7 Kulit Buah Yang Bermanfaat Untuk Kesehatan

Para ahli selalu menyarankan agar porsi makanan sehari hari kita setengahnya harus terdiri dari sayuran dan buah buahan. Dan karena kita bukan para ahli, selayaknyalah kita taat pada saran itu.

Sulit sebenarnya mematuhinya, perlu disiplin dan perlu biaya ekstra. Terutama karena harga buah yang bagi orang kita yang relatif mahal.

Di bawah ini ada beberapa kulit buah yang sebenarnya bisa dimakan dengan khasiat sama, bahkan lebih, yang selama ini kita buang, yang bisa dimanfaatkan untuk melengkapi kebutuhan jasmani kita.

Semoga uraian di bawah ini berguna, atau setidaknya sekedar bahan pertimbangan.

Beberapa Kulit Buah Yang Bermanfaat Untuk Kesehatan

kulit-buah

1. Kulit jeruk

Tidak menjadi persoalan bagaimana cara Anda memakan buah jeruk, tetapi makan buah jeruk berikut kulitnya bukanlah cara yang salah. Bukan berarti harus dimakan bersamaan. Karena rasanya yang mungkin tidak biasa sehingga terasa asing. 

Kulit jeruk yang mengandung banyak vitamin C dan beta-karoten ini selain bisa menambah kekebalan tubuh juga bisa digunakan untuk :

- Meredakan gatal

Khasiat kulit jeruk juga ampuh mengatasi gatal. Bahan kimia di dalamnya bersifat meredakan dampak keluarnya histamin dari dalam tubuh, penyebab terjadinya rasa gatal. Itu salah satu khasiatnya untuk kulit kita. 

Lainnya yaitu mencegah kulit kering,  membantu melenyapkan jerawat dan kulit berminyak, mencegah pori pori membesar akibat bekas jerawat itu.

Untuk memperoleh semua khasiat itu Anda bisa menggunakan kulit jeruk ini dalam bentuk segar, karena dalam keadaan segar kulit jeruk ini lebih kaya nutrisi daripada dalam keadaan kering.

-Mengatasi sembelit

Merebus sekitar 12 gram kulit jeruk segar dan biarkan mendidih sekitar 1/4 jam. Minum air rebusannya, dua kali sehari maka masalah pada sistem cerna Anda jadi kembali normal dan sembelit Anda akan reda.

- Mengatasi mabuk naik kendaraan

Selama dalam perjalanan teruslah mencium aroma yang keluar dari kulit jeruk segar. Kulit jeruk itu Anda lipat atau cubit hingga mengeluarkan minyak, aroma dari minyak itu Anda dekatkan ke hidung. Cara sederhana ini sangat manjur untuk mencegah mabuk saat naik kendaraan.

2. Kulit alpukat

Beberapa khasiat kulit alpukat adalah menurunkan kadar kolesterol dan membantu  mengurangi berat badan. Mampu melawan radikal bebas, kulit alpukat juga bisa mencegah kanker. Peran anti oksidan pada kulit alpukat yang dua kali lipat dari daging itu sangat membantu untuk meningkatkan kekebalan tubuh, itu sebabnya mengapa kulit alpukat mampu mencegah kanker dan gangguan kardiovaskular.

3. Kulit labu kuning

Kulit labu kuning terutama sangat berguna untuk mencegah gangguan pada kulit sekaligus menyehatkannya. Memiliki

senyawa yang mampu meningkatkan pergantian dan pertumbuhan sel kulit baru. Menghilangkan kerutan dan garis garis  penuaan. 

Baca juga : Manfaat Labu Kuning Dan Efek Sampingnya

Satu keistimewaan kulit buah labu kuning adalah reaksinya yang sangat agresif, sangat cepat menghilangkan sel sel kulit mati dan selanjutnya membuat pertumbuhan ulang.

4. Kulit pepaya

Hampir sama dengan kulit labu kuning, kulit pepaya juga punya kemampuan khusus, terutama dalam hal perawatan kulit dan rambut.

Pasta yang terdiri dari kombinasi kulit pepaya ditambah susu dan madu, itu adalah obat manjur untuk membersihkan kulit dan membuat kulit senantiasa lembab.

Untuk masalah rambut cara penggunaan biasanya direndam dahulu menggunakan air cuka. Kulit pepaya sudah diiris iris dahulu. Dimasukkan dalam sebuah wadah kemudian disiram dengan air cuka dan dibiarkan sampai beberapa minggu.

Air cuka rendaman ini diambil secukupnya dicampur jus lemon dan semuanya dioleskan ke sekujur rambut, biarkan 20 menit kemudian cuci dan bilas. Biarpun pengolahannya begitu sederhana tapi itu adalah cara ampuh yang manjur untuk membasmi ketombe.

5. Kulit rambutan

Buah rambutan dapat membantu menurunkan berat badan karena makan rambutan bisa memberi efek rasa kenyang. Namun setiap Anda selesai makan daging buah yang manis itu cobalah untuk tidak membiarkan kulitnya terbuang begitu saja.

Karena mungkin berguna buat Anda sebab khasiatnya yang beragam.

Kulit rambutan itu adalah anti kanker dan anti inflamasi. Kulit ini bisa dimakan tanpa hatus dimasak, cukup dengan mencuci kulit yang mengandung flavonoid dan asam galat ini dulu, sampai bersih.

-Mengobati disentri

Kulit yang berbulu ini juga adalah anti parasit alami. Sewaktu waktu bisa Anda gunakan untuk mengobati disentri yang tiba tiba bisa saja terjadi, karena parasit sedang menyerang usus Anda.

-Meredakan demam

Untuk menyembuhkan demam, rebuslah kulit rambutan yang sudah Anda potong potong menjadi kecil. Rebus hingga mendidih dan jumlah air rebusan tinggal setengahnya. Meminum air rebusan ini sangat berguna untuk meredakan demam Anda.

6. Kulit buah markisa

Kulit buah markisa sudah lama dikenal sebagai salah satu bahan yang mampu meredakan diabetes dan kolesterol. Sebagian orang juga mengakui bahwa dagingnya memberi efek cepat kenyang sehingga biasa disertakan dalam menu diet untuk penurunan berat badan.

Salah satu cara khusus pengolahannya untuk keperluan menurunkan berat badan, dimulai dengan merebus sejumlah kulit markisa sampai mendidih dan sampai kulit bagian dalamyang berwarna putih tetpisah dengan kulit luarnya.

Yang dibutuhkan kulit bagian dalam itu. Diambil dengan sendok serokan dan ditiriskan. Bisa Anda simpan dalam kulkas dan diambil seperlunya untuk dimasukkan dalam makanan diet Anda.

7. Kulit buah mangga

Ini kulit yang mampu menjaga kesehatan mata, meningkatkan penglihatan serta mencegah mata kering.

Mengatasi penurunan hasrat seksual dan meningkatkan kerja sistem pencernaan. Mirip dengan kulit jeruk kulit mangga juga punya khasiat yang sama untuk mengatasi masalah kulit.

Jika dikonsumsi, kulit yang kaya serat ini sangat membantu untuk mengurangi berat badan karena efek rasa cepat kenyang yang dimilikinya sangat berhasil untuk mencegah rasa lapar.

Demikian uraian tentang 7 kulit buah yang sebenarnya bermanfaat untuk kesehatan, semoga ada faedahnya untuk kita semua.

Salam sehat.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel