10 Manfaat Dan Cara Mengolah Bunga Pukul Empat

Aromanya lembut tampilannya mempesona. Perbedaan warna bunganya bermacam macam dan para pakar genetika masih tetap saja penasaran kenapa itu bisa terjadi. Juga fenomena bunganya yang selalu mekar pada setiap sore jam empat waktu setempat.

Meski daun mudanya aman dimakan sangat dianjurkan untuk tidak mengkonsumsinya karena beberapa kandungannya yang bisa membuat dampak buruk bagi tubuh. Untuk kesehatan tumbuhan ini termasuk herba terkenal. 

Namun mengolahnya menjadi obat harus mengikuti cara cara tradisional. Karena belum ada penelitian ilmiah, jadi jalan terbaik dan paling aman adalah mengikuti cara seperti yang telah dilakukan para pendahulu kita, yang berlaku turun temurun.

Bagaimana mereka mengolah tumbuhan ini ?

Di bawah ini beberapa diantaranya.

Manfaat Dan Cara mengolah Bunga Pukul Empat

bunga-pukul-empat 

1. Mengobati luka

Daun bunga bersifat antiseptik, bisa mempercepat penyembuhan luka dengan cara menempelkan daunnya yang sudah ditumbuk halus tepat pada luka tersebut.

Ramuan ini juga berkhasiat mengatasi infeksi kulit akibat jamur. Kudis bisa diobati dengan  mengoleskan pasta yang Anda buat dari akarnya.

Luka yang terjadi karena disengat lebah atau hewan lain seperti kalajengking bisa diobati menggunakan air rebusan seluruh herba ini. Khasiat manjurnya makin bertambah kuat karena sifat anti inflamasinya yang luar biasa.

Rasa sakit takkan ada lagi meski luka itu sendiri masih dalam proses penyembuhan, termasuk pada luka bisul yang kadang menimbulkan sakit berdenyut.

Mengobati bisul bisa Anda lakukan dengan cara awal mengoleskan minyak kemiri pada bisul dan tutupi dengan daun bunga pukul empat yang sudah dilayukan di atas api.

2. Mengatasi dispepsia 

Gangguan yang ada hubungannya dengan pola makan dan gaya hidup. Mengolah daunnya dengan cara dihaluskan, berkhasiat meredakan rasa panas dan rasa tidak nyaman di ulu hati akibat usus yang tidak bekerja baik.

3. Meningkatkan libido

Dorongan seks yang rendah bisa menjadi persoalan fatal dalam sebuah rumahtangga. Menggunakan bunga pukul empat adalah salah satu jalan keluar untuk mengatasinya.

4. Sebagai diuretik

Sebagai diuretik olahan tumbuhan bunga pukul empat ini bisa dimanfaatkan untuk mengobati infeksi saluran kencing atau yang berkaitan dengan masalah urin.

Rebuslah air 2,5 gelas dan masukkan akar tanaman ini sebanyak 15 gram. Agar khasiatnya lebih kuat masukkan juga herba meniran dengan berat 7,5 gram. Tunggu ramuan hingga mendidih dan air tersisa satu gelas. Air ramuan diminum. 

5. Menghilangkan jerawat

Haluskan bijinya yang sudah Anda keringkan. Gunakanlah seperti Anda sedang memakai bedak, khasiatnya untuk menghaluskan wajah dan melenyapkan jerawat. 

Sekedar mengingatkan, perlu sedikit hati hati karena setiap olahan yang berasal dari bijinya tidak untuk dikonsumsi.

6. Mengobati sakit telinga

Air perasan bunga pukul empat diteteskan pada lubang telinga. Diusahakan agar obat itu tetap di dalam telinga selama seperempat jam. Baru ditiriskan. Jika belum sembuh dan rasa nyeri belum juga berkurang ulangi cara yang sama, tapi cukup hingga dua kali lagi.

7. Mengobati mata merah

Mata merah yang disebut juga konjungtivitis bisa normal kembali. Biasanya akar tumbuhan ini ditambah lada digiling dan dibuat halus kemudian diminum.

8. Meredakan sakit tenggorokan

Merebus daunnya secukupnya sampai air rebusan sisa setengahnya untuk diminum.

9. Sakit tenggorokan

Akar herba ini bisa dimanfaatkan sebagai obat luar untuk meredakan sakit tenggorokan. Akar tersebut dibuat pasta dan ditempelkan di bagian luar tenggorokan.

10. Khasiat teh

Selain ramuan ramuan di atas tadi, ada juga cara lain yang orang lakukan juga untuk tujuan pengobatan dan meningkatkan kesehatan. 

Cara pengolahannya dibuat menjadi teh, yang manfaat utamanya meningkatkan kekebalan tubuh. Yang berarti mencegah penuaan juga, terutama yang berhubungan dengan penampilan kulit.

Wanita yang mengkonsumsi teh ini akan terhindar dari gangguan kram menstruasi. 

Namun sebaliknya minuman ini bukan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil berhubung bisa mengakibatkan bayi lahir prematur atau keguguran.

Khasiat lain teh adalah sebagai pencahar yang sangat ampuh melancarkan buang air besar.

Membuat teh itu mudah, yaitu dengan merebus 1sdm bunga kering herba ini menggunakan 1/2 liter air. Dibiarkan dalam keadaan mendidih selama 10 menit dan minuman ini enak diminum saat hangat.

Itulah beberapa ramuan yang terbuat dari herba tanaman bunga pukul empat beserta khasiatnya.

Bunga pukul empat adalah salah satu bahan obat herbal yang hampir seluruh dunia menggunakannya.

Namun efek sampingnya tetap ada dan itu harus diwaspadai.

Bijinya yang beracun jadi hampir tak ada alasan untuk mengkonsumsinya.

Tidak untuk digunakan oleh ibu hamil karena sifatnya yang merangsang rahim hingga bisa mengkibatkan lahir prematur.

 Tumbuhan ini memang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan tapi jika harus dikonsumsi sesuaikanlah dengan aturan.

Salam sehat dan terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel