10 Cara Mengobati Luka Bakar Melepuh Secara Alami

Luka bakar melepuh bisa terjadi pada siapa saja. Anak anak bisa orang dewasa juga bisa. Sebabnya  karena terkena benda panas yang tidak selalu oleh api.

Kulit di betis Anda bisa melepuh, tak sengaja menyenggol knalpot panas. Ibu rumah tangga yang asyik dan pandangannya fokus pada acara  sinetron tanpa sadar tangannya tiba tiba menyentuh setrika yang panas. Dan masih banyak penyebab lainnya.

Luka bakar menyakitkan itu perlu diobati dan di bawah ini ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan agar dampaknya segera hilang sehingga aktivitas Anda tidak terganggu.

Cara Mengobati Luka Bakar Melepuh Secara Alami

kulit-melepuh


1. Siram menggunakan air dingin

Saat naas itu terjadi dan Anda mengalami luka bakar, tindakan pertama Anda adalah menemukan air. Bagian tubuh yang terbakar taruh dan dibiarkan berada di bawah air yang mengalir setidaknya 20 menit. Tindakan ini berguna untuk meredakan nyeri serta bengkak. 

Penggunaan es sangat tidak dianjurkan. Apalagi jika Anda mengolesnya dengan salep atau lotion, itu malah membuat panas terkonsentrasi pada kulit melepuh itu. 

Kalau ada pakailah krim anti biotik.

2. Membersihkan luka

Bebaskan area kulit melepuh itu dari pakaian yang menempel, yang ikut terbakar, jika ada. 

Agar tidak infeksi segera tutupi luka  dengan bahan pakaian yang tidak berbulu. 

Jangan sekalipun menyentuh luka itu dengan tangan. Termasuk ketika Anda membersihkan luka itu dengan sabun anti bakteri.

3. Madu

Ini langkah lanjut setelah luka Anda dibersihkan dengan sabun anti bakteri. Mengoleskan madu pada luka. Ini akan membuat luka semakin steril dan semakin bebas dari bakteri. Rasa nyeri juga akan berkurang. Karena efek madu yang berkhasiat menjaga kulit tetap lembab tidak tegang. 

Ada juga manfaat lain jika kulit senantiasa lembab dan tidak tegang. Antara lain meningkatkan percepatan sembuhnya luka.

4. Cuka campur air

Pada umumnya luka kulit yang melepuh akan sembuh dalam 10 sampai 12 hari. Itu jika lukanya ringan. Walau begitu Anda bisa mengusahakannya agar lebih cepat sembuh.

-buatlah ramuan yang terdiri dari cuka dan air, dengan perbandingan masing masing sama banyak-

Oleskan ramuan itu pada luka melepuh itu dua kali setiap hari.

5. Minyak zaitun

Walaupun membuat rasa tak nyaman, wujud kulit yang berubah menjadi melepuh itu sebenarnya ada juga gunanya. Cairan dalam kantong melepuh itu berfungsi membuat batas untuk melindungi kulit yang cedera bakar itu. 

Jadi sebaiknya kulit melepuh itu tidak usah dipecahkan. Dibiarkan saja. Lebih baik merasa sedikit tak nyaman dari pada kulit itu terbuka dan selanjutnya terkontaminasi.

-campurkan minyak zaitun dengan soda kue, gunakan ramuan itu untuk menutupi kulit yang melepuh tadi-

Ini untuk mengurangi rasa nyeri.

Namun sekedar pertimbangan, telah banyak pihak yang menyarankan agar tidak menggunakan bahan berminyak untuk mengatasi luka bakar, tentu saja minyak zaitun termasuk di dalamnya. 

Jadi kalau mau mencoba menggunakan minyak zaitun sebaiknya dimulai dengan jumlah seminimal mungkin.

6. Bidara upas

Keistimewaan bidara upas(merremia mammosa) untuk luka bakar adalah merangsang pertumbuhan kulit baru. Ampuh menghilangkan bekas luka yang terdapat pada kulit termasuk pada kulit bekas melepuh.

Yang dipakai untuk obat luka bakar adalah umbi segarnya. Diparut dahulu baru diborehkan pada luka.

Bisa juga meminum air rebusannya dan untuk obat luar bisa membuat pasta dari bubuknya dicampur air.

7. Blustru

Rebuslah daun atau akar tumbuhan blustru (luffa aegyptiaca) ini secukupnya.

Baca juga : 

Khasiat Blustru Untuk Kesehatan Yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Air rebusannya digunakan untuk mencuci area luka kulit yang terbakar.

8. Calincing

Tanaman yang tumbuhnya merayap ini adalah anti radang.

Daunnya direbus sampai airnya mendidih. Air itu digunakan untuk membersihkan luka terbakar dan melepuh. Selain bermanfaat membuat luka jadi steril, calincing (oxalis corniculata) ini juga berkhasiat meredakan rasa nyeri.

9. Lidah buaya

Ini obat herbal paling menyembuhkan untuk mengobati luka bakar melepuh. Hanya dengan mengoleskan gel dari daunnya, manfaatnya sebagai pelembab akan terasa. 

Rasa panas di kulit langsung reda. Berganti dengan sensasi dingin yang menyejukkan Sifat pereda nyerinya sungguh spontan bereaksi.

10. Daun kompri

Manfaat tumbuhan kompri atau comfrey untuk mengatasi masalah pada kulit adalah membantu menyembuhkan luka lebih cepat, termasuk luka kulit terbakar dan melepuh.

Meski tidak begitu populer sebagai obat untuk luka bakar dan melepuh, tetapi banyak juga orang yang menggunakan daun kompri ini. 

Sayang sekali saya tidak menemukan data lengkap terpecaya tentang cara pengunaannya. Namun biasanya digunakan sebagai obat luar.

Baca juga : 

10 Obat Alami Ampuh Untuk Kulit Terbakar Sinar Matahari

Demikianlah sedikit ulasan mengenai cara mengobati luka bakar melepuh secara alami ini, semoga apa yang tertuang di sini ada gunanya.

Patut juga diingat bahwa ini hanya untuk mengobati luka bakar tingkat pertama yang bisa Anda tangani sendiri di rumah.  

Untuk tingkat yang lebih parah Anda harus minta penanganan dari dokter.

Terimakasih, salam sehat.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel