9 Khasiat Tanaman Balik Angin

Tanaman balik angin adalah tumbuhan yang langka dan terancam punah. Pohon yang biasanya tumbuh sendirian di antara semak semak itu, memiliki pertumbuhan yang lambat, namun seiring berlanjutnya usia, tinggi  pohon ini bisa mencapai 25 m. 

Sudah susah menemukan pohon yang setinggi itu terkait dengan langkanya tanaman ini sekarang. 

Padahal tanaman balik angin punya ketangguhan tersendiri. Sanggup hidup di segala suhu dan iklim. Tetap bisa tumbuh pada tanah yang tidak subur, di tanah liat atau tanah berbatu karang umpamanya. 

Ada satu keistimewaan yang membuat tanaman ini terkenal. Yaitu pemanfaatannya sebagai alat pewarna. 

Tanaman ini telah sejak dahulu kala diandalkan, termasuk oleh orang Indonesia yang menggunakannya sebagai pewarna kuning untuk busana batik. Pewarna oranye pada jubah para biksu di Cina. Warna merah pada dahi wanita Hindu, tanda bahwa dia sudah menikah juga menggunakan zat warna yang berasal dari tanaman balik angin.

Kegunaannya sebagai tanaman obat juga telah lama diketahui. 

Berbagai sumber ada yang menyebut sejak tiga ribu tahun yang lalu.

Apakah benar begitu ?

Bisa jadi, sebab manfaat tumbuhan ini sebagai obat herbal memanglah sungguh banyak. 

Coba kita simak apa saja aktivitas biologi tanaman ini yang membuatnya sedemikian sehingga mempunyai banyak khasiat untuk kesehatan.

Pertama tama aktivitas dan sifatnya sebagai anthelmintik.

Kemudian antibakteri, antijamur, antiparasit dan anti virus.

Anti oksidan.

Anti tuberklosis.

Analgesik dan anti inflamasi.

Bersama dengan sifatnya yang lain, pantaslah tanaman ini disebut sangat menjanjikan untuk dimanfaatkan sebagai bahan alami untuk meningkatkan kesehatan.

Apa saja khasiat serta cara menggunakannya baiklah kita simak saja beberapa uraiannya di bawah ini.

Khasiat tanaman balik angin

tanaman-balik-angin

1. Membasmi parasit pada usus

Adanya kandungan yang bersifat antelmintik atau anti parasit pada kulit buah tanaman ini membuat balik angin aman digunakan untuk membasmi gangguan parasit pada tubuh. 

Semakin ampuh lagi khasiatnya berkat sifat tanaman ini yang antifilaria, yaitu keampuhannya yang selain memberantas cacing juga menghambat pertumbuhannya di dalam usus sehingga bebas dari cacing.

2. Meredakan tuberklosis

Khasiat tanaman ini sebagai tanaman tradisional untuk tbc sudah tak perlu diragukan lagi. Sebab berbagai bukti ilmiah telah mengakui hal ini.

Tbc adalah penyakit menular yang menyebabkan sekitar dua juta kematian setiap tahun.

Akhir akhir ini bahkan telah timbul bakteri strain baru penyebab tbc yang lebih tahan. Lebih sanggup melawan obat obatan medis. 

Itu sebabnya orang lebih melirik penggunaan obat tradisional sebagai pengganti obat medis buatan pabrik.

Tanaman balik angin diketahui potensial melawan tbc berkat kandungan etanolnya yang telah terbukti ampuh sebagai anti tbc.

3. Mengobati sakit karena gigitan serangga

Meskipun serangga adalah makhluk kecil namun dalam kontaknya dengan manusia mereka sering menimbulkan masalah, terutama karena sengatannya. Dampaknya bermacam macam mulai dari yang ringan tak terlihat hingga serius bahkan bisa mengancam jiwa.

Menggunakan daunnya yang dilumat dan dioleskan pada kulit yang tersengat berkhasiat untuk mengurangi sakit karena gigitan serangga.

4. Mengobati penyakit kulit

Minyak tanaman balik angin juga adalah anti jamur dan anti parasit yang handal untuk membasmi parasit penyebab kutu air, kurap serta gangguan kulit lainnya yang tsrutama disebabkan oleh jamur. 

Minyak ini bahkan sangat andal untuk mengobati luka atau penyakit kulit yang tidak dapat disembuhkan oleh obat lain.

5. Sebagai alat Keluarga Berencana

Tanaman balik angin bersifat antifertilitas dan ini berguna untuk suami istri dalam kaitannya dengan program keluarga berencana dengan manfaatnya yang mampu memperjarang kehamilan.

Akarnya diparut kemudian dikunyah bersama daun sirih, itu berkhasiat sebagai alat kontrasepsi.

6. Menyembuhkan luka

Masih ada lagi khasiat lain dari tanaman ini yaitu selain anti bakteri tanaman balik angin terkenal dengan sifatnya yang hemostatik atau dapat menghentikan pendarahan. 

Biasanya yang digunakan adalah bijinya yang ditumbuk halus.

7. Pencahar

Daun dan kulit batangnya digunakan untuk mengatasi sembelit.

Atau biji keringnya dibuat bubuk dimasukkan ke dalam setengah cangkir susu diminum tiga kali sehari. Paling lama dua hari maka sembelit akan reda.

8. Anti kanker

Anti leukemia atau anti kanker darah adalah manfaat lain dari tanaman ini. Akarnya berkhasiat untuk menghalangi perkembangan sel leukemia dalam tubuh manusia.

9. Mengobati flu dan batuk

Daun dan bunganya memiliki khasiat sebagai peredam atau penghilang rasa sakit. 

Efek samping hampir tidak ada dengan catatan digunakan dengan takaran yang sesuai. Namun penggunaan dengan dosis besar dapat menimbulkan kolik, kram, diare dan mual.

Selain khasiat di atas, kayu pohon balik angin cocok digunakan sebagai bahan untuk dibuat menjadi perkakas pertukangan. 

Daunnya juga aman diberikan pada ternak dan minyak bijinya bisa diolah sebagai bahan pewarna alami untuk cat, pewarna makanan dan minuman, selain untuk pakaian seperti yang sudah disebut tadi di awal tulisan ini. 

Dan terakhir ampas bijinya dapat digunakan sebagai pupuk.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel