8 Cara Menyuburkan Rambut Secara Alami

Rambut yang rapi, halus lembut dan indah adalah idaman. Betapa tidak, karena rambut adalah lambang kepribadian. Rambut adalah mahkota . Mahkota kemuliaan yang takkan pernah Anda copot.

Semakin cantik rambut semakin tinggi kepercayaan diri. Itu salah satu penyebab mengapa begitu penting untuk mengetahui bagaimana cara merawat mahkota itu.

Termasuk bagaimana cara untuk menyuburkan rambut secara alami, seperti yang tertuang berikut di bawah ini.

Cara Menyuburkan Rambut Secara Alami

rambut-subur

1. Minyak zaitun

Minyak zaitun adalah minyak legenda. Bahkan sejak pertama kali berlangsungnya  Olimpiade, yaitu pada 776 sebelum masehi. Saat itu minyak zaitun telah digunakan sebagai minyak urut untuk para atlet yang habis bertanding. 

Sebagai minyak urut, itu hanya salah satu faedah minyak zaitun, dan manfaatnya sebagai penyubur rambut adalah yang paling fenomenal. Tak ada seorangpun yang meragukan khasiat minyak ini.

Setetes minyak zaitun sudah cukup untuk membuat lembab rambut yang kering dan rapuh, ujung rambut bercabang menjadi rambut yang lembut teratur, membasmi ketombe dan masih banyak lagi khasiat minyak zaitun untuk rambut, yang semuanya berguna untuk mengatasi kekurangan yang dialami rambut.

Cukup mengolesi rambut dengan minyak zaitun, kulit kepala dipijat pijat dan membiarkannya sekitar seperempat jam agar menyerap ke segenap kulit. Kemudian dibilas. 

Itu sudah cukup untuk memberi nutrisi penting pada rambut Anda. Dilakukan secara rutin, mungkin setiap seminggu sekali, atau setiap dua minggu agar kesehatan rambut tetap terjaga.

2. Minyak zaitun dengan kuning telur

Minyak zaitun dan kuning telur adalah dua bahan yang memiliki khasiat yang relatif sama untuk kesuburan rambut. 

Protein pada kuning telur membuat akar rambut jadi kuat, melembutkan kutikula dan mengkilapkan setiap helai rambut. Minyak zaitun juga memiliki kandungan dan manfaat sama dan menggabungkan keduanya akan memberi khasiat yang saling melengkapi. 

Keduanya akan memulihkan rambut yang rapuh, rentan akan kerusakan menjadi rambut lembut yang mudah diatur.

3. Sage

Manfaatkanlah daun sage, cukup dengan penggunaan sekali seminggu. Tidak hanya untuk memicu kesuburan rambut. Tapi juga untuk mencegah rambut rontok.

Sage adalah salah satu bahan obat tradisional yang memiliki khasiat  beragam termasuk menguatkan dan menyuburkan rambut.

Tanaman bernama latin salvia officinalis ini mampu meningkatkan peredaran darah pada kulit kepala, termasuk pada pori tempat tumbuhnya rambut.

Untuk membuat rambut tumbuh subur dan berkilau, siapkan  1 sdt daun sage kering, siram dengan air mendidih, tutup dan biarkan tiga menit, baru disaring. 

Air itu digunakan untuk keramas.

4. Minyak almond

Banyak sekali khasiat minyak almond untuk kesuburan rambut. Minyak yang penuh nutrisi ini mampu mencegah ujung rambut yang bercabang, mencegah rambut rontok, yang dengan sendirinya juga akan membuat rambut tumbuh subur.

Olesi minyak almond ke sekujur rambut di kepala. Lakukan pemijatan. Setelah minyak almond merata di kepala, rambut dibiarkan selama satu jam. Baru dibilas. 

Perawatan ini dilakukan dua kali seminggu.

5. Jus wortel

Wortel memberi manfaat besar untuk menyuburkan rambutl. Kandungannya  terdiri dari vitamin penting yang mutlak dibutuhkan untuk kesuburan rambut.

Vitamin A, B, C dan vitamin A lengkap ada pada wortel. 

Semua itu ditambah beberapa mineral, yang juga berkhasiat menyehatkan kulit di kepala dan mencegah ketombe. Masih ditambah lagi dengan bukti ilmiah yang menyebutkan bahwa jus wortel juga bisa menambah kekuatan rambut dan membuatnya lebih tebal.

Basahi rambut Anda dengan jus wortel, biarkan selama 20 menit setelah itu rambut dibilas.

Nanti setelah rambut kering, hasilnya akan terlihat. Rambut lebih halus dan lembut. Lebih berkilau.

6. Rumput laut

Semua rumput laut, terserah yang berwarna merah atau coklat, atau hijau itu memberi manfaat yang sama untuk kesuburan rambut.

Rumput laut yang kaya Omega-3 itu adalah penyumbang pupuk yang handal buat rambut. Dia mencukupi pori tempat tumbuh rambut dengan nutrisi yang sesuai.

Seorang yang mengandalkan rumput laut untuk kesuburan rambutnya akan memiliki peluang yang lebih kecil untuk mengalami gangguan berupa rambut kering, apalagi rambut rontok. 

7. Minyak ikan

Ini satu lagi suplemen yang kaya  Omega-3 selain rumput laut tadi. Memberi khasiat yang sama juga.

Mengoleskan minyak ikan pada rambut akan membuat penggunanya memiliki rambut yang lebih sehat, berkilau dan memiliki peningkatan dalam hal kesuburannya.

Meski tidak terlalu serius, satu hal yang menjadi kekurangan minyak ikan adalah aromanya. Banyak orang menghindari pengunaan minyak ini karena tidak suka dengan baunya.

8. Minyak ginseng

Ginseng juga memiliki khasiat yang sama seperti beberapa bahan lain yang sudah disebut di atas. Ginseng membantu menyuburkan  rambut berkat kerjanya memaksimalkan folikel atau temoat tum tumbuhnya rambut.

Oleskan minyak ginseng secukupnya, oleskan ke rambut hingga menuentuh kulit kepala. Dipijat pijat perlahan, kemudian ditunggu satu jam sebelum akhirnya dibilas.

Dilakukan setidaknya dua kali seminggu.

Selain 8 cara di atas beberapa langkah lain juga harus dilakukan untuk membantu mencapai hasil maksimal.

Minum banyak air contohnya. 

Ini langkah sederhana memang, tapi kita sering abai padahal minum banyak air memberi bantuan besar untuk kesuburan rambut.

Beberapa suplement juga perlu, untuk memenuhi kecukupan vitamin seperti vitamin A, B, B3, B7 atau vitamin H, C.

Terimakasih.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel