6 Cara Mengatasi Mulut Kering Secara Alami

Apapun jenisnya, setiap orang bisa pasti pernah mengalami gangguan kesehatan. Atau penyakit. Bisa penyakit ringan bisa juga yang berat. Yang ringan boleh jadi tak ditanggapi serius karena nanti juga akan pulih sendiri. Ada pula yang serius yang membuat khawatir karena bisa mematikan.

Pada hakekatnya penyakit apapun itu bisa dicegah atau disembuhkan dengan cara paling utama, yaitu mengatasi penyebabnya. Penyebabnya yang paling mendasar, yang paling utama. Bisa satu bisa beberapa.

Termasuk gangguan kesehatan berupa mulut kering. Salah satu penyebab utamanya adalah fungsi kelenjar ludah yang tidak bekerja sebagaimana mestinya.

Berikut di bawah ini ada uraian tentang beberapa cara mengatasi mulut kering secara alami yang mungkin perlu untuk sekadar diketahui atau siapa tahu juga perlu digunakan untuk meningkatkan kesehatan.

Cara Mengatasi Mulut Kering Secara Alamisakit-mulut-kering

1. Membuat obat kumur

Dari berbagai literatur telah kita ketahui bersama bahwa penyebab utama mulut kering adalah kelenjar ludah tidak bekerja sebagaimana harusnya.

Kondisi ini biasa terjadi pada para perokok atau pecandu alkohol. Orang yang sedang menjalani pengobatan medis, atau kalangan yang menyalahgunaan obat obatan juga rentan mengalami mulut kering.

Untuk kondisi khusus, mulut kering juga kerap terjadi pada orang yang imunitasnya rendah.

Salah satu cara alami mengatasi mulut kering yang juga bisa memicu penyakit susulan seperti infeksi dan sakit gigi ini adalah obat kumur. 

Selain Anda bisa memperolehnya di apotik, berikut ini ada cara yang bisa Anda terapkan di rumah untuk membuat sendiri obat kumur bebas-alkohol Anda.

Salah satu bahan utamanya adalah soda kue. Soda kue berkhasiat membantu kondisi mulut yang asam pada mulut yang membuat mulut menjadi kering.

Pada 1/2 liter air masukkan soda kue dan garam masing masing 1/2 sdt.

Ramuan itu Anda gunakan secukupnya untuk berkumur saat mulut terasa kering. Simpan sisanya untuk digunakan setiap tiga jam. 

Perlu diingat untuk tidak menyimpannya pada lemari pendingin agar khasiatnya tidak berkurang.

2. Mengunyah permen karet tanpa gula

Bukti ilmiah tentang cara penggunaan yang satu ini. Namun langkah ini dipandang efektif dan bermanfaat.

 Zat yang terkandung pada permen membantu melindungi dan melapisi lidah, mulut juga tenggorokan sehingga mulut tetap dalam kondisi lembab.

3. Menggunakan minyak goreng

Menggunakan minyak goreng, hanya beberapa sendok saja, dikumur pelan dan dibiarkan berada dalam mulut selama 10-15 menit.

Minyak goreng berguna melapisi mulut dan bintik bintik pada lidah atau bibir yang yang kena iritasi serta menjaga mulut tetap lembab.

4. Mengunyah biji adas

Ini berkhasiat ganda, pertama untuk mengobati mulut kering Anda dan kedua rasa aromatiknya menghilangkan bau mulut yang terjadi akibat gangguan mulut kering itu sendiri.

Kandungan flavonoid pada biji adas yang berperan di sini, dengan kemampuannya merangsang air liur yang sangat membantu mengatasi masalah pada mulut kering Anda.

Sangrai atau panggang biji adas dan biji fenugreek, (fenugreek adalah nama kerennya, orang kita menyebutnya klabet) dalam jumlah sama banyak, lalu haluskan sambil tambah garam sedikit. Dimakan 1/2 sdt setiap selesai makan.

Mengunyah biji adas beberapa kali sehari juga akan memberi hasil yang sama.

Baca juga : Manfaat Penting Daun Adas Dan Cara Mengolahnya

5. Minyak biji anggur

Anggur yang bersifat sebagai pelembab ini akan melapisi mulut sehingga kelembabannya tetap terjaga. Khasiat dari minyak ini juga menyembuhkan luka di mulut jika ada.

Tetesi jari Anda dengan minyak ini dan oleskan pada lidah serta bagian dalam pipi.

Biarkan begitu lalu Anda pergi tidur dan esok hari mulut dibilas pakai air hangat.

6. Kapulaga

Ini juga pelembab alami dan mengunyah satu buah kapulaga setiap selesai makan akan membuat mulut tetap lembab.

Atau setengah sendok teh bubuk rempah ini direndam dalam satu gelas air hangat selama 10 menit untuk diminum.

Penderita mulut kering umumnya mengalami gangguan yang sangat tak nyaman saat makan dan menelan. 

Jadi menjaga kelembaban mulut adalah salah satu upaya mencegahnya.

Jadi bilamana perlu, di manapun Anda berada siapkan air minum, sesiap mungkin. Tidak apa apa jika Anda harus membawa botol air minum agar setiap saat bisa meneguk air.

Juga permen karet, kunyahlah setiap saat untuk merangsang kelenjar ludah. Makanlah permen karet yang tanpa pemanis agar gigi Anda aman dari kerusakan apalagi mulut kering Anda itu cenderung bisa mengganggu kesehatan gigi. 

Minuman Anda juga sebaiknya tidak mengandung kafein, jadi sebaiknya konsumsi saja air bening.

Makanan yang bersifat lunak sebaiknya diutamakan.

Demikian sekedar berbagi info tentang cara mengatasi mulut kering secara alami ini. Semoga ada faedah yang dapat diperoleh, setidaknya bisa disampaikan pada orang yang  membutuhkan.

Terimakasih dan salam sehat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel