10 Manfaat Daun Peterseli Untuk Kesehatan

Ini adalah bahan bumbu yang bisa membuat hidangan menjadi lebih gurih dengan rasa spesifik  Umumnya digunakan untuk masakan Timur Tengah, Eropa serta Amerika. Selain memiliki aroma tersendiri tumbuhan ini penuh gizi. Memiliki berbagai kandungan mineral. Sehingga daun peterseli juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan pengobatan alami dengan berbagai manfaat dan khasiat untuk kesehatan.

Apa saja hasil yang diperoleh dengan memanfaatkan peterseli sebagai bahan pengobatan, di bawah ini akan diuraikan beberapa manfaat daun peterseli untuk kesehatan dengan harapan semoga dapat memberi faedah untuk pembaca sekalian.

Beberapa Manfaat Daun Peterseli Untuk Kesehatan

daun-peterseli 

1. Mencegah kram pada usus

Ini salah satu manfaat besar daun peterseli yang ternyata mempunyai efek pencahar, dapat mencegah sembelit. Didukung pula oleh sifatnya yang mampu mendorong keluarnya gas yang membuat tidak nyaman dalam perut.

Saat mengalami gangguan pencernaan lain, umpamanya perut kembung, daun ini juga memberi khasiat nyata. Bisa dengan mengolahnya menjadi teh atau jus. Diminum untuk meredakan gangguan perut kembung itu, berkat senyawa fitokimia yang terdapat padanya.

2. Mencegah nafas bau

Aroma khas yang terkandung di dalam daun peterseli dapat membuat sirna nafas bau yang bersumber dari mulut Anda, yang mungkin terjadi karena makanan atau karena dampak suatu penyakit yang diderita.

Baca juga : Cara Menghilangkan Bau Mulut Dengan Bahan Herbal

Suatu saat mungkin Anda baru saja makan bawang putih. Cobalah mengunyah sedikit saja daun peterseli. Maka hati Anda akan nyaman karena bau mulut sudah tidak ada lagi.

3. Meningkatkan kerja sistem syaraf dan otak

Daun peterseli memberi khasiat untuk memperkuat daya ingatan Anda. Ada kandungan apigenin pada peterseli yang mampu meningkatkan kerja otak. Dan vitamin B2 yang sangat berguna untuk menjaga kerja sistem syaraf Anda.

4. Mengatasi infeksi saluran kemih

Berkaitan dengan terhambatnya pengeluaran urin peterseli berguna untuk mengatasinya karena sifatnya yang diuretik dan mampu mencegah berkembangnya bakteri jahat. Kerja ginjal jadi senantiasa dalam kondisi sehat. Volume keluarnya urinpun menjadi lancar. Itu berbarengan dengan keluarnya natrium serta bakteri bakteri yang merugikan saluran kemih.

Bagaimana cara mengolah peterseli agar infeksi saluran kemih itu bisa teratasi, buatlah teh peterseli dengan mendidihkan 2 sdm daun peterseli dengan secangkir air. Setelah lima sampai sepuluh menit angkat dari api, minum setelah dingin. Bisa saja Anda tambahkan 1 sdm madu jika suka. Serta beberapa tetes jus lemon. 

Hasilnya nyata, buang air kecil sangat lancar, Anda akan berkali kali ke toilet. Karena itu sebaiknya jangan dikonsumsi menjelang tidur agar istrahat Anda tidak terganggu, diminum dua kali setiap hari dan sekedar mengingatkan teh ini sebaiknya jangan dikonsumsi oleh ibu hamil.

5. Mengatasi sendi kaku

Dapat mengarasi pembengkakan dan pembesaran kelenjar teh peterseli juga bisa diandalkan untuk mengatasi persendian kaku, yang terasa sakit jika digerakkan. Minum teh peterseli membuat jari jari kaku susah digerakkan menjadi bekerja kembali.

6.Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Berbagai vitamin yang dibutuhkan tubuh untuk menangkal penyakit lengkap ada pada peterseli. Seperti vitamin A, vitamin C serta vitamin B kompleks dan vitamin K. Itu semua adalah senjata alami untuk tubuh yang akan menangkal serangan bermacam penyakit.

7. Mencegah anemia

Kaya vitamin C, peterseli juga sarat zat besi, yaitu 4,2 miligram di dalam 100 gram. Itu adalah alasan kenapa herba ini mampu menjaga tubuh terhindar dari anemia. Kelelahan bisa dihindari dan peterseli mampu menjaga sel sel darah dan pembuluh darah tetap terjaga selalu elastis. 

8. Mengatasi rasa cemas

Mengkonsumsi daun peterseli beserta akarnya sangat berkhasiat meredakan rasa cemas Anda yang sewaktu waktu bisa saja terjadi. Potong potong kedua bahan itu. Campurkan ke dalam cairan madu akasia(bisa diperoleh di pasar online) kemudian biarkan atau simpan selama satu minggu. Anda hanya perlu 1 sdm saja, diminum malam saat akan tidur.

9. Mencegah kanker

Minyak atsiri herba ini seperti myristicin,limonene serta eugenol semuanya memiliki sifat sebagai antioksidan alami dan berkhasiat melindungi tubuh sehingga terhindar dari kemungkinan terserang kanker.

10. Mencegah rambut rontok

Minyak ramuan dari daun peterseli sangat ampuh mencegah kerontokan rambut sekaligus merangsang rambut tumbuh subur.

Baca juga : Beberapa Cara Untuk Menyuburkan Rambut Secara Alami

Ramuan menggunakan daun peterseli adalah obat yang sangat manjur, dengan daya penyembuhan tinggi. Melalui penggunaan yang tepat teh peterseli bahkan bisa mengeluarkan batu empedu. 

Baca juga : Ini Cara Membuat Minuman Herbal Untuk Mengatasi Batu Empedu

Namun harap diperhatikan juga bahwa meski sangat manjur penggunaannya tidak boleh berlebihan. Meskipun daun ini sangat manjur mengatasi infeksi saluran kemih, namun walau bagainana bagi penderita ginjal akut seharusnya menghindari penggunaan herba ini. Baik dibuat berupa teh atau jus. Keduanya tidak akan memberi hasil positif bagi ibu hamil. Yang ada malah dampak negatif. Yaitu keguguran.

Semoga bermanfaat tulisan ini dan salam sehat untuk Anda semua.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel