7 Manfaat Daun Salam Untuk Rambut

Pohon salam yang tinggi batangnya bisa mencapai lima belas meter ini dikenal karena daunnya. Daun yang aromatik ini memiliki manfaat untuk masakan. Juga untuk kesehatan tubuh manusia. Cara penggunaannya beragam. Bisa digunakan secara langsung dan utuh. Bisa dikeringkan dahulu. Yang ini bersifat tahan lama bahkan konon bisa tetap baik selama setahun.

Untuk masakan tertentu daun salam sangat diperlukan sebagai penambah rasa dan sepertinya ada yang kurang jika daun ini tidak disertakan. Aromanya juga memberi nuansa tersendiri.

Terutama produk untuk kaum hawa daun salam punya peran penting di bidang wewangian dan kecantikan,  untuk kulit dan rambut.

Khusus untuk rambut daun salam ini bahkan telah digunakan sejak zaman lampau karena kegunaannya. Mencegah masalah rambut rontok adalah salah satu. 

Masih ada beberapa masalah yang terjadi pada rambut yang bisa diatasi berkat penggunaan daun salam ini dan untuk selanjutnya akan dijelaskan seperti berikut di bawah ini.

Manfaat Daun Salam Untuk Rambut

daun-salam 

1.Menjaga kesehatan kulit kepala

Daun salam ini aneh. Keras dan kaku, daun ini bukanlah jenis yang dapat dimakan. Sifat keras dan kaku ini tetap begitu meskipun sudah lama tenggelam dalam masakan yang telah mendidih.

Untuk kulit dia bermanfaat sebagai antioksidan. Ada berbagai sebab kenapa kulit rambut terkena infeksi. Umumnya terjadi karena perawatan yang salah sehingga bakteri bersarang di sana. Bisa juga karena jamur akibat lembabnya kulit kepala. 

Memanfaatkan sifat antioksidan serta antijamur pada daun salam, ganguan tak nyaman pada kulit kepala bisa dibuat tuntas. 

Caranya hanya dengan rutin mencuci rambut menggunakan air rendaman daun salam.

2. Memberantas ketombe

Kepala gatal sangat mengganggu, biasanya akibat ketombe yang berada di rambut dan kulit kepala. Ketombe yang sebenarnya adalah sisa kulit kepala biasanya hadir setiap tiga minggu namun pada orang tertentu  bisa lebih cepat dan ini bisa membuat resah. Ketombe harus dibersihkan. Salah satu caranya bisa menggunakan daun salam.

Ambillah daun salam seperlunya dan giling hingga halus lalu buat menjadi pasta dengan cara mencampurnya dengan minyak kelapa.

Pasta ini dioleskan hingga menyentuh kulit kepala. Biarkan dan tunggu sekitar seperempat jam kemudian cuci bersih. Seperti cara nomor 1 di atas gunakan air rendaman daun salam untuk mencucinya. 

Cara ini Anda lakukan rutin saban hari sampai gatal karena ketombe di kepala Anda sudah sirna.

3. Membasmi kutu 

Rambut berkutu sangat membuat tak nyaman. Dan khabar baiknya aroma daun salam bisa digunakan untuk membasmi kutu rambut berikut larvanya. Jadi lakukan saja perawatan menggunakan daun salam. 

Sebaiknya Anda menggunakan daun segarnya. Daun yang masih beraroma, sebab jika sudah tidak menyebarkan wangi khasnya sebaiknya tidak usah dipakai karena sudah tidak berguna. Dan justru bau daun ini yang akan melenyapkan kutu tersebut.

Sebelumnya tutup dulu sekujur rambut atau kepala Anda dengan kain dan kemudian selipkan setiap daun salam sedemikian, sehingga berada di antara rambut dan kain pembungkus itu. Biarkan demikian selama semalaman  dan paginya Anda buka. Hasilnya kutu rambut telah rontok dari kepala Anda.

4. Membuat rambut berkilau

Rebuslah daun salam yang antioksidan ini hinga mendidih dan  mengeluarkan aroma. Setelah dingin itu Anda gunakan untuk membasahi rambut. 

Tunggu beberapa saat selanjutnya Anda mandi dengan shampo dan membilas rambut. Antioksidan pada daun salam skan berhasil mencegah rambut kering serta  membuat rambut menjadi lebih berkilau.

5. Mencegah rambut rontok

Selain faktor usia rambut kurang sehat adalah awalnya kerontokan rambut. Kalau dibiarkan bisa menjadi jadi hingga terjadi kebotakan dan daun salam sangat berkhasiat untuk menghentikannya. Kandungannya yang antara lain vitamin B12 sangat penting untuk menguatkan rambut. 

Juga zat besi, ini juga punya peranan sama. Didukung pula oleh senyawa asam pantotenat, kalsium yang bermanfaat sama untuk rambut.

Lakukan cara ini, yaitu merebus 15 lembar daun salam. Gunakan setengah liter air dan setelah selesa diamkan hingga dingin.

Cucilah rambut Anda dengan air rebusan tadi dan biarkan rambut Anda tetap basah sekitar dua puluh menit kemudian Anda bilas pakai air bersih

6. Menyuburkan rambut

Campurkan bubuk daun ini dengan minyak kelapa. Gunakan seperti Anda sedang memakai minyak rambut. Itu dibiarkan beberapa saat sebelum Anda mandi.

7. Mengatasi rambut tipis

Rambut tipis juga sebuah masalah yang memerlukan usaha penanganan yang serius. Dampak rambut halus  bisa membuat ujung rambut jadi bercabang dan rentan patah.

Demikianlah 7 manfaat daun salam untuk rambut ini, yaitu tentang daun dengan potensi positif untuk memperbaiki kualitas rambut manusia. 


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel