10 Cara Mengatasi Sembelit Dengan Ramuan Herbal Alami

Jarang dan sulit buang air besar. Tekstur fases kering dan keras saat keluar sehingga terasa sakit saat mengejan. Usai dari toilet terasa bahwa tadi yang keluar tidak semuanya. Tidak tuntas. Buktinya perut masih terasa penuh.

Penyebabnya bermacam ragam. Pola makan yang salah menjadi penyebab paling sering, biasanya makan berlebihan dan yang dimakan juga makanan miskin serat. Orang tertentu juga rentan mengalami ini, seperti kaum manula dan wanita hamil.

Untungnya sembelit adalah gangguan kesehatan yang termasuk dapat diobati dengan cara alami menggunakan bahan bahan herbal.

Seperti cara mengatasi sembelit dengan ramuan herbal di bawah ini.

Beberapa Cara Mengatasi Sembelit Dengan Ramuan Herbaldaun-zaitun

1.Teh daun zaitun

Salah satu dari sekian banyak manfaat daun zaitun adalah mengatasi sembelit. Segelas air mendidih dituangkan pada beberapa lembar daun zaitun sudah bisa memberi khasiat yang sangat berguna untuk mengatasi sembelit dengan cara meminumnya sekali saja sehari.

2. Teh daun senna

Meski tidak terlalu mengeluarkan aroma seperti teh berbahan herbal lain daun senna adalah pencahar yang memiliki kandungan glikosida yang sifatnya mampu meningkatkan sistem kerja pencernaan. Ini yang membuat daun senna efektik meredakan sembelit. 

Sifat penyembuhannya sangat kuat malah, sehingga Anda harus tidak berlebihan menggunakannya. Herba ini bisa membuat usus Anda menjadi kosong.

Rebuslah 1/4 lt air dan setelah mendidih perebusan selesai. Matikan api dan masukkan lembar daun senna, tutup selama 5 menit. Diminum setelah makan.

Dalam beberapa jam saja khasiatnya sudah terasa.

Hati hatilah minum teh daun senna ini. Secukupnya saja. Atau biar lebih aman minta saran ahli tentang dosis penggunaannya.

3. Biji rami

Serat larut sangat tinggi dalam kandungan biji rami. Mampu menetralisir racun dalam usus dan mengeluarkan bersama tinja dan  membebaskan sembelit Anda.

Salah satu cara terbaik penggunaannya adalah menghancurkan bijinya. Dicampur ke dalam jus buah dan diminum. 

Para ahli tidak menyarankan mengkonsumsi biji rami ini tanpa dicampur dengan bahan lain.

4. Buah pepaya

Pepaya sangat dikenal dengan khasiatnya yang memperbaiki kerja usus. Bahkan mereka yang memiliki perut sensitif tetap aman menggunakan buah ini.

Baca juga : Manfaat Akar Pepaya Dan Cara Mengolahnya

Cara mengolahnya dibuat jus bisa dicampur bahan lain, contohnya dengan biji rami di atas.

5. Teh daun mint

Salah satu manfaat daun mint untuk tubuh adalah dapat meningkatkan produksi empedu. Empedu adalah zat yang dapat membuat pencernaan jadi lancar.

Baca juga : Lebih Jauh Tentang Daun Mint Dan Cara Mengolahnya

Minum teh daun mint dua kali sehari, itu sudah cukup membuat masalah sembelit Anda beres, jadi siapkan saja 5 atau enam lembar daun mint ke dalam gelas Anda, siram dengan air mendidih, diminum setiap pagi dan setiap malam.

6. Minyak jintan hitam

Ini adalah minyak yang sangat ampuh membuat normal kerja usus yang sedang bermasalah.

Konsumsilah 1 sdt tiga kali sehari lakukan  tiga minggu penuh agar hidup Anda lepas dari masalah sembelit. Kurangi pemakaiannya setelah tiga minggu menjadi 2 kali per hari. Selanjutnya untuk penggunaan rutin minumlah sekali sehari.

7. Minyak jarak

Minyak jarak dapat melancarkan buang air besar berkat kandungan asam risinileat yang bisa membuat otot usus mampu kontraksi, 

Minum minyak jarak paling banyak 2 sdt saat Anda belum makan.

8. Akar manis

Akar tumbuhan yang juga bernama licorice  ini dihaluskan, dosisnya 1 sdt dicampur dengan 1 sdt jaggery diseduh satu gelas dengan air panas. Akar manis juga membantu meredam rasa sakit serta mengatasi rasa tak nyaman di perut akibat sembelit ini.

9. Jus lemon

Lemon dapat meningkatkan kadar air di usus, jadi berguna untuk membuat tinja lebih lunak. 

Lemon berkhasiat merangsang usus untuk bekerja  mencerna lebih baik

Perasan lemon dicampur dengan segelas air untuk diminum setiap pagi. 

Mengkonsumsi lemon setiap hari bermanfaat membuat tubuh terhindar dari dehidrasi, salah satu faktor pendukung terjadinya sembelit.

10. Teh daun jombang

Selain mengatasi perut kembung karena sembelit daun jombang juga memproduksi empedu di hati sehingga tubuh dapat tercegah dari sembelit itu. Daun jombang juga bisa meningkatkan sistem pencernaan karena fungsinya yang dapat membuat tinja lebih basah.

Segelas teh daun jombang diminum setiap selesai makan sangat berkhasiat melancarkan proses bab.

Baca juga : Manfaat Lain Daun Jombang Untuk Kesehatan

Hampir semua obat herbal yang diolah untuk mengatasi sembelit berbentuk teh yang sebaiknya dikonsumsi selagi hangat. 

Cairan hangat teh membantu menjaga tubuh tidak kekurangan air yang itu mutlak perlu untuk membuat feses lebih lembab, untuk  membuatnya lebih mudah keluar. Apalagi sembari Anda mencoba menambah porsi makan buah dan sayuran saat menderita gangguan sembelit ini.

Ada beberapa bahan herbal di atas yang tanamannya susah ditemukan, Anda tetap bisa memperolehnya melalui pedagang online. 

Terlepas darimana herba itu berasal, perlu diingat juga bahwa teh herbal sebaiknya tidak dikonsumsi oleh anak anak. 

Penggunaannya hanya untuk kaum dewasa

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel