10 Manfaat Daun Pisang Untuk Kesehatan Tubuh

Dulu daun pisang biasa dipakai sebagai pembungkus jenis makanan seperti nasi atau kue. Tidak seperti sekarang menggunakan plastik atau kertas pembungkus. Meski itu sudah ketinggalan jaman, namun ada sedikit nilai-lebih jika makanan itu dibungkus menggunakan daun pisang.

Selain tampilannya lebih indah dipandang, rasa makanannya juga jadi bertambah enak. Aroma wangi yang khas yang berasal dari daun pembungkus itu yang menjadi penambah rasa.

Orang berusia paruh baya apalagi yang berusia lebih tua pasti setuju dengan pendapat di atas. Memang tidak ada bukti otentik tentang kandungan mana dari daun pisang itu yang membuat hal ini terjadi, yang jelas itu adalah salah satu di antara banyak manfaat daun pisang.

Dan di bawah ini adalah uraian tentang manfaat lain dari daun pisang, yang bukan lagi sebagai bahan pembungkus tapi untuk kesehatan tubuh.

Manfaat Daun Pisang Untuk Kesehatan Tubuh

daun-pisang

1. Meningkatkan imunitas

Air rebusan daun pisang kering adalah salah satu ramuan alami yang berkhasiat untuk meningkatkan imunitas.

Mungkin timbul tanda tanya bagi yang belum pernah mendengar tentang khasiat air rebusan daun pisang ini. Apa benar daun pisang kering, yang biasanya dibuang itu, bisa meningkatkan kekebalan tubuh ? 

Ada senyawa pada daun pisang yang membuat daun pisang bisa berkhasiat begitu. Senyawa itu, namanya allantoin, sakah satu khasiatnya bisa mempercepat sembuhnya luka. 

Allantoin inilah yang berperan untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

2. Penyembuh luka dan iritasi kulit

Daun pisang yang segar.Jika daunnya dilumatkan dalam lumpang kayu, setelah halus ditempelkan dan dibalurkan pada area kulit yang luka. Begitu penggunaan obat luar tradisional daun pisang  untuk penyembuh luka kulit. 

Jangan lupa untuk mengganti ramuan itu setiap 4 jam agar lebih efisien.

3. Antioksidan

Senyawa antioksidan pada daun pisang yang bernama polifenol ini bertugas untuk melawan radikal bebas, penyebab berbagai gangguan kesehatan pada tubuh manusia.

Kita bisa memanfaatkan dan mengolahnya dengan membuat teh daun pisang dan diminum  1 sampai 3 kali sehari. Contohnya untuk mengatasi gangguan kesehatan yang bersifat mikro inflamasi, seperti ateroskloresis atau penyempitan pembuluh darah.   Mencegah pikun dan alzheimer. Serta bermanfaat sebagai pencegah tumor atau kanker.

4. Meredakan masalah pernafasan

Seperti sakit tenggorokan yang disebabkan oleh virus.

Minumlah air rebusan daun pisang. Lambat laun rasa nyeri saat menelan atau minum akan reda berkat air rebusan itu. Anda minum minimal sekali sehari dan bila perlu bisa diulang beberapa kali lagi.

5. Penurun suhu saat demam

Daun pisang juga bermanfaat menekan rasa tidak nyaman saat kita menderita sesuatu.Terutama saat demam.

Minum air rebusan daun pisang  3 kalu sehari sangat berkhasiat menurunkan suhu tubuh saat demam.

6. Menghentikan pendarahan

Ini berkaitan juga dengan sifat astringem daun pisang.  Yang berkhasiat mengatasi adalah disentri allantoin dan poliferol, yaitu dua di antara sekian kandungan daun pisang, rebusan daun pisang itu juga yang dikonsumsi setidaknya sekali sehari.

Menghentikan pendarahan di hidung, dihaluskan dahulu baru ditaruh pada bagian dalam rongga hidung yang mengeluarkan darah itu.

7. Menjaga kesehatan kulit

Hanya dengan menghaluskan daun pisang, bisa Anda tumbuk di lumpang kayu. Setelah dicampur dengan minyak kelapa daun ini dibalurkan pada sekujur badan. Termasuk wajah. Khasiatnya melembabkan kulit. Mencegah penuaan kulit sebelum waktunya. Memulihkan kulit terbakar sinar matahari. Membantu mengurangi jerawat serta menyembuhkan eksim.

Untuk kulit terbakar sinar matahari, rendam dahulu daunnya menggunakan air dingin kemudian dioleskan pada kulit yang cedera.

Baca juga : Selain Daun Pisang Ini Obat Alami Ampuh Untuk Kulit Terbakar Sinar Matahari

Baca juga : 5 Cara Mudah Mengobati Kulit Yang Biduran Dengan Kunyit

Juga bisa mengatasi gangguan kulit yang rentan terjadi pada bayi. Caranya dengan membuat ramuan yang terdiri dari daun pisang lumat, minyak zaitun dan lilin lebah.

8. Mengatasi gigitan serangga

Daun pisang adalah juga obat alami yang dapat menetralisir racun akibat gigitan serangga beracun  seperti laba laba atau lebah. Ramuan daun pisang dioleskan pada kulit maka bisa racun serangga akan berangsur reda.

Senyawa allantolin mampu menyegarkan lapisan sel kulit mati sekaligus memperbaruinya.

9. Menurunkan gula darah

Pengidap diabetes dapat terbantu meringankan masalahnya dengan memanfaatkan daun pisang karena khasiatnya yang bisa menurunkan kadar gula darah.

Buatlah minum teh dari daun pisang untuk minuman sehari hari sembari makan wortel, selada atau apel untuk menambah khasiat teh daun pisang tadi.

10. Menambah stamina tubuh

Ramuan apapun yang Anda pilih di atas cobalah lengkapi dengan rutin minum teh daun pisang setiap hari. 

Tambahkan bubuk jahe dan sedikit madu. Ini adalah minuman penambah energi alami. Untuk menjaga stamina menghadapi aktifitas sehari-hari.

Baca juga :  Beberapa faedah luar biasa yang diperoleh jika setiap hari makan pisang

Demikianlah topik tentang 10 manfaat daun pisang untuk kesehatan tubuh, semoga ada faedah yang dapat dipetik dari ulasan ini.

Terimakasih. 

Horas dan salam sehat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel