10 Manfaat Labu Kuning Dan Efek Sampingnya

Dari berbagai literatur dapat diketahui bahwa buah labu telah dipergunakan sebagai obat sejak zaman dahulu, sejak ribuan tahun lalu. Salah satunya oleh bangsa atau suku Maya, suku yang dikenal memiliki peradaban tinggi pada masanya. Prioritas mereka makan labu kuning adalah sebagai obat. 

Untuk berbagai penyakit. Untuk memperpanjang usia. Agar sanggup menghadapi musim dingin juga.  Itu sudah merupakan bukti bahwa labu kuning mampu meningkatkan tingkat kesehatan

Walaupun tak dipungkiri bahwa labu kuning ini juga memiliki efek samping, yang jelas sekarang ini pemakaian labu kuning sebagai obat alami telah menyebar kemana-mana. 

Apa saja manfaat dan efek samping labu kuning itu untuk kesehatan ?

Berikut ini beberapa di antaranya :

Manfaat Labu Kuning Dan Efek Sampingnya

labu-kuning

1.Membantu menurunkan berat badan

Labu kuning memang tidak populer dan tidak begitu dianggap sebagai salah satu menu diet. Padahal buah ini kaya kandungan serat. Kita tahu serat sangat dibutuhkan untuk membuat rasa kenyang. Rasa kenyang mencegah selera makan. 

Baca juga : 

7 Rempah Rempah Yang Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan Anda

Makan buah labu membuat Anda terbantu untuk mencegah bertambahnya berat badan berkat efek rasa kenyang.

2. Mengobati dan mencegah peradangan

Sendi yang meradang sangat menyakitkan. Untuk mengerakkan saja Anda harus merasakan nyeri yang seolah tak berujung. Ini adalah penyakit yang berawal dari sejumlah vitamin yang tidak cukup tersedia dalam tubuh. Didukung pula dengan kekurangan mineral.

Labu kuning itu anti inflamasi alami. Ahli medis telah mengakui bahwa labu kuning adalah nutrisi kaya protein. Yang salah satu manfaatnya membantu meredakan peradangan, contohnya rematik.

Baca juga : 

Khasiat Daun Encok Untuk Mengatasi Rematik

Selain mengatasi peradangan, biji labu ini juga mengatasi badan Anda yang lemah tak berenergi.

Baca juga : 

10 Obat Alami Letih Lesu Yang Mudah Diolah

Memulihkan tenaga Anda yang terkuras. Yang lesu dan lemah.

3. Menyehatkan mata

Ini gangguan yang secara alami sering terjadi pada manula. Yaitu mata yang fungsinya mulai berkurang. Yang bahkan bisa berakibat pada kebutaan. 

Dua bahan penting yang sangat dibutuhkan untuk membuat mata tetap prima adalah lutein dan zeaxanthin. Keduanya tersedia lengkap dalam labu kuning ini.

4. Mencegah diabetes

Buah labu berkhasiat untuk penderita diabetes.Buah yang memiliki kandungan air lebih dari sembilan puluh persen ini juga rendah kalori. Ini yang membuatnya aman dikonsumsi untuk mendukung kadar gula tetap dalam kadar yang terkontrol. Ditambah lagi oleh kadar glikemiknya yang rendah. Itu semua bermanfaat untuk mencegah gula darah Anda melonjak. Yang tidak akan menimbulkan reaksi atau komplikasi berbahaya.

5. Mengobati masalah saluran kemih

Masalah yang sering menimpa kaum usia lanjut. Ada baiknya Anda mencoba beralih untuk menggunakan buah labu ini untuk meringankan keluhan Anda.

6. Meningkatkan kesuburan

Salah satu dampak dari tubuh yang kekurangan unsur seng adalah tingkat kesuburan yang menurun. Kualitas sperma yang merosot pada pria dapat dicegah oleh labu kuning ini.

7. Menyehatkan mata

Satu lagi gangguan yang secara alami sering terjadi pada manula. Mata yang tidak sehat cenderung mengurangi fungsinya bahkan bisa berakibat pada kebutaan. 

Dua bahan penting yang sangat dibutuhkan untuk membuat mata tetap prima adalah lutein dan zeaxanthin. Keduanya adalah antioksidan yang manfaatnya mencegah berkurangnya fungsi mata yang sering menimpa orang berusia lanjut. Kedua antioksidan ini tersedia lengkap dalam labu kuning.

8. Menyehatkan kulit

Buah yang sering dianggap sebagai sayuran ini juga mampu membuat penampilan kulit tetap prima. Karotenid adalah senyawa pada buah labu kuning ini yang berperan sebagai antioksidan. Karotenid yang hanya terdapat  pada sejumlah buah dan sayuran ini mampu membuat tekstur kulit tetap terjaga dan sehat. Khasiat karotenin ini didukung oleh kandungan lain yaitu vitamin C dan vitamin E.

9. Menurunkan kadar kolesterol

Labu kuning sangat berguna untuk menyehatkan pembuluh darah. Lanu kuning memiliki fitosterol, senyawa yang punya khasiat penting untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dan mencegah penyempitan pembuluh darah. Itu peran buah labu kuning ini, membantu membuat pembuluh Anda aman dan sehat.

10. Menyehatkan jantung

Ini erat kaitannya dengan khasiat labu kuning yang mampu menurunkan kadar kolesterol.

Saat Anda makan buah labu kuning, itu sama artinya dengan Anda sedang menelan suplemen kalium. Sama juga dengan Anda sedang mengurangi kadar garam natrium. Dalam arti yang lebih luas Anda sedang mengobati penyakit tekanan darah tinggi Anda. Ingatlah bahwa serat larutnya sangat efektif membasmi kolesterol. Kolesterol si penyebab pembuluh darah Anda jadi tersumbat itu yang dampak susulannya bisa menimbulkan penyakit tekanan darah tinggi.

Efek Samping Makan Labu Kuning

Hampir tidak ada efek samping pengguaan daging labu. Jikapun ada itu biasanya bersumber dari cara pengolahan yang tidak tepat. Seperti contoh berikut ini :

Labu dapat menurunkan berat badan, itu betul, tapi dengan syarat proses pengolahannya hanya dibuat atau dimakan sebagai sayuran segar. Cara lain adalah cara yang salah. 

Contohnya Anda olah menjadi jus. Jus itu tidak akan membuat Anda memiliki berat badan ideal. Gula dan bahan lain yang Anda tambahkan ke dalam jus itu akan memberi hasil yang berbeda. Itu justru akan menambah obesitas pada tubuh Anda.

Kelebihan serat dari labu akibat pemakaian yang berlebihan justru berakibat pada gangguan pencernaan

Dapat mengakibatkan gagalnya usus kecil menyerap makanan dan nutrisi lainnya.

Detak jantung menjadi tidak teratur.

Tetaplah mengkonsumsinya dalam jumlah sedang bahkan berhentilah kala gula darah sudah mencapai kadar ideal. Jika tidak gula darah akan terus menurun dan menurun. Akibatnyapun pasti berbahaya.

Kondisi yang sama berlaku untuk pengurangan tekanan darah tinggi. Berlebihan  makan labu bisa drastis menurunkan tekanan darah ke tingkat terendah.

Secara tak sengaja bisa saja efek samping juga bisa terjadi karena pengaruh bumbu lain yang Anda gunakan saat memasak daging labu ini. 

Saat memerlukan bijinya, ambil saja dari buah segarnya. Karena kalau beli dari toko online mungkin sudah mengandung bahan pengawet. 

Mungkin.

Tetapi pada dasarnya labu kuning itu aman, kecuali bagi yang alergi.

Sekian uraian tentang beberapa manfaat labu dan efek sampingnya, semoga dapat memberi manfaat.

Terimakasih dan salam sehat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel