Khasiat Dan Tips Penggunaan Lemon Balm Untuk Kesehatan

Ada seorang ilmuwan namanya Avicenna, orang kita biasa mengenal namanya sebagai Ibnu Sina. Beliau begitu terkesan dengan khasiat sebuah tanaman herba. Herba itu, lemon balm yang sangat berkhasiat dan bapak yang dijuluki sebagai Bapak Kedokteran ini memberi gelar lemon balm ini sebagai tanaman "pembuat hati gembira." Salah satu alasannya mungkin karena aroma lemon balm ini yang dapat mengubah derita orang stress menjadi kembali ceria.

Daunnya bertekstur kasar dengan bulu bulu halus. Aroma seperi lemon akan semerbak keluar jka daun ini diremas. Ramuan yang terbuat dari tanaman ini bisa mengobati insomnia dan gangguan pencernaan. Untuk bidang kuliner daun rasa lemon ini berfungsi sebagai hiasan. Juga sebagai penyedap, biasanya ditambahkan ke dalam salad, baik  salad buah maupun sayuran. Gunanya untuk memberi rasa lemon tapi bukan asam.

Khasiat lemon balm ini memang sangat teruji dan terbukti. Bapak Avicena yang kelahiran tahun 980 itu bahkan secara tak langsung telah merekomendasikan herba ini dengan julukan yang dibuatnya itu.

Jadi agar tahu lebih banyak baiklah kita simak saja sedikit banyak tentang khasiat lemon balm itu untuk kesehatan.

Khasiat Dan Tips Penggunaan Lemon Balm Untuk Kesehatan

lemon-balm

1. Mengatasi kecemasan

Lemon balm ini sangat berfaedah bagi mereka yang mudah atau sering dilanda stres. Lemon balm dengan sifatnya yang menenangkan akan membuat hidup kembali relaks. 

Jadi baik sekali Anda segera melirik lemon balm, mengkonsumsinya agar hidup Anda kembali bergairah. Hidup kembali normal, jauh dari rasa cemas. 

Anda bisa mengolahnya menjadi minuman teh untuk diminum secara teratur. . 

Jika selama ini istirahat malam Anda terganggu akibat segala kecemasan, maka kini nikmati lagi tidur yang nyenyak itu karena lemon balm mampu mengatasi kecemasan serta berkhasiat sebagai anti insomnia.

2. Menyehatkan kulit

Lemon balm dengan zat yang ada di dalamnya adalah juga antijamur ampuh, terutama mencegah gangguan  candida albicans.gangguan yang biasa menyerang kulit. Setiap orang memang sudah memiliki kekebalan tertentu untuk mencegah penyakit ini. 

Namun jika candida albicans ini berlebihan dan menimpa seseorang dengan kondisi tidak prima dampaknya bisa menjalar ke area lain seperti pada wanita yang bisa menyerang area intim. 

Satu hal paling istimewa dari lemon balm adalah dapat meningkatkan kualitas kekebalan tubuh. Ditambah lagi sebagai antibakteri dan antiinflamasi membuatnya menjadi semakin efektir untuk meredakan berbagai pembengkakan yang terjadi pada kulit, seperti jerawat dan eksim.

3. Mengobati sakit kepala

Lemon balm berkhasiat mengendurkan otot, jadi berkhasiat juga mengobati sakit kepala.

4. Mencegah kram

Khususnya kram karena menstruasi. Herba antioksidan ini telah terbukti dapat mengurangi nyeri haid. Lemon balm itu antipasmodik, artinya bisa membuat otot kendor dan tidak tegang lagi.

5. Menyembuhkan batuk

Antiinflamasi juga lemon balm ini. Iritasi pada tenggorokan diredakannya sehingga batuk juga bisa reda.

Rebuslah segenggam daun lemon balm dengan air 5 liter dan biarkan mendidih hingga air tinggal setengahnya. Kemudian ditiriskan.

Hasil rebusan tadi dicampur dengan gula dan madu, dipanaskan lagi di atas api sedang hingga mendidih pelan. 

Minumlah ramuan tadi untuk melegakan pernafasan dan menyembuhkan batuk Anda.

6. Mengobati luka

Daun segarnya dilumat dihancurkan ditempelkan pada luka untuk mempercepat penyembuhan. Juga membantu mengurangi nyeri akibat gigitan serangga. 

7. Mengusur nyamuk

Adakalanya kita berada pada suatu area yang banyak dihuni nyamuk. Gosokkan lumatan daun segar itu ke sekujur kulit Anda, kecuali wajah. 

Dijamin kulit aman dari gangguan hewan penghisap darah itu. 

8. Meredakan gangguan pencernaan

Gangguan sakit perut terkait pencernaan yang dapat menyebabkan sakit perut.

Cara Penggunaan 

Bagi seorang penyuka teh, lemon balm ini benar benar sangat berkhasiat. Enak dan menguntungkan secara medis. Bersifat menenangkan baik untuk otot. baik untuk otak, selain beberapa khasiat lain seperti tadi disebut di atas.

Tidak ada cara khusus untuk membuat teh lemon balm, Anda hanya perlu merendam daunnya selama tiga menit, atau sedikit lebih lama, untuk mendapatkan sifat teraupetik yang lebih besar. 

Merendamnya dengan air panas adalah cara terbaik. Langsung merebus daunnya di atas api, Anda akan memperoleh teh lemon balm yang sangat pahit dengan khasiat yang sebagian besar sudah hilang.

Di samping banyak manfaat herba ini juga memicu efek samping. 

Seperti rasa ingin tidur, menurunkan denyut jantung hingga kurang baik buat pengidap darah rendah, Efek samping ini akan semakin buruk jika dan apalagi saat Anda sedang menggunakan obat dari dokter.

Sakit kepala dan sakit perut hingga mual dan muntah adalah dampak dari penggunaan dengan dosis berlebih.

Lemon balm adalah obat herbal yang khasiatnya telah teruji oleh waktu. Tapi sebaiknya tidak dikonsumsi berlebihan. Serta untuk menjaga aktifitas dan produktifitas tetap terjaga, bijaksana sekali untuk tidak menggunakannya saat jam kerja. 

Penggunaannyapun hanya disarankan paling lama 4 bulan berturut. Untuk bayi bahkan jangan lebih dari satu bulan.

Terimakasih sudah membaca dan salam sehat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel