Manfaat Bunga Widuri Sebagai Obat Herbal

Salah satu cara aman meningkatkan kesehatan adalah menggunakan tanaman obat. Alasannya, efek sampingnya lebih sedikit dibanding menggunakan obat obatan produksi pabrik farmasi. 

Boleh jadi itu benar. Namun bisa juga salah. Karena salah makan atau salah mengkonsumsi herba tanaman obat bisa saja mengakibatkan efek serius. Apalagi jika tanaman obat yang dipakai ternyata adalah juga tanaman beracun. Konsekwensi penggunaan tanaman obat seperti itu justru bisa merugikan buat kesehatan.

Salah satu tanaman obat yang juga beracun yang jadi topik kita kali ini adalah tanaman bunga widuri.

Seluruh bagian dari herba ini memang beracun, bahkan mungkin para nenek moyang kita juga telah mengetahui itu, mereka telah lama menggunakannya untuk racun panah. 

Racun tumbuhan ini terdapat pada getahnya, yang salah satu efeknya bisa membuat kehilangan penglihatan bila terkena mata. 

Meski dikenal beracun, tanaman ini telah lama dikenal sebagai tanaman obat yang dapat mengobati demam, batuk dan pilek. Gangguan pencernaan seperti mual, muntah atau diare juga dapat disembuhkannya. Juga gangguan yang terjadi pada kulit seperti eksim dan lain lain. Masih ada berbagai penyakit lain yang bisa diatasi dengan menggunakan bunga widuri, yang nanti sedikit banyak akan diulas di bagian berikut tulisan ini.

Seluruh herba ini jika telah dikeringkan adalah obat yang baik. Kulit akarnya berkhasiat sebagai penurun panas, anti cacing dan pelega tenggorokan dari lendir.

Khasiat tumbuhan bunga widuri memang banyak. Bunganya bermanfaat untuk meredakan gangguan pencernaan, astringen dan tonik.

Dan masih banyak lagi yang lain.

Baiklah kita simak saja sejauh mana manfaat bunga widuri ini sebagai obat.

Manfaat bunga widuri sebagai obat herbal

bunga-widuri

1. Menyembuhkan sakit perut

Antara lain sakit perut kronis yang biasanya disertai dengan diare kronis. Juga bermanfaat untuk mengatasi sembelit.

2. Mengatasi gangguan pada kulit

Tumbuhan ini sangat berperan besar dengan manfaatnya yang dapat membantu percepatan sembuhnya luka pada kulit.

Menggunakan getah bunga widuri sebagai obat luar ampuh untuk menghentikan pendarahan pada luka.

Juga untuk gangguan lain seperti meredakan nyeri rasa panas akibat luka bakar atau karena sengatan serangga.

Getah ini juga berkhasiat mengobati penyakit kulit seperti kurap, bisul, kudis.

Getahnya dicampur dengan kunyit, gunakan sebagai obat oles untuk menyembuhkan bisul.

Untuk kudis, 80 gram daun segar widuri dicuci dulu menggunakan air matang, selanjutnya dilayukan di atas api kecil kemudian dihaluskan. Dicampur dengan 1/4 sdt kapur sirih dan keduanya diaduk rata. Ramuan ini digunakan sebagai obat oles untuk menyembuhkan penyakit kudis.

Untuk gatal gatal di kulit cara penggunaannya bisa menggunakan daunnya, dilayukan dahulu di atas api kecil untuk kemudian daun itu dibalutkan pada area yang gatal.

Mengoleskan daunnya yang terlebih dahulu dikunyah dan dioles dapat mengurangi sakit pada kulit yang luka karena gigitan ular.

3. Meredakan asam urat dan rematik

Salah satu khasiat tanaman yang bersifat anti inflamasi ini adalah manfaatnya untuk meredakan nyeri sendi karena asam urat atau rematik. Daunnya dilayukan di atas api dan ketika masih panas atau hangat langsung dioleskan pada sendi yang nyeri.

4. Meredakan sakit gigi

Getah daun widuri juga dapat meredakan sakit gigi, cukup dengan cara mengoleskan getahnya pada bagian gusi gigi yang sakit itu.

5. Mengobati radang lambung

Menggunakan bunga segarnya sekitar 25 gram, direbus dengan 600 ml air, rebus dan saat mendidihnya tak perlu lama, ketika air sudah berkurang 50 ml matikan api.

Bagi tiga ramuan itu untuk tiga kali minum.

6. Meredakan asma

Menggunakan kulit tanaman ini untuk meredakan asma dapat memberi manfaat karena kulit itu memiliki sifat sebagai ekspektoran alami.

Caranya dengan membakar dan menghirup asap yang keluar dari kulit daun widuri itu.

7. Membersihkan tenggorokan

Bunga widuri mampu membersihkan lendir  yang mengganggu di tenggorokan sekaligus meredakan batuk.

Kali ini yang digunakan adalah bunganya, gunakan sekitar 0,1 gram bunga keringnya, direbus dengan air tiga gelas sampai mendidih dan air tinggal menjadi sepertiganya. Minumlah ramuan ini untuk mengeluarkan dahak yang bersarang di tenggorokan dan menyembuhkan batuk Anda.

Menggunakan bunga widuri sebagai bahan obat bisa efektif jika digunakan dalam dosis aman. Dengan dosis tinggi bisa berbahaya, sesuai dengan status bunga widuri sebagai tanaman beracun.

Salah satu dampak negatif yang paling serius jika digunakan berlebihan adalah gangguan fungsi jantung. Ini perlu jadi perhatian khusus karena dapat mengancam jiwa.

Efek negatif lain bisa berupa muntah dan diare.

Ibu hamil dan menyusui sangat tidak aman menggunakan tanaman ini.

Bijaksanalah memakainya agar manfaat yang Anda peroleh tidak melenceng dari tujuan.

Salah satu langkah terbaik juga adalah minta saran dari ahli medis.

Salam sehat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel