7 Cara Menghilangkan Gatal Digigit Nyamuk

Setiap makhluk hidup butuh makanan. Termasuk nyamuk, yang makanannya adalah darah. Saat nyamuk ini lapar dia akan mencari mangsa atau korban. Biasanya manusia. 

Dia akan mengeluarkan belalainya, tentu saja belalai mungil, untuk menembus pori di kulit Anda. Menusuk sampai pembuluh darah. Melalui belalai ini nyamuk menghisap darah korbannya. Orang yang darahnya sedang dihisap itu biasa disebut sebagai orang yang sedang digigit nyamuk. 

Biasanya ini menimbulkan rasa gatal di kulit. Bagi mereka yang mengalami reaksi ringan akibat gigitan nyamuk mungkin tidak terlalu jadi masalah. Beda dengan orang yang alergi rasa gatal ini sangat tak nyaman bahkan membuat jengkel. 

Di bawah ini ada beberapa cara untuk menanggulangi rasa gatal tersebut, mungkin perlu untuk Anda simak, siapa tahu berguna dan penting bagi Anda.

Cara Menghilangkan Gatal Digigit Nyamuk

digigit-nyamuk

1.Daun sendok

Tak perlu diragukan lagi tentang banyaknya khasiat daun sendok untuk kesehatan. Mampu mengatasi berbagai macam gangguan atau penyakit. Termasuk gangguan gatal karena digigit nyamuk.

Pilihlah daun langsung dari pohon semak ini. Anda pastikan juga dahulu bahwa tanaman itu belum pernah kena semprotan pestisida atau bahan beracun lainnya.

Menggunakan daun segar tanaman daun sendok dilumatkan dulu, untuk kemudian ditempelkan pada area kulit yang digigit nyamuk, itu sangat berkhasiat untuk meredakan gatal.

Baca juga : Cara Mengolah Daun Sendok Termasuk Untuk Mengatasi Gigitan Serangga

2. Cuka sari apel

Cuka sari apel juga mampu meredakan rasa gatal yang berasal dari kulit yang teriritasi karena gigitan nyamuk. Bahan penyebab gatal ini akan keluar dari kulit sehingga rasa gatal akan reda. 

Segera olesi kulit yang terkena gigitan itu dengan cairan cuka ini untuk mencegah rasa gatal.

Atau buatlah pasta dari campuran cuka sari apel dengan 1 sdt tepung jagung( bisa diganti dengan tepung soda kue). Obati kulit Anda seperti cara nomor 1 di atas, Tunggu sampai rasa gatal tidak ada lagi dan kemudian kulit dibilas.

3. Es batu

Menggosokkan es batu pada kulit mencegah pembengkakan. Juga akan membuat kulit mati rasa. Pembuluh darah jadi menyempit lalu rasa gatal karena gigitan nyamuk akan terhenti. Usahakan untuk tetap menggosok gosok es batu pada kulit. Agar es batu berpindah terus. Agar tidak merusak kulit jika berada lama di satu tempat di kulit Anda.

4. Daun mint

Untuk praktisnya bisa menggunakan minyak essensil daun mint, bisa dicampurkan pada minyak wijen, dan digunakan sebagai obat oles pada kulit yang terkena luka gigitan nyamuk. Mentol pada daun mint akan berfungsi meningkatkan dan memacu aliran darah 

termasuk pada luka gigitan tadi. Sekaligus membuat kulit tidak sakit dan gatal karena dinginnya  mentol akan menenangkan kulit.

Jika tidak punya minyak essensil daun mint Anda bisa langsung menghaluskan daunnya, dicampur tepung maizena sehingga menjadi pasta.

Pasta ini yang Anda gunakan untuk menutup luka bekas gigitan nyamuk itu.

5. Kemangi

Tidak jauh beda dengan daun mint kemangi juga mampu memberi efek menenangkan pada kulit yang teriritasi. Jika daun mint memiliki senyawa kimia bernama mentol, kemangi memiliki kamper.. Mentol dan kamper ini khasiatnya sama untuk kulit yang terkena gigitan nyamuk.

Rebuslah daun kemangi segar yang sudah dicincang halus, setelah mendidih dan didinginkan gunakan air ini untuk dioleskan pada luka kulit bekas gigitan nyamuk itu.

Bisa digunakan saat air rebusan masih hangat atau ketika sudah dingin.

6. Kulit pisang dan mentimun

Gosokkan bagian dalam kulit pisang pada kulit yang tergigit dan tak seberapa lama rasa gatal akan reda dan  lenyap. Kenapa bisa begitu ?

Itu karena minyak alami yang terdapat pada kulit pisang itu.

Untuk membuat ramuan yang terdiri dari kulit pisang dan mentimun cukup dengan cara menghaluskan kedua bahan itu secukupnya, dibuat menjadi pasta.

Pasta ini dioles pada kulit yang bermasalah dan dibiarkan hingga setengah jam kemudian dibilas.

Mentimun dengan khasiatnya yang menenangkan akan membantu kulit pisang yang anti inflamasi itu, sehingga kombinasi keduanya akan membuat kerja ramuan ini menjadi lebih efektif.

7. Pasta gigi

Pasta gigi juga memiliki kandungan rasa mentol yang punya khasiat  membantu melawan rasa gatal, persis seperti daun mint. Sifat pasta gigi yang astringen juga memberi khasiat tambahan sebagai pencegah terjadinya pembengkakan.

Demikianlah sedikit ulasan tentang bagaimana cara menghilangkan gatal akibat digigit nyamuk, semoga dapat memberi faedah. Perlu juga untuk sekedar diketahui bahwa gatal yang terjadi pada kulit itu sebenarnya bukan terjadi karena racun yang bersumber dari nyamuk.

Gatal itu terjadi akibat reaksi tubuh terhadap senyawa yang terdapat pada air liur nyamuk. Reaksi tubuh, yang akhirnya merangsang tubuh mengeluarkan senyawa histamin. Inilah yang menyebabkan rasa gatal.

Itu sebabnya 7 cara menghilangkan gatal akibat gigitan nyamuk ramuan yang tersebut di atas kerjanya hanya untuk meredakan rasa gatal yang diakibatkan oleh tubuh kita sendiri.

Terimakasih.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel