarnya kembali menyatu. 

Jadi gunakanlah daun sendok ini untuk mempercepat sembuhnya luka di kulit Anda.

Untuk mengobati luka bakar Anda hanya perlu mengambil daunnya, cuci dan haluskan. Peras untuk mengambil airnya dan gunakan sebagai obat kompres.

2. Meredakan sakit gigi

Cara mengolah dan cara menggunakannya, pertama tama keringkan dahulu daun akar sendok. Setelah kering gunakan akar ini untuk dioleskan pada gigi yang sakit.

Atau menggunakan akar segarnya, gigi yang sakit tadi Anda paksa mengunyah akar segar itu, tentu saja setelah Anda bersihkan terlebih dahulu.

3. Menyembuhkan batuk

Daun sendok akan melindungi selaput lendir pada saluran pernafasan Anda. Mencegah terjadinya iritasi akibat batuk yang Anda derita.

Batuk Anda akan menuju kesembuhan jika iritasi pada tenggorokan Anda bisa diatasi. Bahkan batuk berdarahpun dapat diatasi berkat penggunaan tanaman serbaguna ini.

Caranya gunakan seluruh herba ini sebanyak 60 gram, siram dengan air bersih hingga semuanya terendam, masukkan juga gula batu dengan berat setengah dari herba tadi. Masaklah dengan cara di-tim selama seperempat jam. Setelah selesai tunggu sebentar agar panasnya turun menjadi hangat dan diminum.

4. Mengatasi sakit akibat gigitan serangga

Khasiat terkait akibat gigitan serangga, daun sendok yang anti bakteri dan anti mikroba ini akan menjaga luka gigitan aman dari infeksi.

Anti inflamasinya akan meredakan gatal dan nyeri yang terjadi. Juga rasa panas yang bisa saja Anda alami akibat gigitan serangga tertentu.

Buatlah ramuan seperti berikut ini, daun tanaman ini Anda rendam dulu menggunakan air panas, setelah air berubah warna gunakan air rendaman ini, oleskan pada luka gigitan serangga itu dan tak lama kemudian khasiatnya seperti yang disebut tadi akan terbukti.

Luka tergores perlu diobati segera, terutama untuk menghentikan pendarahan.

Haluskan daun sendok yang masih segar, peras dan minumlah 1 gelas air perasan itu agar tidak lama lagi pendarahan di luka Anda berhenti.

5. Mengatasi gangguan pada kulit 

Gangguan pada kulit sudah diulas tadi, dan ini masih terkait dengan gangguan lain pada kulit.

Seperti wajah yang berjerawat, luka bakar karena terbakar api atau sinar mentari, lecet lecet, luka karena gatal dan garukan Anda, 

Semua luka tadi yang dapat mengakibatkan kulit jadi bengkak dapat Anda sembuhkan menggunakan herba daun sendok.

Buatlah jus dari perasan daun sendok. Gunakan jus ini untuk obat oles pada luka tersebut.

6. Mengatasi gangguan saluran kemih

Daun sendok dapat meredakan peradangan yang terjadi pada saluran kemih, begitu manfaatnya untuk membantu Anda mengatasi masalah ini.

Keringkan dulu daun sendok, gunakan sebanyak 6 gram dan seduh seperti Anda sedang membuat teh.

Minumlah setiap hari sampai sakit Anda sembuh.

Ramuan uni juga berkhasiat mengatasi peradangan pada saluran pencernaan Anda.

7. Mengobati diare

Masih ada khasiat lain dari daun sendok. Sifatnya yang mampu mengecilkan selaput lendir pada usus membuat daun sendok berkhasiat pengontrol gerakan usus sehingga bisa membuat diare reda.

Rebuslah sekitar 30 gram daun herba ini, gunakan 600 ml air dan setelah mendidih hingga airnya tinggal 200 ml, minumlah masing masing setengah pada pagi dan sore hari.

8. Menghentikan keinginan merokok

Terutama Anda pecandu rokok, jika berniat ingin menghentikan kebiasaan tak sehat ini, manfaatkan saja daun sendok yang banyak gunanya ini.

Minumlah rebusan akar tumbuhan ini secara rutin, lama kelamaan akan timbul keengganan untuk untuk menyentuh rokok, apalagi untuk menyulutnya.

9. Merangsang pertumbuhan gigi bayi

Ekstrak daunnya adalah obat kumur, dapat mengobati radang yang terjadi pada gusi sekaligus menguatkannya. Mengobati sariawan dan iritasi pada tenggorokan. 

Dan satu lagi, daun segarnya dimasak, dikonsumsi oleh bayi, itu akan merangsang pertumbuhan giginya yang bisa saja terlambat yang mungkin bisa juga terjadi pada bayi Anda.

10. Membantu menurunkan berat badan

Khasiatnya yang anti kolesterol, dengan dampaknya yang mampu membuat efek kenyang. Ini yang membuat daun sendok bisa Anda gunakan sebagai salah satu menu diet Anda menuju pencapaian berat badan ideal, terhindar dari obesitas yang dapat mengundang penyakit lain itu. 

Masih ditambah lagi dengan khasiatnya sebagai pengontrol tubuh dari kelebihan air, maka semakin lengkaplah daun sendok sebagai salah satu kelengkapan diet Anda.

Demikianlah sekedar ulasan tentang cara mengolah daun sendok untuk kesehatan ini, semoga ada faedahnya dan dapat digunakan bilamana perlu.

Tak lupa salam sehat untuk Anda semua.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel