10 Khasiat Utama Jeruk Bali Untuk Kesehatan

Pohonnya bisa mencapai tinggi lima sampai enam meter. Diameter buahnya yang besar ini bisa sampai 15 cm. Awalnya biasa ditanam sebagai pohon peneduh di pekarangan.

Konon ada seorang ilmuwan yang langsung tertarik pada buah ini karena rasa bijinya yang sangat  pahit. Penelitianpun dilakukan dan selain kaya nutrisi ternyata jeruk bali punya sifat antimikroba dan antivirus yang sungguh kuat. Juga memiliki kemampuan tinggi membunuh bakteri. 

Selanjutnya terbukti pula  bahwa jeruk bali sangat  berkhasiat untuk kesehatan. Mengatasi diabetes, menurunkan tekanan darah, mencegah kegemukan, memacu timbulnya energi serta banyak lagi lainnya yang beberapa diantaranya akan diuraikan berikut di bawah ini.

10 Khasiat Utama Buah Jeruk Bali Untuk Kesehatan

jeruk-bali 

1. Mengobati malaria

Malaria, salah satu penyebab utama kematian di kalangan anak anak di bagian dunia beriklim tropis. Penyakit yang disertai mual, menggigil, sakit kepala nyeri otot dan rasa lelah bukan main ini jika tidak segera diobati bisa menimbulkan kematian.

Tidak semua buah berkhasiat untuk mencegah dan mengatasi malaria. Dan mengobati malaria adalah sifat istimewa yang dimiliki oleh jeruk bali. Air rebusan jeruk bali diminum, itu adalah obat manjur yang sangat layak dicoba untuk mengatasinya.

2. Mencegah penuaan

Antioksidan pada jeruk bali selain untuk melawan penyakit juga akan membantu melawan radikal bebas dan mencegah proses penuaan. Radikal bebas yang mengganggu kesehatan kulit seperti kerutan juga bisa dilawan oleh antioksidan jeruk bali yang memiliki daya pelembab ini.

3. Meredakan diare

Masalah disentri, tifus dan gangguan pencernaan diare lainnya yang semuanya itu sangat berkaitan dengan tinja yang encer dapat dipulihkan dengan menggunakan jeruk bali ini. Flavonoid pada jeruk bali yaitu naringin adalah antioksidan yang tangguh, bersifat anrivirus, antibakteri dan antijamur.

Naringin ini rasanya pahit, itu sebabnya ada rasa pahit pada jeruk bali.

4. Mencegah kanker

Kulit buahnya mengandung bioflavonoid yang berkhasiat tinggi melawan dan mencegah sel kanker. Kanker pankreas, kanker usus serta jeruk bali dapat membantu tubuh mencegah berlebihnya estrogen, yang jika ini terjadi maka berbagai masalah kesehatan akan muncul terutama pada wanita yang bisa memicu kanker payudara.

Jadi begitulah, betapa jeruk bali sangat bermanfaat mencegah kanker, bukan ?

5. Tidur lebih lelap

Tidur yang lelap selain menimbulkan energi baru juga menciptakan hati yang damai yang berguna mencegah stress. Itu berkat  serotonin, hormon pencegah depresi.yang juga terkandung dalam jeruk bali. 

Serotonin ini karena khasiatnya itu bahkan dijuluki juga sebagai hormon kebahagian.

6. Membantu meredakan demam

Buah besar ini penuh dengan air, jika dimakan bermanfaat mencegah dehidrasi. Seorang yang sedang demam sebaiknya mengambil manfaat dari kandungan vitamin dan mineral jeruk bali ini. Dibuat jus, diminum saat menderita demam.

Viramin C-nya yang tinggi yang memacu sistem kekebalan tubuh Anda, itu akan membantu menurunkan suhu tubuh.

7. Membantu menurunkan berat badan

Rasa kenyang langsung terasa begitu Anda makan buah yang rendah kalori tapi tinggi serat ini. Bukan sekedar kenyang dan menekan nafsu makan, buah ini juga merangsang pelepasan hormon tertentu,  namanya cholecystokinin, yang bisa menghilangkan rasa lapar.

Baca juga : 7 Jenis Rempah Rempah Ini Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan

Resiko atau efek negatifnya minim saat Anda mengkonsumsi buah ini sebagai salah satu menu diet. Asupan buah ini juga sekaligus bermanfaat meningkatkan metabolisma dalam tubuh. Karena jumlah seratnya yang tinggi.  

8. Mengatasi kelelahan

Vitamin dan berbagai mineralnya bisa membantu menyegarkan tubuh yang sedang kelelahan akibat banyak kerja fisik.

Kandungan gula sebagai sumber energi dari jeruk bali juga membantu membangkitkan tenaga tanpa Anda perlu khawatir akan lonjakan gula darah.

Baca juga : Beberapa Obat Alami Letih Lesu Yang Mudah Diolah

Biasanya jeruk bali diolah menjadi jus yang dipadukan dengan jus lemon. Jus segar itu mampu meningkatkan energi Anda. Dalam hal ini kandungannya yang berperan penting dalam peningkatan energi itu namanya nootkatone.

9. Meredakan nyeri rematik

Kulit jeruk bali ditambah jahe dihaluskan dan dibuat pasta.

Baca juga : Begini Khasiat Daun Encok Mengatasi Rematik

Pasta ini jika Anda oleskan pada persendian akan berkhasiat meredakan rasa nyeri.

10. Mengobati sakit tenggorokan

Sakit tenggorakan yang terjadi karena sedang flu dan pilek. Buatlah jus tanpa menyertakan bijinya. 

Minum jus jeruk bali yang anti inflamasi ini tiga kali sehari akan meredakan sakit tenggorokan, membantu meredakan batuk Anda yang sedang flu.

Demikianlah uraian tentang beberapa khasiat utama jeruk bali untuk kesehatan ini.

Bahwa buah yang berkulit tebal ini memang sangat bermanfaat untuk kesehatan, itu benar. Bahkan mungkin lebih unggul berkat beberapa kandungannya yang langka, yang tidak terdapat pada buah atau tanaman lain.

Tapi walau bagaimana tetaplah berhati hati. Terutama jika sedang menggunakannya bersamaan dengan obat dari dokter.

Satu lagi, berlebihan makan buah ini sangat tidak baik untuk kesehatan gigi, jadi hati hati buat yang memiliki gigi sensitif.

Karena apapun itu, kalau berlebihan takkan ada manfaatnya, bukan ?

Terimakasih, salam sehat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel