12 Manfaat Jeringau Untuk Kesehatan

Jeringau adalah tumbuhan yang hidup berdampingan dengan sejumlah gulma air, di sekitar kolam, di pinggir sawah, rawa rawa atau danau.

Jeringau yang biasa disebut juga dlingo ini hidup menyebar di daerah tropis meski ada beberapa varietasnya yang hidup di daerah beriklim sedang.

Akar atau rimpangnya mengandung tepung, setelah dicuci bisa dimakan seperti halnya umbi talas. 

Sesungguhnya itu bukan akar, tetapi adalah batangnya juga, yang posisinya melintang rebah dan terletak menyentuh tanah.

Batang ini, selanjutnya kita sebut juga akar, adalah bagian yang biasa dipergunakan sebagai obat, baik secara eksternal maupun untuk diminum setelah melalui pengolahan.

Sangat banyak manfaat akar ini untuk kesehatan dan beberapa di antaranya akan diulas, seperti  berikut di bawah ini.

Manfaat Jeringau Untuk Kesehatan

jeringau

1.Sembelit dan sakit perut

Perut kembung adalah salah satu gangguan yang terjadi pada sistem pencernaan. Dan meredakan perut kembung beserta gangguan yang lain seperti maag ataupun tukak lambung adalah sebagian dari sekian banyak khasiat jeringau.

Pemanfaatannya dengan menggunakan rimpang tumbuhan ini. 

Dibakar lalu dihaluskan. Dicampurkan ke dalam minyak kelapa secukupnya sampai menjadi pasta.

Pasta ini dioles pada perut yang sakit. 

Untuk sakit perut seperti diare dan disentri biasanya melalui pembuatan jeringau dengan cara diseduh untuk diminum.

2. Pilek dan batuk

Seperti cara di atas jeringau diolah dulu menjadi pasta dan dIcampur madu, ini obat manjur terutama untuk meredakan pilek dan batuk yang terjadi terutama pada bayi sedang menyusui

Bubuk ini dioleskan pada puting susu ibunya agar bisa diminum berikut bersama ASI.

Jeringau juga bersifat antipasmodik, jadi bubuk itu juga berguna untuk mengatasi batuk parah seperti batuk rejan

3. Bronkitis

Jeringau dapat diandalkan untuk pengobatan asma karena kemampuan tanaman ini membersihkan dahak yang mengganggu saluran pernafasan.

Setelah dipanggang di atas api jeringau dibuat menjadi bubuk. 

Ambil sedikit bubuk ini untuk dicampurkan pada madu dan kemudian diminum.

4. Sakit gigi

Akar jeringau bisa meredakan sakit gigi. karena manfaatnya yang seperti obat bius. Akar dikunyah kunyah, itu sudah cukup untuk melenyapkan rasa nyeri karena sakit gigi.

5. Gangguan pencernaan

Untuk anak anak yang riskan akan gangguan parasit seperti cacing usus jeringau ini sangat membantu. Bubuk rimpangnya bisa dicampurkan pada makanan mereka.

6. Sariawan

Ini adalah gangguan yang masih berkaitan dengan ganguan pencernaan, yaitu sariawan. Lapisan kasar yang terjadi pada permukaan  lidah bisa diobati dan akan lenyap dengan menggosokkan jeringau ini pada lidah.

Aroma tak sedap yang memancar dari mulut, jika ada, akan lenyap.

7. Meredakan kecemasan

Jeringau memiliki senyawa yang  bernama asarone, itu adalah kandungan yang bersifat sebagai obat penenang dan pereda rasa sakit. 

8. Penyakit kulit

Pada penyakit eksternal pada kulit seperti eksim, kurap ataupun kudis jeringau adalah desinfektan alami. Mampu membasmi parasit dan bakteri penyebab sakit kulit tersebut.

9. Digigit serangga

Karena bersifat antitoksik mengoleskan bubuk jeringau juga bisa meredakan nyeri akibat gigitan serangga.

10. Meredakan nyeri sendi

Rimpang jeringau diiris iris dan ditumbuk halus, baru dipanaskan sebentar. Ramuan ini berguna untuk meredakan rasa nyeri akibat peradangan berkat khadiatnya yang mampu melancarkan peredaran darah.

11. Menghilangkan kecanduan rokok

Orang yang mengunyah akar jeringau akan merasakan efek lanjutan yang sangat menguntungkan. Betapa tidak, efek itu adalah timbulnya rasa tidak suka terhadap tembakau. Tidak suka pada rokok. Seorang pecandu yang berhasrat berhenti merokok sebaiknyalah segera memanfaatkan khasiat khusus jeringau ini.

12. Mengatasi susah tidur

Tumbuhan yang bersifat sedatif yaitu bisa membuat otot dan fikiran menjadi relaks ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi masalah insomnia atau susah tidur.

Bahwa jeringau memiliki banyak khasiat untuk kesehatan, itu sudah tak perlu diragukan. Tumbuhan ini telah lama dikenal sebagai tanaman obat. 

Meskipun bisa dimakan sangat tidak disarankan jika digunakan dalam keadaan segar apalagi untuk anak anak.

Bagi ibu hamil jeringau sangat tidak aman. 

Sebaiknya penggunaannya dihentikan saat penyakit sudah sembuh. Karena beberapa resiko bisa terjadi akibat penggunaan yang berlebihan.

Seperti menurunnya tekanan darah dan menambah kondisi semakin buruk pada orang yang bermasalah dengan jantungnya lebih lebih lagi pada orang yang mengidap tekanan darah rendah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel