Khasiat Daun Ketumbar Untuk Kesehatan

Tanaman ketumbar, semua bagian tanaman ini bisa dimakan. Tetapi yang umum dipakai adalah biji dan daunnya. Biasanya untuk kelengkapan pada masakan.

Tetapi ketumbar juga dikenal karena manfaatnya sebagai tanaman obat. Konon pengguaannya bahkan semenjak lima ribu tahun sebelum masehi yang lalu.

Kalau ditilik dari betapa begitu lamanya penggunaan ketumbar untuk pengobatan, rasanya sudah tidak perlu lagi kita meragukan khasiat  ketumbar.

Memang analisa ilmiah telah banyak membuktikan hal ini.

Contohnya saja daun ketumbar, daun ini telah terbukti menunjukkan khasiatnya untuk mengatasi gangguan penyakit berkat kandungan kandungan yang terdapat pada daun ini.

Apa saja khasiatnya untuk kesehatan dan bagaimana itu bisa terjadi, baiklah kita lanjut saja untuk mengikuti penjelasan di bawah ini.

Khasiat Daun Ketumbar Untuk Kesehatan

daun-ketumbar

1. Mengatasi peradangan

Dua gangguan kesehatan yang bisa menimpa saja pada saat ini adalah gangguan karena peradangan seperti artritik dan rematik. 

Daun ketumbar mengandung bermacam macam minyak essensil dan sejumlah senyawa asam. 

Salah satunya adalah asam askorbat. Bersama dengan senyawa cineole dan asam linoleat, sejumlah kandungan itu menjadi sangat berkhasiat karena sifatnya yang antirematik dan antiartritik.

Cineole adalah anti inflamasi sekaligus obat penenang, asam linoleat berkhasiat untuk mencegah kerusakan sel. Keduanya terdapat pada daun yang beraroma segar ini.

Karena memiliki bahan sebagai pencegah peradangan yang ampuh maka tak salah kalau ketumbar effisien digunakan untuk mengatasi gangguan yang terjadi akibat peradangan atau pembengkakan.

Lumatkan sejumlah daun ketumbar segar. Gunakan 2 sdt air mawar untuk mengaduk daun ketumbar yang sudah halus tadi. Aduk hingga menjadi pasta.

Oleskan pada sendi Anda yang sedang nyeri karena peradangan itu dan tak lama lagi khasiatnya akan Anda rasakan.

Ada satu lagi cara yang lebih praktis, yaitu mengeringkan daunnya lalu tumbuk hingga halus seperti bubuk. Taburkan saja secukupnya pada hidangan yang Anda makan sehari-hari.

2. Anti mikroba

Anti mikroba, anti septik dan antijamur. Daun ketumbar memiliki ketiga sifat ini. Pakailah obat kumur ketumbar untuk melenyapkan ketidaknyamanan pada rongga mulut Anda yang disebabkan oleh mikroba, contohnya sariawan. 

Sariawan dan mikroba penyebabnya yaitu jamur candida akan dibasmi oleh daun ini. Gunakan dengan cara berkumur, ini juga akan melenyapkan bau mulut Anda.

Siapkanlah obat kumur tadi dengan cara merendam daun ketumbar dan daun mimba selama satu malam. Gunakan esoknya untuk berkumur tiga kali sehari.

3. Mengatasi kulit kering

Masalah gangguan pada kulit berupa kulit kering bisa dibuat normal kembali oleh daun tumbuhan rempah yang kaya manfaat ini.

Pakailah sebagai obat oles. 

Cara membuat ramuannya mirip dengan nomor 1 di atas. Bedanya, air mawarnya Anda tambah menjadi 2 sdm.

4. Mencegah alzheimer

Mengkonsumsi daun dengan kandungan vitamin K ini berkhasiat mencegah rusaknya syaraf. Kerusakan syaraf adalah pemicu utama penyakit Alzheimer.

5. Antibiotik

Faktor adanya senyawa antibiotik pada daun ketumbar telah membuatnya sebagai obat herbal yang mumpuni. Kehandalan daun ketumbar sebagai antibiotik tak perlu diragukan. Ada kandungannya yang bernama dodecenal yang disebut sebut sebagai antibiotik super ampuh

6. Anti kanker

Daun ketumbar penuh dengan anti oksidan seperti beta katoten. Bersama asam caffeic, quercetin, ferulic dan kaemferold yang semuanya itu adalah anti oksidan yang sangat handal sebagai zat pembasmi kanker. Apalagi masih dilengkapi lagi oleh kandungan vitamin E dan vitamin C yang juga bersifat anti oksidan pada daun ketumbar.

7. Meredakan tekanan darah tinggi

Orang yang mengkonsumsi daun yang juga penyedap rasa ini akan tercegah dari kemungkinan serangan darah tinggi yang dampaknya bisa mematikan itu. 

Berikut beberapa kandungan daun tanaman obat yang berkhasiat mencegah darah tinggi ini. Antara lain kandungan ion kalsium yang gunanya menekan naiknya tekanan darah.

Itu berkhasiat untuk mengurangi kemungkinan terjadinya darah tinggi yang erat hubungannya dengan serangan jantung dan stoke itu.

8. Menurunkan kolesterol

Banyak zat asam pada daun yang sudah terkenal sejak ribuan tahun lalu ini. Semuanya adalah pencegah peningkatan kadar kolesterol pada pembuluh darah arteri dan pembuluh darah vena. Bukan cuma itu daun ketumbar bahkan berkhasiat meningkatkan kadar kolesterol-baik (HDL) yang berfungsi untuk melawan dan mencegah terjadinya penyakit kardiovaskuler lain.

9. Mengatasi gangguan pencernaan

Karena mengandung sejumlah enzim yang dapat membantu masalah pencernaan, daun rempah untuk dapur ini memberi manfaat yang berguna pada gangguan yang dapat menimbulkan diare.

Daun ketumbar mampu mencegah mual, muntah dan sakut perut seperti diare.

10. Mencegah batu ginjal

Daun ketumbar memang daun sejuta manfaat. Khasiatnya juga efektif untuk mencegah batu ginjal karena daun tanaman yang berasal dari italia ini adalah diuretik alami, membersihkan saluran kemih dan melancarkan buang air kecil. 

Khasiat lain daun ini selain diuretik adalah membersihkan ginjal.

Tak terhingga khasiat daun yang hampir selalu dibutuhkan oleh para koki ini. Selain beberapa khasiat di atas, daun yang juga mengandung vitamin K ini mampu mencegah terjadinya penggumpalan darah. Vitamin K juga berkhasiat untuk menyehatkan tulang. 

Mengkonsumsi daun ketumbar, ini berarti sel darah merah Anda akan dibersihkan. 

Sehingga penyakit anemia dapat dicegah. 

Bakteri penyebab bau badan juga akan dibasmi oleh daun yang anti mikroba ini. 

Kandungan berbagai jenis senyawa asamnya memberi khasiat untuk wanita. 

Yaitu mengurangi nyeri haid. Mengontrol siklus menstruasi.

Dan disebut juga bahwa anti oksidannya sanggup menjaga mata tetap sehat sehingga terhindar dari penyakit.

Lepas dari semua khasiat di atas, konsumsilah daun ketumbar. Di saar Anda sehatpun.

Khasiat utamanya adalah menjaga kekebalan tubuh.

Demikian beberapa khasiat daun ketumbar untuk kesehatan ini, semoga bisa memberi hasil positif untuk kesehatan.

Salam sehat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel