4 Manfaat Kulit Telur Dan Cara Mengolahnya

Ada dua jenis hewan. Masing masing namanya ayam dan luak. Dua hewan ini tidak berteman terkait status mereka sebagai pemangsa dan termangsa. Namun keduanya dibutuhkan oleh manusia. Apa alasannya ?

Ayam bolehlah memang dibutuhkan, tapi luak ?

Coba simak apa yang keluar dari anus mereka. Luak kalau e'ek sering mengeluarkan biji kopi dari anusnya, ayam selain kotoran juga mengeluarkan telur dari anus, atau tepatnya dari kloakanya. 

Biji kopi dan telur ini yang dibutuhkan manusia.

Penikmat kopi pasti tahu keunggulan kopi asli dari anus luak. Tak usah lagi kita analisa tentang itu.

Ibu rumahtangga biasanya selalu punya telur di dapurnya. Gampang dan praktis mengolahnya. Tinggal prak, . . pecahkan kulitnya, tuang isinya ke penggorengan berisi minyak panas dan buang kulitnya ke keranjang sampah.

Meski sama sama berasal dari anus, nasib biji kopi dan kulit telur memang berbeda.

Biji kopi luak setelah diolah nanti akan jadi minuman kopi unggulan. Kulit telur setelah diolah, wah . .bagaimana mau diolah ? Kan sudah dibuang.

Rupanya kulit telur ada manfaatnya ?

Ada.

Langsung saja simak dahulu di bawah ini, nanti Anda akan faham sendiri betapa bergunanya kulit telur yang selama ini dibuang percuma itu.

Manfaat Kulit Telur Serta Cara Mengolahnya

kulit-telur

1. Membuat kulit wajah lebih halus

Memiliki wajah dengan kulit halus bercahaya adalah sebuah karunia. Saat masih bayi kulit wajah kita memang seperti itu. Namun lambat laun banyak orang dewasa mengeluh tentang kondisi kulit wajahnya.

Anda bisa memanfaatkan kulit telur yang kaya kalsium ini untuk membuat tampilan kulit wajah menjadi lebih halus dan bercahaya. 

Buatlah pasta dengan bahan: 1 sdt bubuk kulit telur dan madu murni secukupnya. 

Olesi sekujur wajah dengan pasta itu, tunggu dan biarkan sampai benar benar mengering di wajah. Lalu dibilas dan saat itu juga Anda akan merasakan bukti dan khasiat pasta kulit telur ini.

Untuk membuat bubuk kulit telur Anda harus menggunakan kulit telur yang sudah steril, Anda haluskan, bisa dengan cara ditumbuk, menggunakan mixer juga bisa. Kulit telur yang steril bisa berasal dari telur yang sudah direbus. Anda ambil kulitnya, jangan lagi dibuang seperti biasa.

Jika cangkang telurnya berasal dari telur mentah Anda harus merebusnya dahulu.

Setidaknya sepuluh menit. Itu sudah menjadi jaminan untuk membuatnya menjadi steril, bebas dari segala mikroba, bebas dari bakteri apapun. 

Bubuk telur ini bisa dibuat dalam jumlah banyak untuk digunakan di lain hari, Anda simpan dalam wadah tertutup, tidak kena udara agar khasiatnya tetap terjamin.

2. Membuat gigi putih berseri

Kulit telur memberi manfaat penting pada gigi, kandungan kalium serta mineral mineralnya berperan penting menyehatkan gigi.

Buatlah pasta gigi yang terdiri dari satu sendok teh bubuk kulit telur, soda kue secukupnya diaduk dengan minyak kelapa hingga menjadi pasta. 

Pasta gigi ini sangat berkhasiat untuk melenyapkan karang gigi. Plak yang membuat gigi nampak kusam juga akan sirna. Dan itu semua memberi hasil positif untuk membantu pertumbuhan gigi.

Jika rutin menggunakan pasta buatan sendiri ini sekali seminggu maka tak lama lagi Anda akan memiliki deretan gigi yang putih berseri.

3. Membuat rambut lebih berkilau

Oleskan pasta bubuk kulit telur campur susu kental ke seluruh rambut dan biarkan 1/4 jam, baru dibilas.

Jenis susu yang digunakan adalah susu dadih, itu adalah susu yang terbuat atau berasal dari olahan hewan kerbau, agak padat dan menggumpal. Mencampurkannya pada bubuk telur akan membuatnya menjadi pasta yang pekat.

4. Menguatkan kuku

Kuku adalah salah satu bagian penting yang termasuk mendapat perhatian serius, terutama oleh kaum hawa. Jika tampilannya kurang meyakinkan,  itu bisa mengurangi rasa percaya diri. Seperti kuku yang tingkat pertumbuhannya sangat lambat. Ditambah lagi dengan kondisi yang mudah patah.

Bubuk kulit telur dengan kandungan kalsium dan mineral ini bisa Anda andalkan untuk mengatasi masalah di atas, dengan cara mencampurkannya sedikit pada cat kuku yang biasa Anda pakai. 

Jadi cat kuku yang Anda miliki kini sudah berfungsi ganda. Untuk membuat kuku menjadi indah. Sekaligus kuat.

Demikianlah uraian tentang manfaat kulit telur untuk kesehatan beserta cara mengolahnya yang ternyata begitu berkhasiat terutama untuk kulit, gigi, rambut dan kuku.

Semoga dapat memberi faedah, setidaknya untuk sekedar menambah pengetahuan. Masih banyak memang bahan lain yang memiliki manfaat dan khasiat yang sama untuk hal hal yang berhubungan dengan topik di atas.

Terimakasih dan salam sehat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel